Kamis, 13 Februari 2014

NEURO MARKETING

Neuro-Linguistic-Marketing

Menurut Stanton,pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.                                                   .

Menurut Kotler,pemasaran adalah proses sosial yang didalamnya individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan atau inginkan dengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai kepada pihak lain.                                                                    .

Marketing menurut Amrican Marketing Association(AMA) as ”the activity,set of institutions,and processes for creating,communicating,delivering,and exchanging offerings that have value for customers,clients,partner,and society of large”

Menurut Chartered Institute of Marketing ,adalah proses manajemen yang dapat mengidentifikasi ,mengantisipasi dan memuaskan permintaan pasar untuk memperoleh keuntungan.                                                                  .

Menurut penulis, pemasaran adalah bagaimana menemukan cara berkomunikasi dengan pasar sehingga produk dan jasa yang ditawarkan oleh para penjual akan lebih efektif dan efisien.                                                                        .

Konsep dasar pemasaran

1.    Produksi,yaitu bagaimana menekan biaya produksi yang serendah mungkin untuk memperoleh keuntungan yang besar.

2.    Produk dan jasa,yaitu menekankan produk yang superior ,dengan kualitas dam manfaatnya dengan pertimbangan diterima atau tidaknya produk tersebut oleh pasar                                                   .
                                                    .
3.    Penjualan,yaitu menekankan bagaimana agar produk tersebut dapat dijual kepada target market.

4.    Pemasaran,yaitu menempatkan pelanggan sebagai jantung dari sebuah usaha.Organisasi usaha akan mencoba mengerti apa yang dibutuhkan pasar dengan cara melakukan riset-riset pasar.                                                       .

Indera yang dipakai dalam menemukan dan menjaga pelanggan.                                                                                                                                                                                                        
Agar kita dapat menemukan kebutuhan pasar maka kita perlu memanfaatkan kemampuan indera kita secara maksimal sehingga kita akan peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh pasar                                                                 .

Dalam menangkap informasi dengan mengandalkan penglihatan,kita dapat menemukannya di media surat kabar,Koran,majalah,selebaran,keadaan sesungguhnya di pasar dan internet.Untuk mendengar informasi bisa melalui media radio,televisi dan dari percakapan orang sehari-hari.Dan untuk merasakan apa yang terjadi sehari-harinya sangatlah penting untuk berintaraksi secara langsung di lapangan untuk dapat mencari peluang yang bisa ditawarkan ;                                                                      .        
                                                      .
1.    Push costumer,adalah menciptakan ,mengemas produk dan jasa yang berdasarkan riset internal.Semua informasi yang didapatkan hanya berdasarkan idealisme perusahaan                                                        .        
                                                      .
2.    Pull costumer,adalah mencari,mengetahui dan memahami apa pikiran dari  para pelanggan .Hal ini harus didapatkan dengan survey,data dan informasi yang didapatkan bisa dari berbagai sumber ,baik above tha line maupun below the line
                                                           
Neuro marketing
         Penulis menyusun sebuah konsep marketing dengan memaksimalkan kelima indera .Adapun pendekatan penulisan dilakukan dengan beberapa unsur :

1.    VACOG (Representational System), setiap informasi yang diterima manusia melalui kelima indera visual,auditorial,kinestetik,olfactory dan gustatory,yang kemudian dilanjutkan kedalam sebuah proses filterisasi,sehingga akan menjadi sebuah acuan,keyakinan dan nilai bahkan identitas diri seseorang dalam mengambil sebuah tindakan atau keputusan.

2.    Communication tools, bentuk komunikasi yang dilakukan setiap harinya  dilakukan dengan tiga cara yaitu kata-kata,intonasi maupun bahasa tubuh.

3.    Pacing and leading/match and mirroring, memahami apa yang diinginkan pasar merupakan metode yang sangat baik dalam mengenal,menciptakan produk yang akan dilepas ke pasar                                               .    
                                        .
4.    Reframing, masukan dan kritik adalah sebuah peluang untuk mengembangkan perusahaan sehingga kita harus mengelola kritik dan masukan dari pasar dengan pengelolaan yang baik pula.

5.    Anchoring,sosialisasi suatu produk terhadap masyarakat akan teredukasi untuk memakai produk tersebut .




7 langkah strategi pemasaran
Penulis membagi strategi pemasaran menjadi 7 bagian :
1.    Bagaimana melakukan kampanye pemasaran yang tepat sasaran
2.    Mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan hasil yang akan diperoleh
3.    Menyusun kekuatan dan keunikan dari produk dan jasa yang akan dipasarkan.
4.    Cara menyusun komunikasi yang tepat.
5.    Mencari pelanggan baru.
6.    Mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan
7.    Evaluasi.

Membangun kampanye pemasaran

Selain strategi pemasaran tersebut di atas juga penerapan dari system 5W + 1 H,
1. who,yaitu siapa target yang ingin dituju misalnya,
a.    umur
b.    Gender
c.    Agama dan suku
d.    Profesi
e.    Penghasilan
f.     Status
g.    Hobi
h.    Pendidikan
2.where,bebrapa hal yang dapat digali mengenai keberadaan konsumen :
i.      Lokasi tempat tinggal
j.      Lokasi tempat tinggal
k.    Majalah atau Koran yang dibaca
l.      Sekolah anak
m.  Tempat menhabiskan waktu
n.    Hotel yang disukai
o.    Mall yang dikunjungi
p.    Kemana liburan yang diinginkan
q.    Tempat belanja sehari-hari
3.What,yaitu apa yang dipikirkan oleh seseorang dengankriteria 2W sebelumnya.apabila                                                   
   kita tahu apa yang dipikirkan oleh seseorang maka kita sebagai penjual akan mengerti                                                   
   apa yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga produk dan jasa akan tepat sasaran.

4.Why,mengapa mereka akan memilih  kita sebagai produk dan jasa yang akan
   dipakai,sangat ditentukan oleh keberhasilan kita menentukan segmen perusahaan.
                                                                                                                                                             
5.How,yaitu bagaimana menentukan strategi pemasaran yang unik akan memeposisikan.
   perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya                                 

Biaya yang dibutuhkan dalam jangka panjang
        
         Biaya yang di butuhkan dalam jangka panjang adalah biaya yang digunakan untuk sosialisasi sebuah produk dan jasa kepada masyarakat untuk menanamkan image positif terhadap batang dan jasa tersebut.Langkah-langkah yang digunakan bisa berupa periklanan atau mebuat outlet-outlet di tempat yang strategis.Dengan berkembangnya dunia ekonomi global saat ini strategi tersebut sudah banyak berkembang dan lebih variatif                                                                      .
                                                                  .
Unique selling proposition

1. Menentukan keunikan dalam penjualan

a.    PRICE,strategi diterapkan untuk mengefisiensi semua biaya yang muncul dari kegiatan operasional.Hai ini sangat bergantung pada seberapa rampingnya kita menjalankan usaha tersebut    
                                         .
b.    QUALITY,sebuah filosofi dari jepang bernama KAIZEN,akan sangat memebantu dalam strategi pemasaran ini.Constant and never ending improvement”sebuah slogan akan perbaikan secara konsisiten akan produk dan jasa yang dihasilkan dan dilempar ke pasar. Ada 3 langkah yang perlu diambil dalam hal ini :
1.    Menentukan alur kerja/flow chart
2.    Menentukan job description/tugas dan tanggung jawab masing-masing orang dalam perusahaan.
3.    Mengatur struktur organisasi yang sederhana yang akan memebuat langkah berjalannya perusahaan menjadi cepat dan tangkas.

c.    QUANTITY,produksi dalam jumlah massal akan mengurangi banyak biaya.Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk dalam jumlah banyak,sangat terkait pada penanganan kualitas,harga maupun arus kas yang baik,sehingga produksi akan produk dan jasa yang dihasilkan tidak akan menjadi boomerang bagi perusahaan itu sendiri  
                                                .
d.    RANGE OF PRODUCK,yaitu keanekaragaman produk yang juga merupakan srtategi pemasaran yang akan mendongkrak jumlah belanja pelanggan,selama keanekaragaman tersebut sudah diperhitungkan dengan matang.

e.    GUARANTEE,beberapa trik dalam menerapkan strategi ini akan membuat strrategi pemasaran menjadi semakin menarik dalam memasarkan produk dan jasa yang akan ditawarkan.Beberapa garansi yang dikemas misalnya,
1.    Garansi halal untuk makanan yang dipasarkan
2.    Garansi ketepatan waktu untuk pengantaran produk dan jasa
3.    Garansi harga termurah.
4.    Garansi keaslian produk
5.    Garansi daya tahan sebuah produk
6.    Garansi kepuasan sebuah pelayanan.


f.     IMAGE, penerapan strategi ini digunakan untuk pasar yang mementingkan visual(sesuatyu yang dapat dilihat).Beberapa perusahaan yang mementingkan hal itu antara lain perusahaan fashion, handphone dll                                 .
g.    TRUST, untuk strategi pemasaran ini perlu waktu untuk menerapkannya.Walau ada beberapa hal yang memperkuat strategi ini ,Integritas salah satunya.Apa yang ditawarkan dengan yang sebenarnya,harus dipastikan 100% dapat dipenuhi.Beberapa contoh langkah untuk menimbulkan kepercayaan konsumen antara lain :                                                        .
1.    Membangun hubungan personal secara konsisiten
2.    Menawarkan apa adanya produk dan jasa anda,dan melayani dengan sepenuh hati
3.    Membuat produk dan jasa anda mudah didapatkan
4.    Menangani komplain dengan cepat dan baik
5.    Terus menerus mengembangkan kualitas dari produk maupun pelayanannya
6.    Membekali pelatihan-pelatihan bagi staff yang melayani pelanggan,sehingga konsistensi dan professional tetap terjaga
7.    Memberikan beberapa kejutan-kejutan diluar pelayanan yang dijanjikan perusahaan/”going extra miles”.

h.    CONFINIENCE, langkah- langkah yang diambil oleh sebuah prusahaan  juga harus berorientasi pada kenyamanan pelangganengan menyesuaikan produk dan jasa yang akan dipasarkan    
                                                         .
i.      PLACE,mengedepankan penentuan lokasi dalam pemasaran kadang dapat menjadi efektif,sekaligus tidak,karena biasanya lokasi yang terbaik mamakan biaya yang sangat tinggi.Sehingga perusahaan kerap kali berfikir untuk menekan biaya lainnya,terutama gaji karyawan.Lokasi sangat tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi yang benar.jadi penentuan lokasi tersebut efektif atau tidak tergantung beberapa pertimbangan sebagai berikut,
1.    Segmen pasar yang dituju
2.    Jenis perusahaan
3.    Apakah lokasinya mudah terlihat secara umum
4.    Apakah tempat parkirnya memadai dengan biaya yang masuk akal dengan biaya operasional
5.    Apakah lokasi tersebut mengijinkan untuk usaha yang dijalankan
6.    Apakah lokasi tersebut mudah diakses oleh kendaraan umum

j.      GIMMIC,yaitu pemberian hadiah kepada pelanggan untuk merangsang kenaikan penjualan.Untuk beberapa jenis usaha,hadiah tidak begitu diinginkan oleh pasar,namun disisi lain ada juga yang sangat menginginkan hadiah tersebut.

2.Mengetahui kompetitor sepadan

Setelah langkah pertama dibangun dalam mengetahui strategi mana yang akan menjadi senjata ampuh bagi perusahaan,langkah berikutnya anda mencari tahu data mengenai competitor yang sepadan dengan usaha anda.perbandingan yang diambil adalah “apple to apple”yaitu perusahaan yang memiliki kapasitas yang sama dengan perusahaan anda.                                                                           .

3.Cari tahu apakah mereka ada dalam strategi yang sudah dirumuskan

Anda harus melakukan bench marking antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya.Ada beberapa cara yang dilakukannya yaitu  ,                                                        ,
·      Menjadi konsumen dari kompetitor anda
·      Melakukan survey lapangan secara berkala
·      Mengikuti strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor anda di media above the line maupun below the line
·      Mendengar keluhan konsumen anda
Apabila anda sudah mendata strategi pemasaran mereka dari hal tersebut diatas ,maka tugas berikutnya adalah menandai strategi mereka di masing-masing kolom USP yang telah dibuat .                                                                 .

4.Rumuskan 5 strategi di setiap kolom USP yang sudah anda buat
Perlu waktu,wawasan dan informasi yang konsisten untuk terus berfikir secara kreatif untuk merumuskan sebanyak 5 hal di masing-masing kolom.Komunikasikan kelebihan-kelebihan yang telah anda rumuskan secara bertahap.                                .

5.Komunikasikan kepada pasar hanya pada kolom yang sudah dikuasai oleh  perusahaan
Buatlah komunikasi yang tepat pada dasar,akan kelebihan dari perusahaan anda secara umumnya dan produk dan jasa secara khusus.Setiap perusahaan pasti mempunyai kekurangan dan kita harus berhati-hati dalam menyampaikan kekurangan tersebut.


MERUMUSKAN IKLAN YANG JITU

Dalam menyusun iklan ini,tahapan-tahapan yang benar akan menentukan kesuksesan iklan yang akan dirumuskan.Ada baiknya kita ulas sedikit tahapan-tahapan sebelumnya ,dimulai dari langkah pertama dalam membangun kampanye marketing,perlu diketahui sipa pasar kita,dimana konsentrasi terbesar mereka berada,mengapa mereka memilih kita dan apa saja yang dipikirkan oleh masing-masing mereka.Dengan pertimbangan tersebut iklan akan mudah dikomunikasikan kepada mereka.

Dalam perumusan iklan juga dikenal konsep AIDA yaitu :
1.    Attention
Yaitu menarik perhatian dengan cara yang tepat dan cepat.Beberapa cara yang dilakukan antara lain,                                                               ,
§  Menggunakan warna yang kontras atau mencolok mata
§  Memilih gambar yang mengundang komentar
§  Menyusun kata-kata /judul yang dapat berkomunikasi dengan pasar
§  Memberikan tanda-tanda yang tidak umum
§  Mengerti tempat-tempat yang dapat dengan mudah dilihat atau didengar oleh pasar

2.      Interest
Yaitu apa saja yang memebuat ketertarikan pasar untuk memperhatikan iklan anda lebih lanjut antara lain misalnya :                                          ,
§  Gambar dan iklan menarik tidak selalu menjual ,karena itu pemenang pembuat iklan belum tentu penjual terbanyak
§  Advertising yang bersifat editorial dan mendidik mendapatkan hasil tertinggi dibandingkan iklan yang sebenarnya
§  Huruf dalam penyusunan iklan biasanya lebih disukai yang sederhana dan tidak terlalu kompleks
§  Gunakan foto Anda ,orang-orang suka tertarik pada foto.
§  Jangan menggunakan huruf besar semua karena pembaca biasanya suka membaca judul di atas dan di bawah
§  Lampirkan kupon kembalian,terbukti dengan kupon anda akan mendapatkan respon yang tinggi karena mereka akan mengguntingnya sehingga mereka akan mengingat untuk menghubungi anda kembali

3.      Desire
Yaitu merumuskan kata-kata yang mengundang hasrat agar mereka dapat memastikan dirinya untuk mencari tahu apa yang ingin ditawarkan dengan :
§   Manfaat
§   Nomor telepon
§   Tawaran menggiurkan
§   Solusi lebih baik dibandingkan pencegahan
§   Tulis seperti yang anda katakan
§   Semakin banyak yang dapat anda ceritakan,semakin banyak yang dapat anda jual
§   Garansi
§   Berikan sesuatu secara cuma-cuma atau hadiah
§   Lakukan tes secara berkala

4.      Action
Yaitu tindakan yang harus dilakukan saat mereka terbawa atas perhatian ,ketertarikan dan penawaran dari iklan ,maka selanjutnya adalah mencantumkan dimana produk atau jasa yang ditawarkan dapat dibeli.Hal berikut ini merupakan panduan agar mereka dapat dengan segera mengambil tindakan.
§   Nomor telepon yang dapat dihubungi
§   Nomor telepon yang mudah diingat
§   Alamat tempat pembelian
§   Peta petunjuk jalan menuju lokasi pembelian

Pertumbuhan pelanggan baru

 Berikutnya adalah mengklasifikasikan bentuk komunikasi dan edukasi iklan anda yang tepat sasaran ,apakah anda memutuskan memakai media above the line atau below the line.Semua media yang akan dilakukan ditentukan dari langkah-langkah sebelumnya.Baik  media visual atau audio visual yang akan dipakai harus dilakukan secara konsisten untuk menjangkar pasar                                                               .                                              

Periklanan dibagi menjadi beberapa area :
1.    Menurut anggarannya
§  Iklan gratis,yaitu iklan yang dalam pemasngannya tidak memerlukan biaya.Contoh : iklan baris yang ada di internet
§  Iklan berbayar,yaitu iklan yang memerlukan biaya dalm pemasangannya.Contoh : iklan TV,koran,radio dll

2.    Menurut sifatnya
§  Iklan komersial,yaitu iklan yang menwarkan barang dan jasa
§  Iklan non komersial,biasa disebut juga iklan sosial atau iklan layanan masyarakat

3.    Menurut medianya
§ Iklan cetak,yaitu iklan yang penyebarannya melalui media cetak.Contoh poster,spanduk dll
§ Iklan electronic,yaitu iklan yang penyebarannya melalui media elektronic.Contoh : TV,Radio dll

Ada 2 faktor yang memepengaruhi dan menentukan tercapainya informasi dalam iklan yaitu :

1.  Faktor internal
Dalam faktor ini sangat ditentukan oleh kualitas dari iklan tersebut,iklan yang berkualitas membuat informasi dalam sebuah iklan diterima oleh target iklan diterima dengan baik dan begitu juga sebaliknya jiga kualitas iklan jelek maka informasi yang disampaikan tidak bisa diterima dengan baik.Faktor penentu iklan sendiri terdiri dari beberapa hal yaitu Judul iklan,Visualisasi,Isi iklan dan Audio.Namun tidak semua iklan tersusun atas hal tersbut tergantung dari jenis iklannya.

2.    Faktor eksternal

§  Waktu,yaitu penyampaian iklan harus sesuai dengan waktu yang tepat sesuai dengan trend  pasar dan momen yang tepat.
§  Tempat,yaitu penempaan iklan pada tempat yang strategis sehingga akan memaksimalkan penyampaian informasi dari iklan tersebut.
§  Tingkat persaingan,yaitu bagaimana kita menyiasati agar kiat bisa memnangkan persaingan dalam segi periklanan.
§  Tingkat kejenuhan pasar,untuk mengatasi kejenuhan pasar terhadap iklan yang disampaikan maka dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam bentuk dan cara penyampaiannya.

Dalam buku ini penulis merangkum tips- tips pemasaran yang disebut dengan business booster dan sudah dijalankan oleh para pengusaha dari berbagai  macam industri :

1.  Referensi
Yaitu strategi pemasaran dari mulut ke mulut.Biasanya strategi ini sangat efektif untuk menarik pelanggan hingga mencapai 80%.

2.  Radio
Media ini sangat potensial bila diterapkan di daerah yang padat penduduk dan  rawan terjadi kemacetan karena orang yang mengalami kemacetan akan menghilangkan rasa penat dengan mendengarkan radio.Tidak heran jika investasi pemasangan iklan termahal justru saat jam berangkat dan pulang kerja                                          .

3.  Televisi
Investasi iklan di media ini memerlukan biaya yang sangat mahal sehingga untuk perusahaan yang belum mempunyai kapasitas yang besar disarankan untuk lebih cermat dalam memutuskan pemasangan iklannya.Jika salah mengambil keputusan maka perusahaan justru akan mengalami kerugian yang besar dan utnag yang menumpuk                                    .

4.  Yellow pages
Untuk bebrapa pelanggan yans masih menggunakan cara-cara lama dan belum familiar dengan internet maka media inisangat efektif dalam berkomunikasi dengan mereka.Dan pangsa pasar ini sangat cocok untuk mereka yang punya keinginan kuat untuk bertransaksi                      .

5.  Aliansi

Lakukan aliansi dengan perusahaan lain yang saling berkaitan dengan usaha anda.Strategi ini memepunyai keuntungan ganda jika sudah dirancang sejak awal                                               .

6.  Majalah
Majalah mempunyai kategori dan segmentasi yang berbeda sehingga jika ingin memasang iklan harus terlebih dahulu mencocokkan segementasi pasar dengan jenis majalahnya.Hal ini dilakukan agar target pasar tepat sasaran dan lebih efektif.

7.  Brosur
Strategi ini merupakan alat pendukung strategi pemasaran lainnya.Biasanya brosur berisi tentang informasi singkat mengenai apa yang ingi ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar yang dituju.

8.  Tuan rumah dalam penyelenggaraan acara
Yaitu mengadakan acara  dengan perusahaan pendukung produk dan jasa atau bahkan bekerjasama dengan pemasok,pelanggan yang bersama-sama memasarkan produk dan jasa                             .

9.  Telemarketing
Strategi ini kurang diminati pengusaha di negara maju namun sangat potensial bila di terapkan di negara berkembang                                  .

10. Salesman
Metode pemasaran yang sudah dikenal lama ini merupakan strategi pemasaran yang mendatangi pelanggan                                            .

11. Kartu nama

Tujuan pembuatan kartu nama adalah agar mereka mengenal kita dan mengetahui jenis usaha yang sedang kita jalankan sehingga secara tidak langsung kita sudah mempromosikan barang dan jasa yang ditawarkan.

12. Katalog belanja
Berbeda halnya dengan brosur ,katalog ini berisi tentang informasi produk yang jauh lebih lengkap.Katalog ini ditujukan untuk prospek yang jauh lebih tertarik tentang apa yang ditawarkan perusahaan kepada mereka                                      .

13. Merchandise
Berfungsi sebagai pendukung dari pemasaran,strategi ini juga merlu pertimbangan tertentu karena bila salah pemberian merchandise justru akan mengurangi nilai yang diharapkan sebagai alat komunikasi dan edukasi perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya.

14. Sponsorship
Sponsor ini dilakukan pada event event yang potensial dan juga berhubungan dengan produk dan jasa yang kita jual.

15. Public relation
Tujuan utama dari public relation ini adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan,melalui dialog dengan semua golongan,dimana persepsi,sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan (Davis,2003)

16. Barter
Yaitu melakukan penukaran sebuah produk antar dua pihak yang  saling membutuhkan                                     .


17. Koran
Menurut The nelson company  nilai belanja koran mencatatkan pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan media televisi,majalah dan tabloid.Hal ini dikarenakan para produsen beranggapan bahwa koran merupakan media yang lebih unggul yang mampu memaparkan detail mengenai kejelasan manfaat produk mereka                          .

18. Membuka teritori baru
Tujuan dari strategi ini adalah melakukan ekspansi bisnis untuk memperluas daerah pemasarannya                                        .

19. Merumuskan keunikan bisnis
Dengan menonjolkan produk dan jasa yang ditawarkan maka akan membuat tertarik pasar untuk mengetahui lebih detail produk tersebut.

20. Before dan after
Yaitu dengan menunjukkan perbedaan sebelum dan sesudah konsumen memakai produk anda.

21. Menginformasikan manfaat produk dan jasa yang ditawarkan
Banyak perusahaan yang menurunkan harga mereka dengan kualitas barang yang sama atau bahkan yang sedikit diturunkan.Namun strategi ini dinilai kurang bijak dan justru akan menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri .Dengan cara memeberikan manfaat lebih dari produk tersebut justru akan lebih dihargai pasar                                       .

22. News letter
Digunakan oleh para salesman sebagai media pendukung saat berinteraksi dengan pasar secara langsung.

23. Packaging
Kemasan dalam pemasaran juga akan menjadi faktor penentu dalam mendorong produk dan jasa anda dapat diterima oleh pasar.Sesuaikan kemasan anda dengan pasar yang dituju                                      .

24. Menerima pembayaran dengan kartu kredit
Untuk jenis usaha retail strategi ini sangat brpengaruh terhadap pemasaran karena orang biasanya membeli berdasarkan emosi bukan karena niat ingin membeli sehingga banyak orang yang sering kali tidak membawa uang cash                                          .

25. Lokasi
Pemilihan lokasi harus mempertimbangkan keefektifan dalam memasarkan produk dan jasa kita.Kesalahan pemilihan lokasi akan menjadi fatal dan menelan kerugian yang tidak sedikit.

26. Menyusun naskah penjualan
Sebelum perusahaan mempekerjakan tenaga penjual,buatlah naskah penjualan yang sesuai dengan konsep perusahaan yang kemudian lakukan pelatihan kepada tenaga penjual                                 .

27. Melakukan survei kepuasan pelanggan
Survei ini dilakukan secara berkala yang kemudian hsilnya akan dianalisa dan menjadi bahan masukan bagi perushaan untuk mengembangkan produk dan jasa yang dijual                                            .

28. Mnerima tukar tambah
Lakukan tukar tambah dengan konsumen yang ingin mengganti barang lamanya dengan barang baru sehingga kita dapat membantu konsumen yang akhirnya akan menjadikan konsumen tersebut loyal kepada kita.Strategi ini biasanya diterapkan perusahaan elektronik dan tidak berlaku unutk makanan,pakaian dan jasa                                  .

29. Merekrut lebih banyak tenaga penjual
Dengan lokasi yang tepat dalam menjaring pasar untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan,penambahan tenaga penjual akan menajdi sangat efektif dalam meningkatkan  kecepatan pelayanan dalam pelanggan                                          .           

30. Mencoba sebelum membeli
Untuk produk dan jasa yang baru di tawarkan kepada pasar, strategi ini akan sangat bermanfaat karena secara tidak langsung akan memperkenalkan tentang nili yang ada dalam produk dan jasa tersebut.Jika pada saat awal mencoba pelanggan merasa puas maka akan menumbulkan efek kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa tersebut                                                        .

31. Membuat website khusus pemasaran
Pisahkan website operasional dengan website pemasaran.Hal ini dibuat untuk menghindari lamanya pengunduhan.

32. Merekrut agen atau distributor
Strategi ini dilakukan dalam rangka menyalurkan barang dan jasa dengan kompensasi yang sesuai dengan anggaran pemasaran dari perusahaan.Dalam hal ini di perlukan pertimbangan-pertimbangan seperti kepercayaan,kesamaan visi,negosiasi, pembagian wilayah dan pertimbangan lainnya.                                                     .

33. Selalu memberi lebih dari pada yang sudah dijanjikan
Hindari menjanjikan penawaran yang tidak mengkin dipenuhi oleh perusahaan karena pada akhirnya akan mengecewakan pelanggan.Lebih baik kita menawarkan yang sesuai dengan kemampuan perusahaan namun berusaha untuk memberi lebih kepada konsumen.                             .

34. Menyusun jadwal dalam menghubungi pelanggan
Bagi perusahaan kecil mungkin bisa dilakukan dengan mengunjungi para pelanggan secara berkala atau bagi perusahaan besar bisa mengadakan even yang mengumpulkan pelanggan dengan hadiah yang menarik.

35. Kualitas terbaik adalah pemasaran terbaik bagi pelanggan setia
Berdasarkan survei apabila pelanggan merasa puas dengan produk tersebut maka akan menceritakan kepada 7 orang  tapi bila merasa tidak puas justru akan menceritakan kepada 20 orang .Dari hal tersebut dapat kita lihat betapa pentingnya kualitas yang dapat memuaskan pelanggan dan betapa besar resikonya jika kualitas produk tidak memuaskan pelanggan.                                                                     .

36. Memberikan informasi terbaru mengenai produk dan jasa
Strategi ini dapat dibantu dengan SMS blast,E-mail,Newsletter,maupun tindak lanjut dari tenaga penjualmelaui telesales.Buatlah kalender kerja untuk dapat memeberikan informasi mengenai produk dan jasa terbaru.

37. Tawarkan kontrak kerjasama untuk jangka waktu tertentu untuk manfaat yang lebih banyak
    
38. Buat kartu VIP atau member
Pembuatan kartu ini akan membantu konsumen untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan dan juga kelebihan untuk memakai produk dan jasa yang ditawarkan.                                               .
39. Memberikan katalog belanja kepada karyawan
Buatlah katalog belanja tahunan ,bulanan atau bahkan mungguan sehingga pelanggan akan menyisihkan dananya untuk membeli produk kita.Tampilkan produk atau jasa unggulan pada halaman pertama untuk                                                                                                                                                                                                                                                                  
     menarik pelanggan.
40. Menaikkan tingkat kredit kepada pelanggan setia
Strategi ini ditujukan untuk pelanggan setia yang sudah lama menggunakan produk dan jasa kita dan jarang sekali terlambat dalam membayar kewajibannya.                                                        .                                                      

41. Mengirimkan kartu ucapan,karangan bunga peresmian atau turut berduka cita
Hal ini akan membuat pelanggan akan terkesan kepada anda dan akan menimbulkan kesan baik bagi perusahaan.

42. Makan malam dengan keluaraga pelanggan
Bagi orang yang menyukai wisata kuliner hal ini akan menjadi hobi baru dan anda akan menyukainya.

43. Mengadakan makan bersama
Ini akan menjadi sinergi yang tinggi bilamana pertemuan makan tersebut menjadi kerjasama di berbagai bidang.Tukar menukar informasi mengenai pelanggan yang buruk sehingga antar pelanggan yang satu dengan yang lain tidak akan pengalaman yang sama terulang.

44. Buat daftar yang ingin ditawarkan pada naskah penjualan
Dengan membuat daftar ini maka tenaga penjual akan melakukan penawaran yang lebih menarik sehingga pelanggan bisa membeli lebih banyak dari yang dia inginkan                                            .

45. Merubah lay out toko anda menjadi lebih baik lagi
Penataan yang lebih baik akan membuat usaha anda lebih efektif dan tidak sulit untuk mencari barang saat pelanggan menginginkan suatu barang.                                                                .

46. Mengurangi pelanggan yang kurang kooperatif dan cenderung merugikan
Berdasarkan survei terhadap para pengusaha ternyata lebih banyak pelanggan yang sedang-sedang saja dibandingkan dengan pelanggan yang menguntungkan.Oleh karena itulah perlu dipetakan kembali pelanggan kita sehingga pelayanan yang diberikan untuk masing-masing kategori dapat menjdi optimal dan menguntungkan kedua belah pihak.

47. Tawaran beli 2 dapat 3
Dengan mengorbankan sebagian keuntungan untuk penjualan yang lebuh banyak tentu hal ini akan menjadi lebih efektif .

48. Jadilah teman dari pelanggan anda
Posisikan diri anda sejelas-jelasnya kapan berteman kapan berdagang.Bila hal ini dapat dijalankan maka akan menguntungkan kedua belah pihak.

49. Penjualan tertutup bagi pelanggan setia
Bila ada stock barang yang sudah lama, tawarkan kepada pelanggan yang setia dengan tertutup dan diskon yang besar-besaran.Hal ini dimaksudkan sebagai penghargaan kepada mereka yang sudah setia manjadi pelanggan di perusahaan anda.

50. Bayar orang-orang untuk mencoba barang anda
Emosional pasar tertuju pada keramaian.Buatlah keramaian pada hari-hari yang ramai.Anda dapat mengundang orang-orang dari referensi anda untuk mencoba barang dan jasa yang anda tawarkan pada hari yang bersangkutan.                                         .

Setiap tips tersebut dapat saja berdiri sendiri atau berhubungan satu dengan lainnya tergantung dari kondisi dan jenis usaha anda .                                                     .


EVALUASI

Dengan andanya evaluasi ,strategi mana yang menghasilkan dan yang tidak menghasilkan.Ada pelajaran dari masing-masing strategi yang sudah diapilkasikan.Lakukan evaluasi secara konsisten dan berkala sehingga hasil yang baik .                                                                                                    
akan terus dicapai.

MEMBUAT PELANGGAN MENJADI FANATIK  AKAN PRODUK/JASA ANDA

Membangkitkan kesadaran pasar
Syarat untuk hal ini adalah anda sudah menentukan segmentasi pasar secara jelas sehingga kita bisa lebih fokus terhadap apa tang sedang berlaku dipasaran dengan mengaplikasikan strategi pemasaran kita.Untuk membangkitkan rasa penasaran pelanggan perlu menerapkan beberapa stretegi yang dikombinasikan untuk mendapatkan hasil maksimal.Cara yang dilakukan antara lain dengan beriklan di berbagai media dan juga untuk di perusahaan itu sendiri bisa dikakukan inovasi-inovasi  pemasaran.

Membuat pasar tertarik untuk mengetahui produk/jasa anda

Setelah membuat penasaran maka selanjutnya adalah menjadikannya lebih tertarik dengan produk dan jasa anda .Seseorang dikatakan memiliki ketertarikan apabila anda mendapatkan informasi mengenai prospek yana berkunjung keoada toko anda .
Ada bebrapa masukan untuk membuat pasar lebih tertarik untuk bertransaksi dengan anda :
1.      Menyusun naskah untuk tenaga penjual
2.      Memberikan training secar berkala kepada tenaga penjual
3.      Garansi tertulis terhadap produk dan jasa yang ditawarkan
4.      Menyapa nam oelanggan secara konsisten
5.      Menyempurnakan tenaga pejual langsung
6.      Selalu tersenyum
7.      Tulis testimoni yang anda dapatkan dari pelanggan setia kita pada halaman pertama setiap iklan kita
8.      Menyiapkan nomor telepon yang cukup untuk dapat menampung semua telepon yang masuk.
9.      Memudahkan mereka untuk mencari barang dan jasa yang dipasarkan
10.   Menindak lanjuti penjualan

Mempermudah mereka mencoba produk/jasa anda

Mencoba merupakan tangga krusial dimana perpindahan dari seseorang yang baru menjadi prospek menjadi pelanggan.Salah satu contoh cara yang efektif adalah memberikan produk secara cuma-Cuma atau hanya memeberikan senyum kepada pasar anda,sewakru berinteraksi dengan mereka menyapanya dengan ramah,berpenamoilan menarik dan rapih akan memperbesar kemungkinan perpindahan tangga ini.

 Menciptakan sebuah kebutuhan

Keberhasilan seseorang bukan hanya dinilai sebatas dari hanya menjual produk dan jasa yang dia tawarkan .Keberhasilan kita adalah memebuat produk dan jasa yang dipasarkan ,menjadi kebutuhan dasar sehingga mereka akan menganggarkan sebagian pendapatan mereka untuk membeli apa yang anda tawarkan.Sehingga menjadi sebuah hal dasar dalam mengembangkan kualitas produk dan jasa kita berikutnya.

Membangun kepercayaan

Sebuah kepercayaan pelanggan memerlukan proses yang tidak sebentar karena pelanggan membutuhkan kepuasan secara konstan terhadap apa yang kita jual.Seorang pelanggan bisa dikatakan percaya kepada kita apabila mereka sudah tidak perlu berfikir ulang untuk membeli apapun yang anda tawarkan.
Untuk mencapai tingkat kepercayaan kita harus lebih fokus terhadap pelanggan yang potensial daripada berfokus untuk mencari pelanggan baru.

Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Investasikan uang anda untuk membuat program pelayanan pelanggan(customer loyality program).Teknologi ini akan memantau data secara periodik sehingga pengambilan keputusan anda untuk menjaga pelanggan setia ini dapat menjaga,membawa mereka menjadi bagian pemasaran perusahaan.Konsisten dan membuat berbagai kemudahan menjadi sebuah kunci dalam melayani pelanggan pada yahapan ini.Jalankan secara konsisten apa yang sudah berlaku pada tangga-tangga sebelumnya sehingga pelanggan setia tidak akan berpindah perusahaan lain.

Pelanggan fanatik yang menjual produk/jasa anda

Fanatik adalah sebuah keadaan ideal tertinggi yang dapat diraih oleh perusahaan bila konsistensi perjalanan sebuah program pelanggan berjalan dengan baik.Walau terlihat agak kurang baik ,terkadang kita membutuhkan dan tanpa kita ketahui ,pelanggan fanatik tersebut ada di perusahaan kita.  

Kesimpulan

Dalam sebuah perusahaan,pemasaran merupakan parameter keberhasilan sebuah perusahaan terbut.Untuk mencapai hal tersebut maka banyak aspek yang menjadi faktor penentu untuk mencapai kesuksesan dalam mamasarkan barang dan jasa yang di tawarkan.Ada banyak strategi dari pemasaran yang bisa dilakukan namun harus memperhatikan kondisi dan segmentasi pasar yang dituju.

Keberhasilan pemasaran bukan hanya sekedar menjual produk atau jasa yang ditawarkan melainkan kita juga harus menjdikan produk dan jasa tersebut menjadi sebuah kebutuhan dasar para pelanggan.Untuk mencapai tingkatan tertinggi dalam pemasaran yaitu kesetiaan yang fanatik  pelanggan maka perusahaan harus selalu menjaga dan meningkatkan tingkat kepuasaan dari pelanggan itu secara konsisten.

























Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...