SILABUS

Manajemen Pemasaran


  1. Identitas Mata Kuliah
Nama mata kuliah          :  Industrial Marketing
Nomor kode                   : 
Jumlah SKS                   :  2
Semester                         :  6
Kelompok mata kuliah   :  MKKPS
Program studi/Program  :  B. Inggeris-B. Jepang/S1
Status mata kuliah          :  Matakuliah umum
Prasyarat                        :  -    
Dosen                             :  Ahmad Kurnia, SPd,MM
Hari/Tgl Kuliah              :  Selasa & Jumat

  1. Tujuan

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mengetahui dan mampu mengungkapkan problema pemasaran. Marketing mix yang digunakan dalam mengantisipasi siklus kehidupan produk serta dapat menganalisa service pemasaran dan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam marketing global serta mampu menrapkan dalam pemasaran jasa pendidikan dan bisnis personal.

  1. Deskripsi isi   
Mata kuliah ini membahas Aspek kehidupan perekonomian baik secara makro maupun mikro yang meliputi ruang lingkup serta evolusi Manajemen Pemasaran dengan berbagai konsepnyadalam memasarkan berbagai kelompok komoditi dan jasa. Mahasiswa mengetahui dan mampu mengungkapkan problema pemasaran.  Marketing mix yang digunakan dalam mengantisipasi siklus kehidupan produk serta dapat menganalisa service pemasaran dan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam marketing global.

  1. Pendekatan Pembelajaran
Ekspositori dan Inkuiri
·         Metode      : Ceramah, Diskusi,Tanya jawab, Penugasan
·         Tugas         :  Makalah, Penyajian
·         Media        :  Whiteboard, OHP, Spidol, Brosur
           
  1. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
·         Partisipasi kegiatan kelas
·         Pembuatan tugas
·         Kuis, UTS dan UAS
           
  1. Rincian Materi Perkualiahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1    : Hakikat & Perkembangan pemasaran : Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Metode, evolusi dan Peran Penting Pemasaran
Pertemuan 2    :  Hakikat & Perkembangan pemasaran : konsep permintaan, orientasi pemasaran, Kualitas, Layanan, Nilai
Pertemuan 3    :  konsep pemasaran (1): kebijaksanaan harga & promosi pemasaran
Pertemuan 4    :  konsep pemasaran (2) : pengembangan produk, packing & brand
Pertemuan 5    :  konsep pemasaran (3) : Salesmanshif
Pertemuan 6    :  Konsep Pasar dan lokasi pemasaran : Pasar Bisnis, saluran pemasaran, marketing online.
Pertemuan 7    : Psikologi Pemasaran : Perilaku Pembelian, motive pembelian, keputusan pembelian dan konsumerisme.
Pertemuan 8    :  UTS
Pertemuan 9    :  Strategi pemasaran (1) : Definisi, STV triangle, segmentasi Pasar, Differensiasi pasar
Pertemuan 10  :  Strategi pemasaran (2) : Analisis ancaman pasar, marketing mix dan strategi menetapkan Pasar Sasaran.
Pertemuan 11  :  Pemasaran Jasa : Definisi,Ruang lingkup,dan strategi ramuan pemasaran jasa.
Pertemuan 12  :  Riset dan Informasi pasar : pengukuran dan ramalan pasar, sistem informasi pasar dan riset pasar.
Pertemuan 13  :  Komunikasi pemasaran : mengorganisasi penjualan, humas, periklanan.
Pertemuan 14  :  Aplikasi pemasaran produk (desain blog, desain iklan dan company profile)
Pertemuan 15  :  Aplikasi pemasaran Jasa (Jasa Pendidikan, jasa interpreter, jasa pariwisata, jasa travel, broadcasting dan writter periklanan)
Pertemuan 16  :  UAS

  1. Daftar Buku
Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium.
Kotler, Philip, Bloom, Paul N. 2008. Teknik dan startegi memasarkan profesional, Intermedia, Jakarta
Alma, Buchari, Prof.Dr. 2010. Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa, Alfabeta : Bandung.

8.      Weblog

            http://akur-stbajia.blogspot.com



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...