I.
MENCARI
PROSPEK SUMBER HIDUP
Mencari prospek
adalah menjalin hubungan, yaitu suatu proses mendapatkan pembeli untuk produk
dan jasa yang kita tawarkan dan dilakukan dengan ramah tamah dalam situasi
apapun. Biasanya penjualan dimulai dari pasar alami yaitu orang-orang yang telah
kita kenal. Namun demikian, kelangsungan sebuah usaha sebagian besar bergantung
pada petugas penjualan. Guru bidang keuangan dan pendidik Robert Kiyosaki
mengatakan, “Orang miskin bekerja tetapi
orang kaya membangun jaringan kerja.”
Bagi sebagian orang, mencari prospek adalah ibarat memancing ikan, sedangkan bagi yang lain berkawan adalah suatu kegemaran. Perbedaannya terletak pada cara berpikir kita. Jika kita memperlakukannya sebagai suatu hal yang mudah dan menyenangkan, mencari prospek akan menjadi mudah dan menyenangkan. Ini disebut “Self-Fulfilling Prophecy” atau ramalan yang digenapi oleh diri sendiri.
Agar mencari prospek menjadi tugas yang menyenangkan, kita perlu mengambil cara berpikir yang menyenangkan. Berpikir dan membayangkan sesuatu yang positif itu penting untuk meraih keberhasilan. Berikut konsep sederhana untuk mendapatkan prospek yang disebut AIDA:
Bagi sebagian orang, mencari prospek adalah ibarat memancing ikan, sedangkan bagi yang lain berkawan adalah suatu kegemaran. Perbedaannya terletak pada cara berpikir kita. Jika kita memperlakukannya sebagai suatu hal yang mudah dan menyenangkan, mencari prospek akan menjadi mudah dan menyenangkan. Ini disebut “Self-Fulfilling Prophecy” atau ramalan yang digenapi oleh diri sendiri.
Agar mencari prospek menjadi tugas yang menyenangkan, kita perlu mengambil cara berpikir yang menyenangkan. Berpikir dan membayangkan sesuatu yang positif itu penting untuk meraih keberhasilan. Berikut konsep sederhana untuk mendapatkan prospek yang disebut AIDA:
- A berarti attention (perhatian). Menarik perhatian teman dengan menggunakan bahasa tubuh positif, demikian juga penggunaan bahasa yang sesuai, serta memancarkan semangat dan kepercayaan diri dengan apa yang kita lakukan.
- I berarti interest (rasa tertarik).Menimbulkan rasa tertarik dengan memberikan gambaran singkat, tekankan semua hal positif tentang produk kita dan apa manfaatnya bagi kita. Ketika orang lain mulai tertarik berhentilah disitu dan jangan berbicara terlalu banyak dalam pertemuan awal.
- D berarti Desire (keinginan). Ketika berhasil membuat orang lain tertarik, berarti telah menciptakan keinginan mereka untuk mengetahui lebih jauh dan lebih banyak. Ketika kita mengatakan sesuatu lalu berhenti begitu saja, maka pendengar akan semakin ingin mendengarkan semuanya kemudian meminta kita untuk menyelesaikan semua cerita.
- A berarti (Action). Mendorong agar dilakukan pertemuan dan pembicaraan lebih lanjut, tentunya dengan seizin mereka.
Jangan pernah takut
mengadakan kontak dengan pasar alami. Kerabat dan sahabat kita juga memiliki
kebutuhan, setidaknya kita berusaha kita harus berusaha untuk member tahu
mereka tentang produk da jasa kita.
Menjual kepada teman-teman itu mudah! Sebenarnya yang perlu kita lakukan hanyalah menekankan manfaatnya bagi mereka, kita hanya perlu bersikap jujur keada mereka dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
Menjual kepada teman-teman itu mudah! Sebenarnya yang perlu kita lakukan hanyalah menekankan manfaatnya bagi mereka, kita hanya perlu bersikap jujur keada mereka dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
- Friendship (persahabatan), beritahu kepada teman bahwa kita menghargai persahabatan lebih daripada penjualan.
- Reinforce (tekankan) pentingnya hubungan dengan memberitahukan mereka bahwa kita hanya menawarkan itu sekali saja dan merekalah yang akan memberi tahu kita apabila mereka menginginkan produk atau jasa tersebut.
- Interested (tertarik), mintalah persetujuan mereka untuk membicarakan produk atau jasa tersebut.
- Enhance (tingkatkan) persentasi dengan menawarkan semua yang kita ketahui, kelebihan maupun kekurangannya.
- Note (perhatikan) tanggapan positif atau reaksi negative mereka. Apabila reaktif, mungkin merupakan petunjuk bahwa mereka tidak tertarik, maka jangan memaksakan.
- Decision (keputusan) sepenuhnya ada pada mereka. Ajukan pertanyaan penutup secara halus dan biarkan mereka memutuskannya.
Sewaktu kita memberi
tahu teman-teman kita bahwa kita menghargai persahabatan, suasana kaku akan
menjadi santai, dengan begitu kita dapat memberitahukan kepada mereka bahwa
tidak apa-apa jika mereka tidak membeli produk kita. Ketika persentasi
diharapkan agar kita tetap jujur.
II. PERTEMUAN
Kita tidak pernah memperoleh kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Perlu untuk memperhatikan diri sendiri dari kacamata prospek kita. Pakaian, sepatu, rambut, kuku, dan penampilankita menyatakan siapa kita. Kesan yang kita tampilakan sebagian besar mencerminkan cara berpikir kita. Sebagai penjual kita harus menyadari bahwa menjual adalah mata pencarian kita, ciptakan cara berpikir positif setiap saat. Sebagaimana dinyatakan Henry Ford, “Kalau anda percaya anda bisa, anda bisa. Kalau anda percaya anda tidak bisa, anda tidak bisa. Baik yang satu maupun yang lain, anda benar. Apa yang sebaiknya anda lakukan?”
II. PERTEMUAN
Kita tidak pernah memperoleh kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Perlu untuk memperhatikan diri sendiri dari kacamata prospek kita. Pakaian, sepatu, rambut, kuku, dan penampilankita menyatakan siapa kita. Kesan yang kita tampilakan sebagian besar mencerminkan cara berpikir kita. Sebagai penjual kita harus menyadari bahwa menjual adalah mata pencarian kita, ciptakan cara berpikir positif setiap saat. Sebagaimana dinyatakan Henry Ford, “Kalau anda percaya anda bisa, anda bisa. Kalau anda percaya anda tidak bisa, anda tidak bisa. Baik yang satu maupun yang lain, anda benar. Apa yang sebaiknya anda lakukan?”
“Ada
dua cara untuk menjalani kehidupan anda. Yang satu adalah seolah-olah tidak ada
satupun yang ajaib dan yang lain adalah hidup seolah-olah segala sesuatu adalah
keajaiban.”
-Albert
Einstein
Hal
pertama yang dilakukan pengusaha ketika bertemu rekan bisnis adalah bejabat
tangan, pengecualian untuk pengusaha Jepang yang terbiasa dengan membungkukkan
badan, selanjutnya saling bertukar kartu nama. Jabat tangan harus kuat dan
tidak lemah atau terlalu keras, jabat tangan yang kuat menandakan kepercayaan
diri dan ketulusan.
Para petugas penjualan juga perlu memahami dari sudut pandang klien, keadaan yang mereka tangkap. Apa yang diisyaratkan sikap tubuh kita. Semua gerakan kecil pada tubuh kita, betapapun halusnya mengisyaratkan sesuatu kepada lawan bicara. Kita perlu berhati-hati dengan apa yang kita katakan melalui sikap tubuh kita.
Para petugas penjualan juga perlu memahami dari sudut pandang klien, keadaan yang mereka tangkap. Apa yang diisyaratkan sikap tubuh kita. Semua gerakan kecil pada tubuh kita, betapapun halusnya mengisyaratkan sesuatu kepada lawan bicara. Kita perlu berhati-hati dengan apa yang kita katakan melalui sikap tubuh kita.
III.
CARA
KITA BERKOMUNIKASI
Model komunikasi yang dikembangkan Prof. Albert Mehrabian dari UCLA diterima secara luas dan diangkat oleh para pakar dalam bidang pelatihan, psikologi, konseling, dan bisnis. Mereka adalah orang-orang yang mengandalkan keterampilan berkounikasi sebagai mata pencarian. Model komunikasi menentukan bahwa dari kualitas komunikasi yang terjadi:
Kata-kata
memiliki signifikansi 7%
Nada
suara memiliki signifikansi 38%
Bahasa
tubuh memiliki signifikansi 55%
Selama proses
komunikasi berlangsung, beberapa hal terjadi pada waktu yang sama. Pikiran
sadar menerima informasi dan pikiran bawah sadar juga menerima sekumpulan
informasi yang berbeda, maka perlu menyesuaikan kata-kata dengan nada suara dan
seluruh pesan melalui bahasa tubuh.
Meskipun kata-kata yang kita gunakan haya memiliki signifikansi 7% dalam komunikasi, bahasa lisan selalu jelas terdengar dan mudah dipahami. Kata-kata tertentu digunakan dalam konteks yang sesuai memberikan daya dan kekuatan pada pembicaraan. Disamping itu, penggunaan keragaman vocal memperkuat dampak pesan kita, sedangkan tekanan dalam nada suara menentukan makna sebenarnya dari kalimat yang kita katakana.
Komponen yang menampilkan bahasa tubuh kita terdiri atas gerak tubuh,ekspresi wajah, serta suasana yang diciptakan oleh keadaan tubuh kita. Usahakan agar bahasa tubuh kita menunjukkan keselarasan, dan usahakan agar bahasa tubuh yang kita tampilkan sesuai dengan pedoman SOFTENING:
Meskipun kata-kata yang kita gunakan haya memiliki signifikansi 7% dalam komunikasi, bahasa lisan selalu jelas terdengar dan mudah dipahami. Kata-kata tertentu digunakan dalam konteks yang sesuai memberikan daya dan kekuatan pada pembicaraan. Disamping itu, penggunaan keragaman vocal memperkuat dampak pesan kita, sedangkan tekanan dalam nada suara menentukan makna sebenarnya dari kalimat yang kita katakana.
Komponen yang menampilkan bahasa tubuh kita terdiri atas gerak tubuh,ekspresi wajah, serta suasana yang diciptakan oleh keadaan tubuh kita. Usahakan agar bahasa tubuh kita menunjukkan keselarasan, dan usahakan agar bahasa tubuh yang kita tampilkan sesuai dengan pedoman SOFTENING:
Smile Senyum
Open Sikap
terbuka
Forward lean Condong
kedepan
Touch Sentuhan
Eye contact Kontak mata
Nod Anggukan
Interested Tertarik
Nice Ramah
Genuine Tulus
IV.
MEMBANGUN
HUBUNGAN BAIK DAN KEPERCAYAAN DENGAN NLP
Neuro Linguistic Programming (NLP) adalah bidang psikologi yang mengkaji bagaimana dengan cara yang berbeda-beda orang berpikir dan berkomunikasi satu sama lain. Program ini adalah hasil penelitian yang diadakan di Universitas of California di Santa Cruz oleh Prof. Dr. John Grinder dan calon sarjana Dr. Richard Bandler. Definisi mereka adalah:
Neuro Linguistic Programming (NLP) adalah bidang psikologi yang mengkaji bagaimana dengan cara yang berbeda-beda orang berpikir dan berkomunikasi satu sama lain. Program ini adalah hasil penelitian yang diadakan di Universitas of California di Santa Cruz oleh Prof. Dr. John Grinder dan calon sarjana Dr. Richard Bandler. Definisi mereka adalah:
Kita semua memiliki gagasan yang berbeda
tentang realitas yang dengannya kita memandang dunia ini. Dan kita benar-benar
dapat mempercayai orang yang memandang dunia dengan cara yang sama dengan kita.
Strategi Membangun Hubungan Baik
Untuk membangun kepercayaan dari orang lain, harus terjalin hubungan yang baik. Begitu orang lain merasakan adanya hubungan baik, ia cenderung akan percaya kepada kita. Kepercayaan adalah hasil dari rasa tertarik yang tulus dan kepedulian terhadap orang lain, kepedulian kepada orang lain merupakan kebajikan, karena ini akan mengikat suatu hubungan maka akan membawa pada isu etika. Kita harus tulus pada motif kita, kemampuan kita merupakan alat yang sangat kuat dan berkhasiat.
Langkah-langkah menuju strategi hubungan baik NLP adalah sebagai berikut:
- Kalibrasi merupakan proses mengenali mental orang yang sedang kita layani.
- Mencocokkan adalah menyelaraskan diri dengan lawan bicara.
- Pencerminan berarti pembentukan cermin diri secara eksternal.
- Menjajaki dan Membimbing adalah jika kita menghargai suasana hati dan kemudian membimbing kearah tujuan atau hasil yang diharapkan.
Untuk membantu dalam
memahami dan berhubungan dengan dunia, kita perlu menguasai peta mental orang
lain. Peta mental berkaitan dengan panca indra, yaitu:
- Visual (melihat dunia)
- Auditori (mendengarnya)
- Kinestetik (merasakannya)
Dengan peta ini kita dibimbing dalam
mengambil keputusan tentang bagaimana cara menanggapi apapun yang terjadi
disekitar kita. Penerapan peta mental ini tidak pernah disadari. Oleh karena
itu, jika kita tahu bagaimana cara membaca peta mental seseorang berarti kita
memiliki alat yang kuat untuk memahami jalan pikirannya.
Setiap peta mental memiliki pola masing-masing yang tercermin dalam penggunaan kata-kata, gerakan mata, dan beberapa cirri ekslusif lain.
Tujuan mengetahui peta mental adalah untuk mengetahui bagaimana seseorang berpikir, dan kita akn lebih mampu berhubungan dengannya dan berkomunikasi pada frekuensi yang sama.
Peta mental visual mengacu pada orang-orang yang lebih suka menggunakan indra penglihatan untuk menerima informasi. Mereka hidup dalam dunia berbentuk gambaran. Agar mereka merasa nyaman kita perlu berkomunikasi dalam istilah-istilah visual hingga membuat mereka mampu membayangkan apa yang kita sampaikan.
Jika kita bertemu dengan orang yang bertipe auditori, berarti kita menuju pada orang yang lebih suka menggunakan indra pendengar untuk menerima dan memproses informasi. Cara kita menyampaikan informasi seperti suara, tinggi nada, kecepatan, dan irama sangat berarti bagi mereka. Untuk dapat mempengaruhi orang-orang bertipe auditori, kita harus memperhatikan cara bicara dan suara kita. Kita tidak perlu menunjukkan brosur berwarna, tetapi kita perlu terdengar meyakinkan dan menarik ditelinga mereka.
Sedangkan orang-orang tipe kinestik bertindak menurut apa yang mereka rasakan. Orang seperti ini memperoleh informasi dan memperoses data lewat sentuhan, perasaan, gerakan, naluri, dan firasat. Rangsangan untuk orang bertipe kinestik mungkin juga termasuk rasa dan bau.
Para professional penjualan adakalanya mengundang prospek atau klien mereka untuk makan siang atau makan malam. Olehkarena itu, penting bagi para professional penjualan untuk mengetahui jenis makanan apa yang digemari prospek dengan tipe kiestetik.
Setiap peta mental memiliki pola masing-masing yang tercermin dalam penggunaan kata-kata, gerakan mata, dan beberapa cirri ekslusif lain.
Tujuan mengetahui peta mental adalah untuk mengetahui bagaimana seseorang berpikir, dan kita akn lebih mampu berhubungan dengannya dan berkomunikasi pada frekuensi yang sama.
Peta mental visual mengacu pada orang-orang yang lebih suka menggunakan indra penglihatan untuk menerima informasi. Mereka hidup dalam dunia berbentuk gambaran. Agar mereka merasa nyaman kita perlu berkomunikasi dalam istilah-istilah visual hingga membuat mereka mampu membayangkan apa yang kita sampaikan.
Jika kita bertemu dengan orang yang bertipe auditori, berarti kita menuju pada orang yang lebih suka menggunakan indra pendengar untuk menerima dan memproses informasi. Cara kita menyampaikan informasi seperti suara, tinggi nada, kecepatan, dan irama sangat berarti bagi mereka. Untuk dapat mempengaruhi orang-orang bertipe auditori, kita harus memperhatikan cara bicara dan suara kita. Kita tidak perlu menunjukkan brosur berwarna, tetapi kita perlu terdengar meyakinkan dan menarik ditelinga mereka.
Sedangkan orang-orang tipe kinestik bertindak menurut apa yang mereka rasakan. Orang seperti ini memperoleh informasi dan memperoses data lewat sentuhan, perasaan, gerakan, naluri, dan firasat. Rangsangan untuk orang bertipe kinestik mungkin juga termasuk rasa dan bau.
Para professional penjualan adakalanya mengundang prospek atau klien mereka untuk makan siang atau makan malam. Olehkarena itu, penting bagi para professional penjualan untuk mengetahui jenis makanan apa yang digemari prospek dengan tipe kiestetik.
Ciri-ciri dari tipe
visual, auditori, dan kinestik adalah :
- Suara.Orang visual cenderung memiliki suara dengan nada tinggi dan mereka cenderung berbicara lebih cepat. Orang auditori suaranya lebih rendah dan biasanya jelas dan ekspresif. Orang kinestik berbicara lebih lambat dan lebih sering berhenti waktu berbicara.
- Pola bernafas. Orang visual cenderung bernafas dangkal dan cepat. Tipe auditori bernapas lebih lambat dan lebih merata keseluruh dada. Dan tipe kinestik bernapas lebih dalam.
- Posisi kepala. Tipe visual biasanya menjaga agar kepala tetap tegak dan bahu lurus. Tipe auditori akan mencondongkan tubuh kesamping atau sedikit memiringkan kepala. Sebaliknya tipe kinestetik cenderung menundukkan kepala.
- Gerak tubuh.Orang-orang visual membentuk dan mengingat gambar pada posisi yang lebih tinggi, gerak tubuh mereka cenderung keatas. Namun tipe auditori akan bergerak secara berirama dan banyak menunjuk kearah telinga.
Setelah mengetahui cirri-ciri
diatas, maka kita akan lebih mudah menjalankan strategi penjualan kita. Jika
menjual kepada tipe visual, kita harus memakai kata-kata visual dan juga
mencerminkan, menyesuaikan, serta menyejajarkan diri dengan cirri-ciri mereka.
Selama proses persentasi,
teruslah memeriksa apakah prospek memperhatikan apa yang kita katakana. Isyarat
dapat berupa gerakan mata atau dengan mengamati pelebaran pupil. pelebaran
pupil dapat digambarkan sebagai mata yang berbinar. Dalam paket penjualan,
bawalah selalu brosur dan grafik, bagan dan gambar-gambar agar dapat kita
tunjukkan pada orang-orang visual. Memaksimalkan ekspresi wajah dan
mempertahankan kontak mata juga sangat penting.
Apabila menjual
kepada tipe auditori, usahakan terus menerus memeriksa orang tipe auditori
dengan mengajukan pertanyaan, misalnya, “Bagaimana kedengarannya bagi anda?”
Dengan demikian kita tidak hanya memeriksa apakah mereka mengikuti atau
memahami persentasi, tetapi juga berkomunikasi dengan menggunakan predikat kata
auditori.
Orang-orang tipe
auditori akan sangat terpengaruh oleh apa yang mereka dengar, mereka membentuk
opini dan mempertimbangkan berdasarkan input yang masuk lewat indra dengar.
Ketika kita memperlihatkan ilustrasi atau teks, secara khas orang tipe auditori
tidak memaca teks secara keseluruhan, tetapi lebih senang mendengar dari kita
penjual.
Begitu juga ketika
kita berbicara pada orang tipe kinestik. Selama pembicaraan berlangsung,
cobalah periksa perasaan mereka dengan mengajukan pertanyaan seperti, “Apakah
anda tertarik pada hal ini?” Saat berbicara dengan prospek tipe kinestik,
tunjukkan perasaan kita, bila pelru bersikaplah dramatis dan mereka akan
mengingat apa yang mereka rasakan saat bertemu dengan kita.
V.
PRESENTASI
YANG MEMBAWA DAMPAK
Penyajian fitur hanya
sekedar memberikan informasi teknis tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
Sebaliknya, menyajikan manfaat akan membantu ita menjual lebih efektif.
Persiapan sangat berkaitan dengan kesempatan atau peluang, professional yang
bangga pada tugasnya akan selalu mempersiapkan diri. Kita perlu meluangkan
waktu untuk menganalisis fitur produk atau jasa yang kita tawarkan dan
menerjemahkannya kedalam manfaat yang dapat dinikmati pelanggan. Proses ini
akan membuat kita mampu memperoleh pengetauhuan yang mendalam tentang produk atau
jasa yang kita tawarkan, sehingga kita lebih percaya diri dalam proses
penjualan.
Kita perlu
menjelaskan tiga bagian penting dari produk atau jasa yang kita tawarkan yaitu,
fitur, keunggulan dan manfaat. Theodore Levitt (1962) mengatakan, “Seseorang
tidak membeli bor, namun mereka membeli lubang karena yang dibutuhkan adalah
lubang.”
Presentasi yang
disajikan secara profesional akan menunjukkan fitur terlebihdahulu. Kemudian
menekankan keunggulan-keunggulannya tanpa menjelek-jelekkan produk atau jasa
yang ditawarkan competitor. Selanjutnya memberikan penjelasan dan akhirnya
membawa fitur serta keunggulan tersebut pada manfaat yang dapat dinikmati
pelanggan. Pada saat menyusun presentasi atau penyajian, pendekatan SELL akan sangat berguna.
Show (Tunjukkan) fiturnya.
Explain (Jelaskan) keunggulannya.
Lead
to (Bawalah ke) manfaatnya
bagi pelanggan.
Lead (Bimbinglah) mereka untuk
mengambil keputusan.
VI.
MENANGANI
KEBERATAN DAN POLA-POLA BAHASA
Keberatan (objection)
adalah keragu-raguan, pertanyaan atau pernyataan yang diajukan oleh calon
pelanggan yang belum merasa pasti untuk mengambil keputusan pembelian.
Keberatan biasanya timbul apabila prospek tidak tulus atau ada alasan
tersembunyi yang tidak terungkap, maka kita perlu menemukan alasan dibalik
keberatan itu. Proses pengungkapan tersebut kadang kala disebut dengan istilah ‘mengkualifikasi
prospek’.
Keberatan dapat
benar-benar murni dan tidak memungkinkan prospek mengambil keputusan untuk
membeli. Keberatan semestinya tidak membuat kita merasa tersinggung. Pada saat
seperti ini kita perlu introspeksi, apakah telah melaksanakan proses
kualifikasi, mengungkap kebutuhan, mangaitkan penyajian dengan kebutuhan
mereka, dan telah membangun hubungan baik dan kepercayaan yang memadai.
Siklus penjualan awal
amatlah penting dan bahwa keberatan dapat ditekan seminimal mungkin apabila
tahap-tahap penjualan awal dilaksanakan dengan cermat. Tingkatkan selalu teknik
membangun kepercayaan dan hubungan baik karena hal ini akan banyak mendukung
dalam perjalanan karir penjualan.
Sesuaikan dan
cerminkan keberatan, terapkan teknik menyimak secara aktif, gunakan persepsi
mereka, dan berkomunikasilah menggunakan kata-kata yang berarti bagi mereka.
Kadang kala apabila kita bisa berfungsi sebagai cermin dan menyimak dengan
cukup cermat, pelanggan mungkin akan terus berbicara dan akhirnya dapat
mengatasi keberatan mereka sendiri.
Nyatakan keberatan
dengan kata-kata sendiri untuk menjamin bahwa kita memahami prospek dengan
benar. Pastikan bahwa kita menguasai keterampilan menyimak secara aktif untuk
mengungkap maksud yang sebenarnya atau agenda tersembunyi dalam keberatan
tersebut. Untuk mengungkap alasan sebenarnya ajukan pertanyaan terbuka yang
diawali dengan apa, kapan, dimana, bagaimana, dan siapa. Jangan mengajukan
pertanyaan yang dimulai dengan ‘mengapa’, karena akan membuat masalah menjadi
lebih rumit.
Apabila menjawab
pertanyaan dan keraguan yang diajukan prospek, atasi dengan jawaban yang
mengena pada logika dan perasaan. Agar jawaban menjadi lebih meyakinkan
sesuaikan kebutuhan dengan manfaat yang didukung fitur, tunjukkan buti fakta
dan angka-angka atau pengesahan pihak ketiga untuk mendukung klaim kita,
perhatikan komponen komunikasi seperti nada suara, bahasa tubuh, dan pilihan
kata-kata.
Selanjutnya simpulkan
semua dengan ringkasan singkat, setelah menangani keberatan langsung lanjutkan
ke penutupan. Jangan berlama-lama menunggu keberatan lain, karena keberatan itu
akan muncul lagi, maka langsung saja menutupnya.
VII.
MENUTUP
PENJUALAN
Penutupan adalah
tahap terakhir dari keseluruhan siklus penjualan. Ini adalah langkah yang wajar,
meskipun banyak petugas penjualan yang berhenti mendadak karena takut ditolak
atau hanya karena tidak ingin tampak terlalu agresif. Yang harus diingat bahwa
apabila kita ditolak, proposal atau solusi kita terhadap kebutuhan prospeklah yang
tidak diterima, BUKAN kita. Hal penting lain yang perlu diingat adalah tutup
mulut setelah mengajukan pertanyaan penutup, jangan terus-menerus berbicara
bahkan ketika telah mengajukan pertanyaan penutup, kita seharusnya menunggu
jawabannya.
Terkadang kita dapat
mengetahui keinginan prospek untuk membeli dari isyarat yang diperlihatkan, seperti:
- Mencondongkan tubuh kedepan.
- Mengikuti dengan cermat setiap kata yang kita katakan.
- Verbal – “kedengarannya menarik.”
- Banyak bertanya.
- Tampak penuh perhatian.
- Tampak nyaman.
- Menampilkan gerak tubuh yang mengisyaratkan keterbukaan dan penerimaan.
- Menganggukkan kepala.
- Pelebaran pupil mata.
Teknik-teknik
Penutupan :
- Menutup dengan asumsi pembelian, Penentuan waktu adalah penting. Jangan terlalu banyak bicara, tetapi terus mengamati isyarat-isyarat pembelian dan bersiap untuk menutup. Dengan metode ini, kita hanya berasumsi bahwa prospek akan membeli dan selanjutnya akan menulis pesanan atau menanyakan hal-hal yang menyangkut pengiriman, pembayaran, atau menentukan pilihan.
- Menutup dengan alternatif, biasanya dipakai bersama dengan teknik asumsi akan terjadi pembelian. Dalam metode ini, kita menawarkan dua pilihan kepada prospek, yang kedua-duanya akan mendorong kepada jawaban ‘Ya’. “Apakah akan dibayar dengan cek atau tunai?” Kita memberikan kepada mereka dua pilihan untuk membeli.
- Menutup dengan rekomendasi, Oleh karena kitalah yang mengetahui semua hal tentang produk atau jasa yang kita tawarkan, maka kitalah orang yang terbaik untuk memutuskan produk mana yang cocok dengan kebutuhan prospek.
- Menutup dengan manfaat, Dalam penutupan ini, kita membuat daftar manfaat produk, memperoleh pemahaman dan persetujuan dari prospek, dan menuliskan pesanan. Atau kita dapat membandingkan kelebihan dan kekurangan produk, dan menekankan keunggulannya.
- Menutup dengan ultimatum, Penutupan ini cocok jika kita menemui prospek yang tetap tidak mau mengatakan ya meskipun sudah berpikir kesana kemari. Dalam situasi ini, berikan mereka ultimatum, jangan sampai bernada memaksa. Teknik ini dapat mengandung resiko, karena penelitian menunjukkan bahwa hanya 10-20% prospek yang akan mengatakan “Ya”, tetapi mungkin akan berguna apabila kita ingin mengakhiri penawaran dengan sebuah keputusan.
- Penutupan dengan jawaban “Ya,” Prinsip yang menjadi pedoman dalam metode ini adalah menentukan saat yang tepat dan meminta prospek untuk menjawab ‘ya’ terhadap beberapa pertanyaan.
Ketika melakukan
penutupan, perlu juga menyelipkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk
menyampaikan informasi. Jika menggunakan teknik seperti ini focus kita bukanlah
kepada jawabannya. Tidak apa-apa jika prospek memberi kita jawaban negatif,
karena tujuan kita satu-satunya adalah menyampaikan informasi penting.
Misalnya:
“Pelanggan kami telah
berkomentar bahwa program pelatihan kami telah membuat petugas penjualan mereka
termotivasi dan meningkatkan penjualan. Menurut anda, apakah kami cukup banyak
mengiklankannya?”
Dalam contoh ini,
pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa program pelatihan sudah sangat
efektif. Meskipun demikian, daripada hanya mengatakan hal itu, yang akan
memancing calon pelanggan untuk menyelidiki dan mempertanyakan kebenarannya,
kita menyamarkan maksud yang sebenarnya dengan sebuah pertanyaan. Apakah calon
pelanggan tersebut beranggapan bahwa kita sudah cukup mengiklankannya atau tidak,
itu tidak penting. Hal yang penting adalah kita telah menyampaikan pesan yang
diperhalus ke pikiran bawah sadar mereka, yang disimpan untuk tindakan
selanjutnya. Ini adalah proses mempengaruhi secara halus.
KESIMPULAN
Banyak
yang bisa kita pelajari untuk dapat menjadi seorang penjual profesional. Dan
langkah-langkah menuju seorang penjual professional sebenarnya tidaklah sulit,
selama kita mau berusaha dan terus menjalalankan teknik-teknik penjualan.
Teknik yang terdapat pada buku ‘Creating Sales Magic’ ini tidak rumit, buku ini
mengajarkan bagaimana kita mampu menemukan trik-trik mudah untuk memasuki dunia
calon pembeli sehingga mereka yakin dengan apa yang kita tawarkan.
Teknik
dalam buku ini memang penuh keajaiban, tanpa kita sadari kita bisa menemukan
hal-hal baru, seperti mencoba menggali apa yang ada dalam pikiran calon
pembeli, mengetahui sikap atau keputusan yang akan mereka ambil hanya dari
bahasa tubuh mereka.
Selain
itu, jiika kita telah menemukan isyarat dari calon pembeli, buku ini juga
mengajarkan bagaimana kita seharusnya bersikap kepada calon pembeli. Kita
diajarkan bagaimana caranya agar calon pembeli tidak merasa jenuh saat
mendengarkan kita, bagaimana caranya mengatasi pembeli yang keberatan terhadap
penawaran kita agar tetap bisa meyakinkannya, dan bagaimana pula seharusnya
kita bersikap ketika calon pembeli tersebut tetap keberatan terhadap apa yang
kita tawarkan. Dan juga dari kemampuan kita melalui trik yang telah dipelajari,
akan ada suatu keajaiban dimana calon pembeli akan selalu mengatakan ‘Ya’ pada
apa yang kita tawarkan.
Akhirnya
kita bisa mengetahui bahwa sebagai seorang penjual yang harus bisa melaju ke
tingkat profesional, keahlian dalam berbicara saja bukanlah yang utama, tapi
sikap dan penampilan kita dari luar juga perlu ditata. Ketika pertama kali
bertemu dengan calon pembeli maka penampilan kitalah yang menjadi tolak ukur
mereka.
“Menjual
adalah sebuah hubungan dan anda membangun hubungan secara sistematis, tidak
dengan cara menodong.”
-AnoniM-
SUMBER BUKU
Billy Kueek DBA, Creating Sales Magic, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar