Ada dua penyebab
utama kegagalan bisnis yang mengakibatkan terjadinya penutupan binis atau kebangkrutan.
Yang pertama adalah ketidakmampuan bisnis menjual produk atau jasanya, dan yang
kedua adalah ketidakmampuan bisnis menerima pembayaran tepat waktu, yang
mengakibatkan bisnis itu kehabisan uang.
Kita berkonsentrasi pada penyebab pertama dan pastikan bisnis Anda tidak
menjadi korban dari ketidakmampuan, atau bahkan lebih gawat lagi penolakan
dalam menjual produk atau jasa. Sebagaimana yang
diceritakan didalam buku, penjualan bisa dan seharusnya menjadi profesi,
meskipun mungkin statusnya tidak setara dengan profesi luar biasa yang
memerlukan waktu sampai tujuh tahun untuk dapat memenuhi kualifikasinya.
Konsep ini diperuntukan bagi penjual yang dipekerjakan secara profesional, tetapi individu
dari waktu ke waktu memeiliki tanggung
jawab sekunder untuk mendapatkan klien dan pelanggan baru. Namun seharusnya disertakan praktik yang bisa
ditriama, jujur, dan etis yang akan memungkinkan memenangkan bisnis baru.
Sebagian besar
bisnis berusaha keras supaya bisa menghasilkan keuntungan yang lebih layak,
bagi Saya, keuntukan adalah sebuah kata yang baik. keuntungan menciptakan
keamanan pekerjaan, keuntungan memberi kesempatan kepada karyawan untuk
meningkatkan standar kehidupan mereka
sendiri.
Dengan tingginya
biaya perekrutan dan kesulitan untuk mendapatkan penjual yang benar-benar
bagus, tugas tugas memenangkan bisnis baru kembali jatuh ke pundak pemilik
bisnis.
Mari memenangkan
bisnis baru adalah suatu keharusan, tahap pertama anda mulai berfikir terbuka
dan memiliki kemauan untuk menerima tanggung jawab itu. Bersikaplah positif
untuk belajar, dari pada mencari-cari alasan untuk tidak berpartisipasi dan /
bergantung pada orang lain.
Bagi perusahaan
berskala kecil atau menengah, iklan untuk membangkitkan kesadaran tak dapat
dianggap sebagai cara yang menguntungkan. Oleh karena itu, untuk menjadi sangat
sukses dan melindungi masa depan bisnis, harus bersikap proaktif. Dengan kata
lain, harus pergi keluar, untuk mencari dan menemui pelanggan baru, apalagi
sampai menunggu telepon berdering atau surat pesanan datang sampai bangkrut.
“ kini saya menantang Anda dan bisnis Anda” apakah anda menawarkan
jaminan 100% uang kembali kepada pelanggan Anda? Bila tidak, mengapa tidak? Kapanpun Saya
mengajukan pertanyaan itu, jawabnya hampir semua selalu separti in, “ Kami bisa
saja ditipu. “ Ya, memang ada sedikit
resiko disini. MARKS & SPENCER
merupakan salah satu peritel paling sukses didunia karena menjadi
perusahaan pertama yang menjadi perusahaan pertama yang menawarkan 100 persen
uang kaembali, dan terus sampai saat ini. Sebagai contoh orang membeli baju
pada hari sabtu, memakainya pada malam harinya, dan mengembalikan pada hari
senen. Tentu saja M & S telah
ditipu. Namun, kompensasinya adalah jutaan orang pergi ke M & S dan membeli
dua atau tiga barang lebih banyak, serta tak pernah mengembalikannya.
Bila Anda
benar-benar ingin lebih maju dibanding pesaing, buatlah suatu sistem dengan
jaminan uang kembali atau jaminan kepuasan, dimana klien Anda tak akan
mendapatkan risiko apapun karena bertransaksi dengan Anda.
Sebagai
pengingat
·
Tak akan terjadi apapun di dunia
ini sampai suatu penjualan terjadi.
·
Anda akan kehilangan sejumlah
klien setiap tahun.
·
Pelangganlah yang membayar gaji.
·
Saat ini, bisa jadi ada seseorang
yang sedang mendekati klien Anda untuknya berpaling.
·
Bisnis apa yang sedang Anda
jalankan?
·
Jadilah penarik jangan pemaksa.
·
Bagaimana dengan pembalik resiko.
Kemenangan Cepat
Mari melihat
kenyataan yang ada. Banyak misteri yang menyelimuti
taktik bisnis yang sukses. Cara paling masuk akal dan sederhana untuk
maju. Sebagai contoh, e-mail tentu kemajuan teknologi yang luar biasa, tapi
kini menjadi alat yang waktu terbesar.
Beberapa tren baru
selalu tercipta dalam lingkungan bisnis, seperti neurolinguistic
programming (NLP) dan kecerdasan emosional. Keduanya
dijual sebagai solusi yang penting untuk pencapaian yang lebih baik.
Ada empat cara menjadi dasar kesuksesan masa
depan yaitu, :
- Meningkatkan jumlah pelanggan
- Meningkatkan nilai transaksi rata-rata
- Meningkatkan frekuensi pembelian kembali
- Akuisisi
Meningkatkan jumlah pelanggan
Yakinlah pada satu
aspek: bisnis apapun yang tidak secara aktif mencari pelanggan baru cepat atau
lambat akan mengalami kegagalan.Hal itu dikenal sebagai perubahan menyeluruh.
Meningkatkan nilai transaksi
rata-rata
Inilah cara terbaik untuk meningkatkan nilai
rata-rata: menjual
produk pelengkap
Meningkatkan frekuensi pembelian
kembali
Sasaran dari
peluang pengembangan bisnis Anda ini adalah memperpendek siklus transaksi
pembelian. Dan arti sebenarnya adalah ketika Anda mendapatkan pelanggan baru
Anda harus mempertahankan mereka
Akuisisi
Jangan menjadi
kumpulan yang lemah ...dan mengira e-mail atau brosur bisa memberikan hasil
sama seperti berbicara dengan orang lain secara langsung _kecuali tentu saja
Anda bertekad untuk bangkrut . jadi, tolong bicaralah dengan orang lain.
Kenaikan harga
Kapanpun
anda menaikkan harga atau biaya, tolong
jangan sibuk meminta meminta maaf pada pelanggan. Kapanpun itu, tetetapkan
saja harga atau biayanya, sebagai contoh :
“Saya punya berita bagus untuk anda. Harganya......”
·
Percobaan Gratis
·
Barter
·
Voucher
·
Intensif untuk klien-klien lama
Berjalan
di Posisiku
Trik mudahnya
adalah selalu menempatkan diri Anda pada posisi calon Pelanggan. Anda perlu
membangun hasrat membara untuk membantu mereka meraih prestasi, kebahagiaan,
atau kepuasan yang labih besar lagi, dan untuk mencapai kesuksesan lebih besar dalam bisnis.
Daftar karateristik para pemenang bisnis :
- Dapat dipercaya
- Jujur
- Antusias
- Positif
- Bahagia
- Tipe orang yang “menarik”
- Berwawasan luas
- Ambisius tetapi tetap tenang
- Berprinsip
- Penolong, peduli, dan senang berinteraksi dengan orang lain
Yang perlu anda ingat adalah waktu calon pelanggan Anda
sama berharganya dengan waktu anda.
Anda tidak perlu merubah kepribadian, tetapi anda harus
berkembang secara pribadi, dan dari waktu kewaktu menempatkan diri anda pada
posisi calon pelanggan. Hal itu akan sangat membantu Anda menjadi orang yang
ingin diajak bekerja sama oleh orang lain.
Taklukkan hari
Anda
Sikap positif merupakan bahan baku kemenangan yang
penting. Dan kesuksesan sangat bergantung pada keinginan. Bila keinginan kita
untuk melakukan sesuatu sangat kuat, kita akan mendapatkan kemampuannya.
Sebab yang paling umum(dalih) untuk tidak melakukan
sesuatu adalah, “Saya tidak punya waktu”
Pada kenyataannya menyelesaikan sesuatu hanyalah soal
prioritas. Kita memiliki kecenderungan alami untuk melakukan sesuatu yang kita
sukai alih-alih sesuatu yang mungkin lebih penting.
Bila kita benar-benar
beruntung, kehidupan terbagi menjadi tiga bagian. Sepertinya adalah
pekerjaan. Sepertiganya adalah bersenang-senang, sepertiganya dihabiskan untuk
tidur. Tujuan sepertiga dihabiskan untuk pekerjaan adalah untuk memeastikan
agar sepertiga waktu bersenang-senang dapat memeberi kita berbagai hal yang
akan kita sukai dalam kehidupan dan
tentunya kebahagyaan.
Tiga penyebab stres terbesar dalam pekerjaan yang memebutuhkan
perawatan medis adalah:
1.
Salah mengelola waktu
2. Diminta melakukan pekerjaan baru dan tidak dilatih untuk melakunkannya
3.
Pekerjaan yang sangat berlebihan
dan dilakukan hanya sekali dalam setahun. Tidak dilakukan disektor swasta tapi
disektor publik.
Konsep awal Lee yang begitu sederhana, tetepi sangat efektiv,
1. Buatlah daftar semua pekerjaan yang harus Anda lakukan keesokan harinya.
2. Lalu, beri nomor berdasarkan urutan kepentingannya
3. Hari berikutnya saat Anda mulai bekerja, mulailah dari nomor satu. Terus kerjakan sampai selesai, dan seterusnya.
Kita semua tahu bahwa setelah menghadapi tugas yang tidak menyenangkan, kita merasa lega sehingga kemudian merasa termotivasi.
Bersikaplah realitis. Saat anda menetapkan tujuan atau target, semua itu harus dapat dicapai.
Baju Baru Sang
Raja
Kita jarang melihat diri kita sebagaimana orang lain melihat diri kita.
Citra Diri Anda menjadi berbeda dari cara orang lain
melihat Anda.
Buatlah kesan pertama yang baik baik agar Anda bisa
membuat yang kedua.
Berpakaian dan sesuaikan diri Anda dengan cara calon
pelanggan berharap melihat Anda
Hal itu sendiri akan menghasilkan imbalan tersembunyi
dalam bentuk percaya dan keyakinan dari para Pelanggan.
Aspek terpenting dari bahasa tubuh bukanlah suatu yang
bisa digambarkan sebagai kondisi stabil seseoran, melainkan perubahan dari
keadaan itu.
Mengail Ikan
Merencanakan dan mengembangkan strategi untuk
mendapatkan klien baru merupakan hal yang terpenting.
Proses pemikiran ini diarahkan pada tindakan proaktif
yang berarti pergi untuk mendapatkan bisnis baru.
Setiap bisnis harus memeiliki budaya pemenang, yaitu “
berorientasi pada pelanggan dan penjualan”.
Mengail ikan _membuat perjanjian:
Tahap pertamanya haruslah denga tepat pelanggan
potensial atau Prifil klien Anda.
Calon pelanggan Anda
Anda mungkin memeutuskan bahwa radius Anda hanya satu
mil,mungkin harus diperluasa hingga 20 mil.
Dalam menyusun daftar itu, sangat jelas bahwa Anda harus
mendapatkan nama pengambil keputusan yang tepat ialah :
1.
Cara atau uang
2.
Wewenag
3.
Uang
Tahap ke dua membuat pendekatan pertama lewat
telepon atau surat.
Beberapa
kiat untuk membuat panggilan telepon yang sangat baik:
·
Tersenyumlah selalu saat Anda
sedang berbicara ditelpon
·
Bersikaplah antusias, antusiasme
itu menular
·
Rencanakanlah selalu sebelum Anda
menelpon
·
Cobalah menempatkan diri Anda pada
posisi orang lain
Penelitian
menunjukan bahwa perusahaan yang mendominasi pasar merupakan perusahaan yang:
·
>60% memeiliki tujuan penjualan.
·
>2x menggunakan spesialis
pengembangan bisnis.
·
>30% mencari rekomendasi secara
proaktif .
·
Mendapatkan sepertiga klien lebih
banyak lewat Rekan strategis.
·
>3x memeiliki kesepakatan
formal dengan rekan bisnis.
Presentasi untuk kemenangan
Pertama-tama, mari kita bahas jenis presentasi yang
paling umum, yaitu orang per orang.
Anda telah mengadakan pertemuan pertama dengan calon
klien yang diakhiri dengan permintaan agar Anda pulang dan menyiapkan proposal,
kemudian kembali lagi untuk memepresentasikannya.
Ada enam tahap presentasi yang sukses:
1. Pertama, tunjukanlah hasil hasilnya, apa yang akan Anda lakukan bagi
calon klien dengan produk atau jasa Anda.
2. Kini mulailah membahas harga dan biaya serta usahakan mendapatkan
reaksi.
3. Kini mulailah membahas rinciannya, tetepi jangan terlalu banyak.
4. Apabila sesuai, berikanlah satu atau dua contoh pengalaman yang
menujukan apa yang telah Anda lakukan untuk orang lain.
5. Kini, berikanlah seuatu untuk menujukan kredibilitas Anda.
6. Akhirnya jelaskan jaminan Anda (pembalik risisko, risiko yang menjauhi
calon klien dan masuk ke organisasi Anda).
Penyakit Harga Untuk Orang Aneh
Kami menemukan penyakit yang diderita oleh para penjual
yang tidak berhasil, yang kami sebut “penyakit harga”.
Mencegah penyakit harga salah satunya dengan bangga
dengan harga Anda.
Kesempatan Besar
Salah satu
presentasi paling terkenal paling diminta dari Saya untuk disampaikan ke
seluruh Dunia berjudul “ keuntungan dari layanan pelanggan”.
Keluhan yang mengakibatkan ancaman
untuk menutup rekening
§ 67 persen karena alasan kebijakan;
§ 17 persen karena alasan orang;
§ 12 persen karena alasan proses;
§ 3 persen karena alasan produk;
§ 1 persen karena alasan tempat;
Mengapa pelanggan tidak kembali
§ 1 persen karena meninggal dunia ;
§ 3 persen karena pindah tempat tinggal;
§ 5 persen karena memiliki kontak lain;
§ 14 persen karena ketidakpuasan produk;
§ 68 persen karena kelalaian staff;
Keseimbangan yang tepat
Ada sebuah kata baru yang telah dimasukan ke Oxford English
dictionary, yaitu Affluenza.
adalah sejenis penyakit , yang disebankan terlalu banyak
uang dan terlalu sedikit kepuasan hati.
Dari daftar tujuan Anda, pilihlah satu tujuan yang dapat
ditetapkan menjadi tujuan utama. Tujuan itu haruslah:
§ Ditetapkan cukup tinggi sehingga layak diraih;
§ Dapat dicapai dalam hitungan
bulan, bukan tahun idealnya, maksimum tiga bulan;
§ Relitas, jika ada pertimbangan finansial.
Dalam setiap kesulitan, ada bibit manfaat yang sama
besarnya bahkan lebih besar.
Hindarilah hal-hal negatif
Cara gagal dengan cepat
Bab singkat terakhir ditujukan bagi mereka yang
benar-benar tidak ingin menjadi pemenang bisnis
Jika Anda adalah orang semacam itu, mengapa Anda
menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk gagal?
Langkah mudahnya sebagai berikut:
Ø Memenagkan bisnis bukanlah tanggung jawab Anda.
Ø Bangun pola pikir bahwa kehidupan akan menjadi lebih mudah dan
menyenangkan tanpa klien atau pelanggan.
Ø Apapun yang akan Anda lakukan, jangan rencanakan hari Anda.
Ø Apabila Anda diminta balas telepon jangan lakukan.
Ø Dalam situasi apapun jangan memberikan jaminan uang kembali.
Ø Tundalah sampai besok pekerjaan yang bisa Anda lakukan hari ini.
Perintah wajib:
1.
Memiliki minat untuk menjadi
menarik.
2.
Bawa selalu proposal.
3.
Kenali provil pelanggan Anda.
4.
Jelaskan produk atau jasa Anda
terlebih dahulu.
5.
Tunjukan kepedulian tulus kepada
pelanggan.
6.
Latih pembalik resiko.
7.
Bangga terhadap harga atau biaya
Anda.
Daftar pustaka:
Carnegie, Dale,1952, How to wins friends and
influence people,Cedar Books.
Denny ,richard, 2006, success for yourself,
Unlock your potential for success and happiness edisi revisi , kogan page , london.
Goleman, Daniel 2006 selling to win, edisi ke
3 kogan page.
Mellor, Laurie 2003 sales success in tough
times,Dream depot.
Tentang penulis:
Richard dennyadalah pembicara bisnis
paling inspiratif di Inggris.
1 komentar:
Strategi yg jitu
Posting Komentar