Selasa, 30 September 2014

Cara Gila Menjual Apapun Lewat Internet



Bisnis online memakai fasilitas E-mai

Prospek bisnis internet
Abad milenium menjadi abad tanpa batas (borderless), di mana batasan wilayah tidak lagi menjadi hambatan bagi manusia dalam menciptakan hubungan yang bersifat interpersonal. Informasi pun menjadi semakin mudah di akses (mobile). Keunggulan strategi bisnis yang dapat di peroleh dari internet adalah komunikasi global dan interaktif; menyediakan informasi dan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen; meningkatkan kerja sama; memungkinkan untuk membuka pasar,produk,atau pelayanan baru; serta mengintegrasikan aktivitas secara online.Ada sekitar 8 juta orang pengguna internet di indonesia setiap tahunnya. Mereka bisa di anggap sebagai potensi pasar terbesar bagi produk-produk yang di promosikan melalui internet.Banyak sekali sarana yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Anda bisa menggunakan blog, website, facebook, atau e-mail tentunya.

Psikologi pembelian online
Karakter calon konsumen
Dalam transaksi offline, seseorang pembeli dapat bertemu langsung dengan penjual.
Barang yang di tawarkan dapat di lihat secara langsung,di coba, dan jika tertarik, maka terjadilah pembelian.

Adapun transaksi online tidak berlangsung sesederhana itu. Pasalnya produk yang ditawarkan hanya ditampilkan dalam bentuk gambar. Calon pembeli yang tertarik tidak bisa mencoba atau bertatap muka dengan penjual untuk melakukan penawaran. Ia hanya bisa menghubungi via e-mail atau telepon seluler.Sehingga dalam pembelian online, konsuman pada dasarnya memiliki keraguan yang sangat besar. Hanya saja, ketika Anda mampu menciptakan kesan yang positif, maka otak konsumen Anda akan menciptakan kesan positif yang bisa saja melampaui kondisi yang sebenarnya.
Closing atau meeting
Ciptakanlah citra diri (image) yang positif di mata konsumen. Sehingga, gambaran Anda di benak mereka menjadi baik. Kemudian, siapkan langkah-langkah pemesanan yang singkat untuk sebuah produk bernilai rendah. Hal ini juga perlu didukung dengan proses pengiriman barang yang tepat waktu.Sebaiknya untuk barang yang bernilai tinggi, Anda sebaiknya mengarahkan konsumen untuk bertatap muka. Idealnya ia bisa melihat langsung contoh barang yang anda tawarkan.

Beragam langkah yang harus diterapkan
Langkah pertama :Mendaftarkan diri Anda di milis
Contoh layanan milis yang cukup populer adalah www.yahoogroups.com, www.groups,or.id atau www.collist.com. Topik yang di bahas dalam milis bersifat perspektif, mulai dari masalah sosial, politik, hobi, hingga promosi produk.Sejumlah milis yang di buat khusus untuk berpromosi. Misalnya Agro-media dengan alamat www.agromedia@yahoogroups.com atau mitra tani dengan alamat www.mitratani@yahoogroups.com dimana ratusan informasi mengenai produk-produk pertanian tersebar setiap harinya.

Keuntungan milis berpromosi
1.    Pertama, sekali Anda mengeklik send, secara otomatis pesan anda akan terkirim ke ribuan alamat e-mail.
2.    Kedua, pesan anda tentunya akan lebih berpeluang di baca si penerima.
3.    Ketiga, bahwa kita bisa mengirimkan pesan langsung kepada orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Langkah kedua:Persiapkan layanan dan produk anda.

Kualitas produk
Ketika saya memasarkan bibit melalui e-mail. Saya telah memastikan bahwa bahan tanam yang ditawarkan legal, bermutu, dan dapat di pertanggung jawabkan kualitasnya.

Layanan pengiriman
Misalnya, untuk bisnis penjualan bibit pada benih center, untuk pemesanan formatnya seperti di bawah ini

  1. mang-sms ke nomor 08569272873 dengan format nama_institansi_komodi_lokasi kebun_kebutuhan
  2. Anda di hubungkan dengan biro terdekat
  3. berhubungan langsung dengan biro daerah
  4. kunjung ke kebun untuk melihat mutu bibit sekaligus mengecek kelengkapan dokumen legalitas
  5. melakukan transaksi dengan sistem pembayaran yang disepakati
  6. pengiriman bibit


jadi ketika saya mendapatkan e-mail atau pesan singkat (sms) dengan format :
widodo_swasta_bibit kelapa sawit 12 bulan_sorolangun_12000


Membalas pesan tersebut dengan format yang sudah di siapkan

silahkan menghubungi biro sumatra selatan dengan bapak Sukirno di nomor 08123452xxx. Terima kasih

Layanan Purna jual
Anda patut menanyakan kondisi produk, apakah produk berjalan baik atau sesuaikah dengan kebutuhan konsumen. Pahami : karakter seorang marketer online
  • tekun
  • tidak mudah patah semangat
  • mau belajar
  • berusaha menciptakan sesuatu yang baru (inovatif)
  • sopan
langkah ke tiga :bangunlah kredibilitas dan popularitas Anda
kredibilitas dan popularitas di tentukan dari kualitas tulisan dan kepercayaan, identitas yang anda tampilkan, dan bagai mana cara anda melakukan anggota milis lainnya. Selain itu siapkan kolom untuk menginformasikan diri Anda secara lengkap. Agar anggota milis yang lain merasa dekat dengan anda berikan sebanyak mungkin berbagai layanan gratis berupa e-book, gambar, atau edit foto gratis. Sehingga, pengunjung mendapatkan banyak hal dari Anda

Langkah ke empat : Format pesan melalui e-mail
§  pilihlah kata-kata yang familier
§  gunakan alinea yang pendek
§  gunakan font standar seperti times new roman, arial,verdana.
§  Gunakan warna standar yakni hitam.

ü Struktur tulisan E-mail
Dalam promosi bersifat online, judul menjadi penarik pembaca e-mail agar tergoda membuka pesan anda. Judul haruslah dapat menimbulkan rasa ingin tahu, ketertarikan, dan sebagainya.Pada bagian badan kalimat,tentang kelebihan produk yang di tawarkan, jenis-jenisnya, dan lain-lain. Penawaran jasa bisa tentang penjelasan mekanisme untuk mendapatkan jasa tersebut, manfaat, dan keunggulan dari layanan yang diberikan. Adapun pada bagian akhir dapat berupa kesimpulan dari tulian yang anda sampaikan.

Mempersiapkan tulisan untuk di kirim massal
Ketika sebuah tulisan akan dikirim via e-mail ada baiknya Anda membuat konsep di MS word atau notepad.

ü Trik dasar : memilih judul yang menggoda,
trik membuat judul yang menjual, trategi jitu pertama adalah dengan menawarkan sebuah manfaat atau sebaliknya, sebuah masalah. Misalnya saja, ”tips meningkatkan kemampuan komputer”, ”apakah Anda membutuhkan Benih yang Buruk?”.

Memahami hambatan dan cara mengatasinya
 Titik awal : masalah tepat, penjualan oke
Pada prinsipnya, tugas marketing online adalah mengemas dan menawarkan solusi dan bukannya memasarkan sebuah kecanggihan.

Sebagai contoh, ingin membuat dan menembus penerbit besar?
Bagi rekan-rekan yang mempunyai impian menulis buku dengan tujuan menyebarkan pemikiran, untuk self-selling atau menjadi sumber penghasilan, dan ingin di terbitkan penerbit ternama, maka kami siap membantu Anda.

Bagi Anda yang berminat, dapat menghubungi kami melalui nomor 0859342779
Hormat saya/
Hendra sipayung

Tulisan di atas juga salah satu surat penawaran yang sangat menjual.

Pentingnya penelitian awal
Untuk mengetahui nilai jual yang sesungguhnya dari suatu produk, ia harus melakukan penelitian  tentang persoalan yang sedang di hadapi oleh target kkonsumen. Serta bagaimana produk yang ingin Anda tawarkan bisa memberikan solusi.

Gunakan stuktur konvensional
Langkah selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan pengetahuan tentang nilai produk untuk menjaring calon konsumen Anda. Maka, mulailah dari judul yang bersifat solutif atau mengangkat masalah.
”apakah Anda kesulitan mencari bibit ?”

AWAL: STRUKTUR DASAR PESAN YANG MENJUAL

Aristoteles memberi mereka sebuah rumus untuk melakukannya. Ini rumusnya :
1.        Exordium. Buat pernyatan mengejutkan atau tuturkan cerita, guna menarik perhatian
2.        Narratio. Ajukan problem yang di hadapi pembaca atau pendengar
3.        Confirmation. Tawarkan solusi bagi problem tersebut
4.        Perorio. Nyatakan manfaatmenjalani solusi tersebut

Hal ini pasti terdengar mirip dengan rumus pengiklanan klasik AIDA: Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (hasrat), dan Action (tindakan).

TIPS DAN TRIK YANG BISA ANDA TERAPKAN

1.    Trik Pertama : Strategi Promosi Jangka Panjang Untuk Hasil Spektakuler

þ  Tahapan pertama
Tujuannya hanya sekedar untuk memperkenalkan. Maka, saya mencoba mengirimkan informasi seminar tersebut setiap minggunya. Proses ini berlangsung kurang lebih dua bulan. Pada tahap ini, saya cukup menyampaikan perincian acara, pembincara, dan manfaat yang akan didapatkan.

Trik pemasaran jangka panjang
1)        Pertama, upayakan agar pesan yang Anda sampaikan tidak berulang. Lakukan modifikasi setiap kali mengirimkan pesan. Atur pengiriman secara berkala, misalnya satu dalam dua hari.
2)        Kedua, buat lah pesan yang menghibur dan menarik.
3)        Ketiga, tampilkan diri Anda secara gentle. Setiap kali mengirimkan pesan, saya selalu menampilkan alamat kantor saya, dan contact person orang-orang yang bisa di hubungi.

2.    Trik Kedua : Ingat Teori Asosiasi
Ada banyak kata yang memiliki asosiasi positif atau menciptakan sensasi tertentu bagi pembacanya. Namun untuk e-mail yang menjual sensasi, yang inggin di ciptakan tidak hanya rasa senang, tapi juga rasa takut.

Ciptakan rasa senang
Dengan menggunakan kata-kata yang berkaitan dengan keberhasilan. Otak di pastikan mengirimkan sensasi positif karena keberhasilan lekat dengan kekayaan, penghargaan, dicintai, kekuasaan yang di pastikan memberikan kesenangan.

Rasa takut
Pesan yang menebarkan rasa takut juga bisa di gunakan untuk mendorong pembeli. Khususnya untuk mempromosikan obat-obatan atau suplemen kesehatan.
”saat ini banyak penyakit tersebar  dimana-mana. Jadi gunakanlah produk ini sebagai antiseptik.”

Intinya adalah Biasakan menggunakan kata atau kalimat yang berbicara pada perasaan seseorang. Tentu Anda perlu memberikan penjelasan secara logis dan masuk akal tentang produk Anda.

3.    Trik Ketiga : Mari Kita Main Misteri
Sesuatu yang terdengar misterius, mistik, luar biasa, tapi serba rahasia cenderung membuat orang penasaran. Bagaimana menjalankan trik ini?
a)        Membuat tulisan mengenai betapa hebat dan bermanfaatnya produk
b)        Menyebutkan bahwa produk ini adalah sebuah produk yang misterius
c)        Pembaca akan semakin penasaran apabila anda menciptakan image bahwa produk ini seolah-olah langka dan penuh misterius.
d)       ”Tidak banyak orang mengetahui dan menyadarinya”
e)        Bagaimana prouk itu bisa memberikan manfaat? Tidak ada yang tahu

4.        Trik Keempat : Sisipkan Perintah Pembelian
Pesan pada bagian ini cukup sederhana. Bagaimana agar anda memerintahkan klien untuk membeli secara halus.Mungkin anda bisa saja membuat tulisan penjualan yang menarik. Namun, pada saat menjelaskan dimana membelinya, Anda dengan datar menuliskan contact person saja.Hendra 0856902218 di jakarta

Adapun kata-kata yang sering di selipkan antara lain :
Dapatkan segera produk. Silahkan langsung menghubungi kami di nomor xxxx

5.        Trik Kelima : Mari Mendongeng
Sebaiknya Anda tidak langsung bercerita mengenai produk Anda. Namun, Anda bisa menceritakan kisah untuk memberikan gambaran masalah yang di hadapi dan dapat di cegah dengan prouk anda.

6.        TRIK KEENAM : MENGGUNAKAN TESTIMONI
Suara konsumen adalah mantra ajaib bagi penjualan Anda. Jila pengguna produk atau jasa Anda menyampaikan pesan positif terhadap produk Anda, maka ini akan jauh lebih efektif menarik pelanggan baru.

Simpan data base pelanggan Anda
Bagi seorang online maker adalah sebuah kesalahan jika tidak menyimpan data base pelanggan. Sebab, suatu saat Anda bakal membutuhkannya untuk meminta mereka melakukan testimoni.

Mintalah mereka melakukan testimoni
Jika hubungan anda dengan pelanggan sudah semakin dekat. Mintalah dia untuk memberikan review terhadap produk dan jasa Anda. Tentunya dengan pandangan yang positif.

Membayar klien
Bisa juga Anda memberikan tawaran menari bagi konsumen Anda dengan menjadikan mereka sebagai marketer ”dadakan”. Caranya selain meminta mereka melakukan testimoni, yang dipastikan akan dilakukan secara sukarela jika produk Anda memuaskan, Anda juga bisa menawarkan insentif. Insetif bagi konsumen itu diberikan jika ada orang yang mereka referensikan akirnya menggunakan jasa Anda.

7.    Trik Ketujuh : Memanfaatkan Efek Keterkenalan
Dalam sebuah buku pemasaran, bahwa kebanyakan konsumen adlah pengikut (follower). Artinya ketika secara psikologis, seseorang follower mendengar ada barang yang ramai di cari, restoran yang henti dikunjungi, baju yang lagi tren, mereka iut-ikutan mencari. Kadang, bukan karena kebutuhan, melainkan karena rasa ingin tahu.

Jasa atau produk ini sudah digunakan  luas
Untuk menggunakan teknik ini, gunakan kata-kata yang menunukan popularitas, seperti best seller, tempat hampir habis, sudah di gunakan lebih dari 100 orang, kami kesulitan memenuhi permintaan yang membludak, dan sebagainya.

Persyaratan trik ini
Trik ini efektif digunakan jika sebelumnya para anggota millis sudah mengetahui produk Anda. Atau, dapat juga dengan menimbulkan sebuah rasa penasaran ingin tahu. Seperti apa sebenarnya produk atau barang yang di tawarkan.

8.    Trik Kedelapan : Buatlah Blog Atau Website Sebagai Pelengkap 
Sebaiknya anda tidak hanya mengandalkan e-mail sebagai amunisi dalam penjualan.

Menyediakan informasi lebih lengkap
Pada blog dan website, tampilan lebih menarik. Penawaran produk bisa di lengkapi dengan gambar-gambar yang menarik, informasi yang lebih lengkap, dan dapat menciptakan image profesional dari pemiliknya.

Mempromosikan blog dan website Anda
a)        Pertama, Anda harus sering-sering meng up-date blog Anda, khususnya dengan tulisan-tulisan yang berkualitas.
b)        Kedua, seringlah mengunjungi blog dan website orang lain.
c)        Ketiga, jika mau berkorban biaya, Anda bisa berpromosi di iklan baris.
d)       Keempat, triknya adalah memanfaatkan promosi offline. Ceritakan kepada teman-teman atau kolega  Anda tentang blog milik anda.

Cara lainnya yang lebih gila adalah dengan membuat stiker yang bisa Anda tempelkan di tempat-tempat umum. Tentunya Anda pun harus mengeluarkan biaya lebih untuk mencetak stiker dan bahan promosi lainnya.

Penutup
Pesan yang ingin di sampaikan dalam buku ini dan berlaku sampai kapan pun adalah barang atau jasa yang Anda tawarkan akan laku jika mampu memberikan solusi. Maka, apa yang Anda promosikan bukanlah tentang fitur sebuah produk, melainkan solusi yang bisa di tawarkan.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...