Awas marketing nganggur
Dalam majalah selling, TJ Becker
mengamati, banyak sales person menganggap masa-masa menganggur sebagai
kesempatan untuk cuti atau pergi berlibur. Lainnya malah terserang kekhawatiran
lalu beraksi dengan cara mencoba bekerja lebih keras. Tapi, menurutnya,
dua-duanya bukan langkah tepat.
Sebaiknya gunakan masa-masa kering
untuk merencanakan strategi. Sales people yang bekerja sangat keras tak punya
waktu untuk berinterospeksi diri. Jadi, masa-masa menganggur bagus bagi Anda
untuk meihat ke belakang dan mengkaji ulang bagaimana produk atau jasa yang
Anda sampaikan kepada pelanggan. Lalu jika perlu lakukan regroup.
Bila perempuan menjadi terget market
Wanita
merupakan pasar bisnis yang cukup menggiurkan bagi kalangan pemasaran. Namun,
banyak produk yang di tawarkan tidak akan berati bila tidak di dukung dengan
strategi pemasaran yang tepat. Sering kali pemasaran gagal karena si penjual
tidak memahami keingingan wanita.
Judith
Tingley, seorang psikolog bisnis melalui How to Sell to the Oposite Sex,
seperti yang di kutip Martha Barletta dalam bukunya Marketing to woman,
menyampaikan beberapa tips bagi professional pria agar bisa menjual produk
keperluan wanita.
1.
Luangkan
waktu lebih banyak dalam menangai proses pembelian, jangan terburu-buru.
2.
Perlakukan
wanita dengan seriius sebagai orang yang berpengetahuan dan memiliki kemampuan
keuangan.
3.
Dengarkan
keinginan dan kebutuhan yang akan di penuhi melalui pembelian , bukan hanya
menjual dan menjual saja.
Brand milik bersama
Brand kuat yang di miliki oleh perusahaan
besar tentu bukan sesuatu yang asing lagi. Brand mencoba membangun image
dirinya melalui komunitas juga bukan merupakan hal yang baru.
Simaklah
bagaimana Unilever, pelan tetapi pasti membangun kekuatan brand perusahaan
dengan pengembangan lini produk mereka. Lihat pula bagaimana McDonalds, dalam
waktu yang tidak singkat dan uang yang tidak sedikit akhirnya berhasil membuat
sebuah brand yang paling mendunia ( mungkin hanya dapat di saingi oleh Coca-
Cola atau Pepsi ).
Kita
lihat pula Harley Davidson sukses “ menggarap “ kalangan berduit untuk loyal
membeli motor beasr mereka yang tidak memiliki keunggulan lain selain prestise,
derum mesin, dan sebuah keunikan- rem mesin.
Bila
jalan yang di tempuh adalah ‘jalan biasa’ , sama seperti jalan yang di tempuh
oleh banyak perusahaan besar lainnya, maka dapat di pastikan bahwa perusahaan
dengan modal paling besar-lah yang akan memenangkan pertarungan brand image
tersebut.
Program
kampanye marketing yang terjadi selama ini selalu melibatkan banyak uang dan
juga sumber daya manusia yang terampil yang tentunya akan memberatkan payroll
gaji perusahaan anda. Tantangan yang akan di hadapi bagi brand- brand ‘ tradisional’
( dengan tradisional artinya brand
yang di kembangkan dengan cara-cara yang biasa dilakukan pada
perusahaan-perusahaan profeiional) semakin besar lagi bila kita melihat
persaingan yang semakin sengit .
Hal
utama yang merupakan burden terbesar
dalam pengembangan sebuah brand bagi
perusahaan start-up ataupun perusahaan kecil adalah:
1.
Kesulitan
kapitalisasi modal. Hal ini berkenaan dengan penggunaan modal yang tepat guna
dalam pupaya untuk melakukan riset pasar , ataupun pengembangna brand
agar mendapatkan mind-share dari
customer..
2.
Ketiadaan
sumber daya manusia. Pengembangan sebuah brand tentu saja tidak dapat di
lakukan dengan cara yang membabi buta. Di perlukan riset yang mendalam dan juga
usaha yang tidak kenal lelah untuk memperkenalkan dan memperluas kekuatan merk
tersebut.
3.
banyaknya
competitor. Dunia usaha yang sudah semakin kompetitif dengan beragam keunikan
yang sebenarnya hanya memiliki sedikit perbedaan akan lebih mempersulit
pemain-pemain kecil dalam mengembangkan brand
produk mereka. Lebih parah lagi bila pemain-pemain kecil ini adalah challenger bagi sebuah brand yang telah mapanyang
di-back-up oleh perusahaan raksasa.
Sehingga
metode pengembangan brand alternative
sekurang-kurangnya harus dapat menetralisir ketiga elemen negative tersebut.
Disinilah bagaimana metode konseptual Brand
Komunal dapat memainkan peranannya.
Dunia maya, pasar dunia yang
menjanjikan
Pada
masa kini banyak pihak melakkukan bisnis melalui media online. Selain lebih
hemat, aneka bentuk informasi bisa di akses secara cepat. Sehingga transaksi
bisanis bisa di lakukan dengan lebih cepat. Namun, berbisnis melalui media online seringkali kurang menarik karena
banyak hal. Bob Julius Onggo, pemerhati masalah pemasaran dan bisnis online melalui website BJOConsulting.com
menawarkan 8 tips yang perlu di perhatikan untuk meningkatkan penjualan.
1.
Tunjukan
kepada calon pelanggan anda , bahwa anda begitu antusias terhadap produk dan
bisnis anda. Jika anda antusias , maka calon konsumen pun juga akan antusias,
maka calon konsumen pun juga akan antusia karena antusias itu bersifat menular.
2.
Pada
akhir tulisan di e-mail anda , sisipkan kata penutup yang mengundang minat.
Seperti bonus tambahan, potongan harga , pengingat praktis, dan sebagainya.
3.
Tenangkan
pelanggan anda yang komplain karena suatu hal atau bonus.. Cara lain adalah
memberikan solusi pada persoalan yang di hadapi.
4.
Buat
desain website dan sedemikian rupa agar konsumen tertarik sehingga mereka akan
menceritakan kepada orang lain. Jangan lupa untuk menyertakan hadiah serta
bonus.
5.
Tumbuhkan
keyakinan pada prospek anda sehingga mereka akan kelak membeli produk
anda.Gunakan referensi yang baik dari orang-orang yang telah memakai produk
anda , sehingga mereka bias melihat siapa saja yang telah menjadi pelanggan
anda. Berikan juga jaminan atau garansi kepada pelanggan anda.
6.
Cantumkan
pada situs web Anda opt-in list sehingga pengunjung situs dapat mendaftrakan
diri untuk mendapatkan diri untuk mendapatkan e-books, software, kontes atau
sesuatu yang gratis dapat di tukar dengan alamat e-mail mereka. Karena secara
psikologis mereka lebih suka mendapat sesuatu yang bagus gratis walaupun mereka
sanggup membelinya..
7.
Jangan
lupa prinsip aturan 80-20 persen . Artinya 80 persen dari situs anda harus
berisi informasi atau hal-hal yang di sukai secara umum bagi para pengunjung.
Siisanya 20 persen atau kurang isian dengan profil perussahaan anda dan produk
atau jasa yang anda pasarkan.
8.
Apabila
pelanggan anda membeli sesuatu dari anda upayakan mereka mendapatkan sebagian
atau sedikit dari apa yang mereka pesan. Itu bias dalam bentuk sesuatu yang
mereka bias dapatkan secara online.
House for sale
Sering
kali kita kesulitan menjual rumah kita sendiri. Soldbyower .com menyampaikan
beberapa tips menjual rimah sendiri tanpa bantuan makelar. Caranya adalah
dengan membersihkan atau mengganti beberapa bagian penting, rumah anda akan
mampu menarik perhatian orang.
Tahapannya sebagai berikut ini.
1.
Bersihkan
bagian luar.
Memotong rumput , membersihkan kaca,
jendela, atap rumah, pagar tentunys akan memancing perhatian orang untuk
melihat rumah anda.
2.
Bersihkan
bagian dalam rumah.
3.
Membersihkan
perlengkapan furniture, lantai, karpet, dan beberapa perabotan interior lainnya
agar terlihat bersih dan rapi. Bila sudah terlihat rusak, ganti segera dengan
yang baru.
4.
Bersihkan
kamar mandi.
5.
Kamar
mandi juga menjadi bagian yang penting untuk di bersihkan. Kebersihan kamar
mandi menjadi bagian dari cerminan sang pemilik rumah.
6.
Hilangkan
berbagai jenis bau yang mengganggu.
7.
Bau
kurang sedap yang biasa ada di rumah sebaliknya harus cepat di hilangkan,
separti bau rokok, binatang , kamar mandi
atau lainny yang dapat mengganggu kesehatan sehingga membuat kurang
nyaman.
Kalimat cermat, hasilnyapun
mantap
KOMUNIKASI
menjadi persoalan
penting dalam organisasi. Seringkali organisasi gagal karena tidak mengindahkan
etika atau tata cara berkomunikasi yang benar dan efektif. Mari simak apa saran
Roger dan Becky Tirabassi dalam buku Let Love Change Your Life yang di muat
dalam WWW. Newlife. Com.
1.
Jangan
salahkan atau permalukan orang lain.
2.
Gunakan
kata ‘ saya ‘ daripada ‘ kamu ‘.
3.
Jangan
gunakan kata ‘ tidak pernah ‘ dan ‘ selalu ‘.
4.
Carilah
waktu untuk beristirahat
5.
Jangan
menarik diri.
6.
Jangan
menginterupsi dan mengancam.
Logo mantap omsetpun
terdongkrak
Bagi perusahaan, logo adalah identitas
dan dapat pula dianggap sebagai tolak ukur merk bisnis anda. Seperti pada nama,
inilah titik kontak pertama antara pembeli dan penjual. Untuk merancang logo
perlu adatahapan tertentu.
1.
Sebelum
mendesain logo, anda harus tahu apa yang ingin anda katakan tentang perusahaan
anda. Berdasarkan jawaban itu dan target audiens yang di bidik, barulah logo dapat
di desain.
2.
Biarkan
future branding memainkan peranan penting dalam proses desain sejak awal Logo
akan berlaku selama bertahun-tahun karena itu investasikan waktu dan sumber
daya untuk mendesain serta hindari tampilan yang berlebihan.
3.
Sesuaikan
warna dengan citra dan audiens . Misalnya , logo untuk perusahaan
telekomunikasi. Logonya menggunakan warna dasar merah dan kuning untuk
menghadirkan kesan penerobosan hambatan komunikasi.
4.
Untuk
mendesain logo , gunakan perusahaan yang memang khusus mendesain logo. “
Perusahaan anda mengeluarkan produk dan jasa, serahkan pada perusahaan lain
yang memang berbisnis merancang logo..
Maaf…..siapa nama anda dan
peluang pun melayang
Menurut Kent Davies dalam tulisannya
High Technology, seni mengingat nama tak Cuma proses belajar sosialisasi juga
sekaligus memberikan nilai tambah kompetitif pada karier anda.” Kesan positif
sangat tak ternilai harganya. Pada dasarnya orang selalu senang tertarik dengan
orang lain. Maka, melupakan nama akan berkesan sebaliknya,”’ tukas Davies.
Jangan khawatir bila anda sering
mengalami hal demikian. Ada strategi untuk mengatasinya. Cara-cara yang di
tawarkan Davies berikut ini cukup gampang di ikuti.
§
Dengarlah
baik-baik saat klien atau pasangan memperkenalkan diri.
§
Jika
itu nama yang tak biasa anda dengar, mintalah dia mengejanya.
§
Ucapkan
nama tersebut . Buatah hubungan dengan nama itu. Hubungan nama kenalan baru
anda dengan aktifitas atau objek yang mudah di ingat.
§
Perkuat
ingatan anda pada nama itu. Gunakan sesering mungkin nama itu dalam percakapan
anda.
Manfaatkan semua saluran
pemasaran
Bila anda memiliki usaha kecil atau
yang di jalankan dari rumah, anda akan menghemat waktu dan tenaga. Namun, tetap
perlu upaya promosi yang intensif agar produk anda di ketahui orang dan
penjualan meningkat. Yvonne Buchaman, seorang konsultan PR melalui situs
WWW.Learnpr.com menyampaikan sarannya sebagai berikut.
1.
Siaran
pers.
2.
Penasihat
professional.
3.
Buatlah
website.
4.
Special
event.
5.
Iklan.
6.
Jaringan.
Membidik konsumen pria
Telah
banyak buku atau informasi di internet yang membahas potensi wanita sebagai
pasar yang menggiurkan . Namun, belum banyak yang membahas pria sebagai pasar
yang juga potensial. Klub kebugaran menjadi salah satu tempat yang di sukai
kaum pria. Bia anda tertarik untuk menjadikan pria sebagai pasar yang juga
potensial. Klub kebugaran menjadi salah satu tempat yang di sukai kaum pria
sebagai potensi pasar sebesar kaum Hawa, maka inilah saran yang di berikan di
situs fitnessbusiness.pro.com.
1.
Seorang
tenaga penjualan perlu membina hubungan dengan calon konsumen pria.
2.
Seorang
tenaga penjualan harus meluangkan waktu bagi calon prospeknya dengan membahas
kegemarannya bergabung dalam sebuah club dan menunjukan dan menunjukan produk
yang di tawarkan. Perkenalkan juga teknologi terbaru yang bias di miliki dan
berilah kesempatan mencobanya.
3.
Pria
lebih toleran terhadap tenaga penjualan kerena mereka menghargai kerja keras
sang salesperson.
4.
Berilah
kesanggupan bahwa sebagai tenaga penjualan, anda bias memenuhi keinginan dari
calon konsumen pria.
Pahami konsumen anda
sekarang
Menurut Arnold Snow , menurutnya ada
delapan kunci pokok untuk dapat sukses dalam penjualan.
1.
Terlebih
dahulu, tentukan apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan kosumen.
2.
Cari
tahu apa saja yang membuat konsumen membeli produk atau pelayanan anda.
3.
Berikan
nilai tambah pada setiap pertemuan dengan konsumen..
4.
Fleksibel.
5.
Perhatikan
penampilan anda.
6.
Fokuskan
perhatian pada kemenangan di setiap jualan.
7.
Jadilah
sumber informasi bagi klien.
8.
Jangan
terlalu banyak menawarkan berbagai macam produk
atau jasa kepada konsumen.
Pelayanan pelanggan perhitungkan penampilan
Penampilan dan kerapian karyawan ternyata
berpengaruh juga untuk mempertahankan pelanggan. Seperti dilansir oleh
Communication Briefing tentang kiat seorang pemilik bengkel perbaikan mobil
berikut ini.
Sang pemilik memberikan bonus kepada
para karyawannya. Pada saat yang sama ia memonta mereka untuk memperbaiki
penampilan pakaian dan menentukan standar kerapian. Kessepakatan lainnya,
mereka harus memotong pendek rambut mereka, mencukur kumis dan jenggot setiap
hari, dan senantiasaberpakaian seragam yang bersih.
Pemasaran
bagian kecil dari sebuah kerja besar perencanaan strategis
Produk dan layanan ide tampaknya
berasal dari orang yang salah, pada saat yang salah, di jalan yang salah, dan
dari segalanya untuk alasan yang salah. Kerap kali mereka di kembangkan dengan
budget tipis atau dengan berdasarkan filosofi” bikin sedikit, jual sedikit,
bikin sedikit lagi.” Kendati tak sempurna , namun pelanggan bisa cukup
terlayani, kepemimpinan produk bisa di tetapkan, dan di pasaran kunci, dapat di
capai dominasi.Profesor manajemen dari McGill University, Henry Mintzberg , dia
menyimpulkan bahwa alasan terbesar dari” kesalahan terbesar sekolah
perencanaan: Karena analisa bukanlah sintesa, maka perencanaan strategis
bukanlah formula strategis ( penekanan darinya)… seutuhnya istilah perencanaan
strategis terbukti menjadi kegagalan.”
Formula strategi diperlakukan sebagai
tugas yang terpisah. Padahal tidak. Tidak peduli berapa banyak waktu dan
analisa yang kita berikan, tidak akan ada komisi, staf pendukung professional,
konsultan, atau ahli strategi yang brilian yang dapat mengembangkan rencana
strategi yang efektif jika rencana iu terisolasi. Strategi adalah proses
interaktif. Ia mungkun di pisahkan dari manajemen sehari-hari, tapi ia tidak
dapat di pisahkan dari kepemimpinan. Ia adalah kepemimpinan.
Perencanaan yang efektif adalah factor
sukses yang penting. Tapi focus dan jenis perencanaan adalah yang terpenting.
Di perlukan dua jenis. Pertama, perencanaan pribadi, team dan organisasi harus
focus terutama pada peningkatan. Perencanaan yang penting ini menentukan system
dan proses agar terus membangun dan meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan
kompetensi. Sehingga ketika peluang yang tidak di harapkan telah muncul dan
sesuai dengan visi, nilai , dan tujuan anda., maka anda pum mampu
mengkapittalisasikan peluang tersebut..
Jenis perencanaan yang kedua adalah
implementasi atau perencanaan tindakan. Ia bersifat disiplin, jangka pendek (
hari ini, perencanaan mendetail lainnya melampaui dua tahun di anggap
menggelikan ) dan terpusat pada saran tahunan, bulanan, atau prioritas
mingguan.
Pemasaran membuat iklan untuk konsumen
pria
Marketing to men in the millenium yang di terbitkan lembaga riset
internasional manyampaikan beberapa hal yang perlu di ingat dalam membuat iklan
bagi kaum pria.
1.
Gunakan
keaslian, kreativitas, dan humor. Unsur kejutan dan hasil yang tidak terduga
banyak di sukai pria.
2.
Tampilkan
kesan keayahan, khususnya yang menampilkan kesenangan dan bias membagi waktu yang cukup bersama anak-anak.
3.
Bernostalgia
dan waktu yang terus berubah juga menjadi kegemaran pria.
Tujuh jurus pusaka direct selling
Alan Rosenpan, penulis buku 101 Ways
to improve Response , mengungkap sejumlah strategi bagi pelaku pemasaran
langsung ( Direct marketing ).
Menurutnya, strategi itu berasal dari hasil
praktik bertahun-tahun termasuk kesalahan yang di lakukan oleh seorang pemasar.
“ Sebenarnya ini pribadi tapi saya ungkap juga agara anda dapat menghindari
kesalahan yang sama.”
Inilah tujuh rahasia itu:
1.
Hormati
audiens anda.
Mereka manusia juga seperti anda.
Tujuan anda seharusnya bukan untuk membodohi mereka atau menipu.
2.
Hormati
klien anda.
Klien yang mewujudkan keinginan kita untuk
membeli sesuatu berjalan-jalan dan menikmati hidup.
3.
Hormati
pengetahuan para klien.
Bila anda terus berfikir bahwa klien
anda bodoh, anda akan kehilangan satu persatu klien.
4.
Jangan
pernah menjanjkan hasil apapun.
Setiap hasil penmasaran langsung pasti
berbeda , dengan tujuan dan keinginan yang berbeda.
5.
Laksanakan
apa yang telah anda katakan.
Reputasi anda di pertaruhkan disini.
Anda akan menjadi lebih berhati-hati bila membuat komitmen dan menyetujui
sesuatu.
6.
Jangan
bias terhadap media.
Hanya karena anda menyukai satu media,
jangan lupakan media yang lain yang mungkin saja lebih efektif.
7.
Kenali
kemampuan anda.Ketika klien datang pada anda, itu berati mereka datang pada
seorang pakar. Sebagai seorang pemasar yang professional.
Keluhan! No way
Hentikan keluhan pelanggan sebelum
mulai mengeluh. Jawablah semua pertanyaan dengan tuntas dan semangat. Ketika
seseorang bertanya soal produk atau jasa anda, itu berati ia sedang
mengungkapkan mintanya yang sangat untuk
membeli apa yang anda tawarkan. Jangan memaksanya uangnya terbang ke tempat
lain dengan memberi jawaban-jawaban yang tidak lengkap atau tidak perlu
berhari-hari hanya untuk menjawab e-mail-nya.
Namun jangan lupa. Walaupun anda telah
berusaha hati-hati mencegah agar tidak ada keluhan dari pelanggan, ingatlah
bahwa keluhan pasti tdak terhindarkan lagi. Bukan beratikarena tidak dapat di
hindari, lantas tidak dapat diselesaikan.
Senantiasa kreatif sebuah
keniscayaan.
Gagasan itu langka. Ia tidak akan
muncul sampai anda menciptakannya. Ia dapat di jiplak, tapi hanya setelah yang
asli menonjol di pasar. Karena tak ada yang menandinginya, harga gagasan asli
di tentukan oleh nilai yang di persepsikan.
Sebenarnya tidak ada tawaran atau
harga kompetitif yang menggerogoti pangsa pasar. Yang ada adalah kemampuan
untuk mencipatkan nilai yang di persepsikan dengan cara menampilkan gagasan
sebagai solusi pada kebutuhan pembeli.
Dan, menurut entrepreneur. Com, dengan
menawarkan gagasan yang belum pernah di lihat klien sebelumnya, para penjual
kreatif akan menciptakan keuntungan taktis yang lain. Para penjual tradisioanal
akan membuat presentasi penuh informasi tentang produk atau jasa mereka
sendiri. Tapi, ketika berbicara tentang keunikan gagasan kepada calon pembeli,
mereka akan berbicara bagaimana menerapkan gagasan anda pada bisnis mereka.
Inilah yang sebenarnya ingin anda dengar, yakni calon pembeli berbicara
mengenai kebutuhan-kebutuhan mereka.
Semakin banyak mereka berbicara
tentang kebutuhan itu, semakin bagus anda dapat mencocokan ide anda agar sesuai
dan memenuhi kebutuhan tersebut. Dan, ketika anda diketahui sebagai “ penjual
gagasan “, calon pembeli akan membuka pintunya.
Pintu-pintu menuju
sukses
Agar sukses tim bias di raih, pelajari
strategi penting memimpin sebuah tim sebagai berikut ini :
a.
Berikan
insruksi dengan jelas.
b.
Buat
rencana kerja.
c.
Jangan
hambat komunikasi.
d.
Ekspresikan
perasaan anda secara tepat.
e.
Beri
contoh.
10 skak mat dalam catur ukm
Jebakan atau kesalahan ini adalah
biasa bagi banyak usahawan:
1)
Menerapkan
suatu gagasan dan terlalu lama setia kepada gagasan itu.
2)
Tidak
ada rencana pemasaran.
3)
Tidak
mengenali pelanggan.
4)
Mengabaikan
keadaan uang tunai anda.
5)
Mnegabaikan
karyawan.
6)
Mengacaukan
antara kemungkinan dengan kenyataan.
7)
Tidak
ada rencana penjualan.
8)
Menjadi
prajurit tunggal.
9)
Tidak
ada dalang.
10) Mneyerah.
Kontak terus, rezeki
terus
Menjual produk seringkali gagal karena
kurangnya orientasi kepada pelanggan. Padahal, bisa jadi pelanggan itu
membutuhkan produk yang di tawarkan. Adrain Miller, seorang konsultan bisnis
dan penjualan melalui situs www. Businesswhow. Com. Menyampaikan beberapa hal
yang perlu di ketahui dalam menjual produk.
a.
Tanyai
apa yang menjadi kebutuhan pelanggan.
b.
Jangan
terlalu banyak diskusi dengan konsumen. Yang di perlukan adalah bagaiman produk
itu bermanfaat baginya.
c.
Jangan
remehkan mesin fex, atau e-mail. Penggunaan
sarana ini akan memudahkan tugas anda memasarkan.
d.
Tindaklanjuti
apa yang sudah di lakukan. Apabila hubungan dengan calon konsumen anda tidak di
teruskan, target anda tidak akan tercapai.
e.
Tambahlah
daftar nama orang yang bias menjadi prospek anda secara teratur.
f.
Tetaplah
tersenyum.
Tips kampanye marketing untuk
merek kontemporer.
Anda pasti setuju denganbhukum
publisitas, bahwa publisitas adalah sarana yang paling kuat dalam membangun
merek, sedangkan iklan adalah sarana pengingat merek apabila publisitas telah
menurun.
Karena itu buatlah rencana publisitas
lain, mingguan, atau bulanan. Lakukan paling tidak satu hal setiap hari untuk
meningkatkan publisitas anda. Jika anda tidak melakukan hal tersebut setiap
hari, lakukan paling tidak beberapa hal
setiap minggu atau setiap bulan. Yang paling penting dalam hal ini
adalah konsistensi.
Jika anda melakukannya setiap hari,
kebniasaan itu akan menjadi bagian dari anda lebih cepat dan anda tidak akan menganggap
hal itu sebagai suatu pekerjaan yang berat .
Namun sebelum anda melakukannya,
pikirkan terlebih dahulu apa yang akan menjadi sasaran anda baru ssetelah itu
tuangkan dalam sebuah rencana , sehingga publisitas itu akan menarik calon
customer ke anda ataupun penjualan , janji
demo atau presentasi atau kredibilitas yang anda inginkan.
Karena itu berikut ini adalah saran
bagi anda
a. Bicara.
Bicarakanlah ke mana-mana tentang
gagasan, filosofi, atau pekerjaan anda. Dengungkan itu ke komunitas anda.
Bicaralah di tempat-tempat yang sesuai dengan target pasar anda , atau di
majalah-majalah yang target pembacanya sesuai dengan industri anda.
b. Kirimkan
artikel tulisan anda.
Anda bisa perhatikan bahwa dengan
melakukan ini, target pasar anda akan melihat dan memperhatikan bahwa anda
memang kompeten di industri anda .
c. Hubungi
bagian redaksi atau editor penerbit.
Dalam hal ini, yang harus anda kirimkan
adalah artikel yang berisi gagasan atau ide-ide yang berlian atau actual.
d. Jadilah
pembacanya dahulu.
Sebelum mengirimkan artikel, maka
jadilah pembaca dahulu Dari tabloid, majalah, Koran., enzine.
e. Ikuti
forum online
Dengan demikian itu akan membawa
publisitas anda melayang dengan cepat.
f. Publisitaskan
melaui enzine ini.
Memiliki enzine sendiri adalah
keharusan apabila publisitas anda akan tampil dan berbicara tentang industri
anda sekaligus kredebalitas anda.
SUMBER : Marketing executive, Dodi Ahmad Fauzi, S. Sos, Edsa Mahkota, Jakarta, 2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar