Prospek bisnis internet
Abad milenium menjadi abad tanpa batas
(borderless), di mana batasan wilayah tidak lagi menjadi hambatan bagi manusia
dalam menciptakan hubungan yang bersifat interpersonal. Informasi pun menjadi
semakin mudah di akses (mobile). Keunggulan strategi bisnis yang dapat di
peroleh dari internet adalah komunikasi global dan interaktif; menyediakan
informasi dan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen; meningkatkan kerja
sama; memungkinkan untuk membuka pasar,produk,atau pelayanan baru; serta
mengintegrasikan aktivitas secara online.Ada sekitar 8 juta orang pengguna
internet di indonesia setiap tahunnya. Mereka bisa di anggap sebagai potensi
pasar terbesar bagi produk-produk yang di promosikan melalui internet.Banyak sekali sarana yang dapat Anda
gunakan untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Anda bisa menggunakan
blog, website, facebook, atau e-mail tentunya.
Psikologi pembelian online
Karakter calon konsumen
Dalam transaksi offline, seseorang pembeli
dapat bertemu langsung dengan penjual.
Barang yang di tawarkan dapat di lihat
secara langsung,di coba, dan jika tertarik, maka terjadilah pembelian.
Adapun transaksi online tidak berlangsung
sesederhana itu. Pasalnya produk yang ditawarkan hanya ditampilkan dalam bentuk
gambar. Calon pembeli yang tertarik tidak bisa mencoba atau bertatap muka
dengan penjual untuk melakukan penawaran. Ia hanya bisa menghubungi via e-mail atau telepon
seluler.Sehingga dalam pembelian online, konsuman pada dasarnya memiliki
keraguan yang sangat besar. Hanya saja, ketika Anda mampu menciptakan kesan
yang positif, maka otak konsumen Anda akan menciptakan kesan positif yang bisa
saja melampaui kondisi yang sebenarnya.
Closing atau meeting
Ciptakanlah citra diri (image) yang
positif di mata konsumen. Sehingga, gambaran Anda di benak mereka menjadi baik.
Kemudian, siapkan
langkah-langkah pemesanan yang singkat untuk sebuah produk bernilai rendah. Hal
ini juga perlu didukung dengan proses pengiriman barang yang tepat
waktu.Sebaiknya untuk barang yang bernilai tinggi, Anda sebaiknya mengarahkan
konsumen untuk bertatap muka. Idealnya ia bisa melihat langsung contoh barang
yang anda tawarkan.
Beragam langkah yang harus diterapkan
Langkah pertama :Mendaftarkan diri Anda di milis
Contoh layanan milis yang cukup populer
adalah www.yahoogroups.com, www.groups,or.id atau www.collist.com. Topik yang di bahas dalam
milis bersifat perspektif, mulai dari masalah sosial, politik, hobi, hingga
promosi produk.Sejumlah milis yang di buat khusus untuk berpromosi. Misalnya
Agro-media dengan alamat www.agromedia@yahoogroups.com atau mitra tani dengan alamat www.mitratani@yahoogroups.com dimana ratusan informasi mengenai produk-produk
pertanian tersebar setiap harinya.
Keuntungan milis berpromosi
1.
Pertama,
sekali Anda mengeklik send, secara otomatis pesan anda akan terkirim ke ribuan
alamat e-mail.
2.
Kedua,
pesan anda tentunya akan lebih berpeluang di baca si penerima.
3.
Ketiga,
bahwa kita bisa mengirimkan pesan langsung kepada orang-orang yang memiliki
minat yang sama.
Langkah kedua:Persiapkan layanan dan produk anda.
Kualitas produk
Ketika saya memasarkan bibit melalui
e-mail. Saya telah memastikan bahwa bahan tanam yang ditawarkan legal, bermutu,
dan dapat di pertanggung jawabkan kualitasnya.
Layanan pengiriman
Misalnya, untuk bisnis penjualan bibit
pada benih center, untuk pemesanan formatnya seperti di bawah ini
- mang-sms ke nomor 08569272873 dengan format nama_institansi_komodi_lokasi kebun_kebutuhan
- Anda di hubungkan dengan biro terdekat
- berhubungan langsung dengan biro daerah
- kunjung ke kebun untuk melihat mutu bibit sekaligus mengecek kelengkapan dokumen legalitas
- melakukan transaksi dengan sistem pembayaran yang disepakati
- pengiriman bibit
jadi ketika saya mendapatkan e-mail atau
pesan singkat (sms) dengan format :
widodo_swasta_bibit
kelapa sawit 12 bulan_sorolangun_12000
Membalas pesan tersebut dengan format yang
sudah di siapkan
silahkan
menghubungi biro sumatra selatan dengan bapak Sukirno di nomor 08123452xxx.
Terima kasih
Layanan Purna jual
Anda patut menanyakan kondisi produk,
apakah produk berjalan baik atau sesuaikah dengan kebutuhan konsumen. Pahami :
karakter seorang marketer online
- tekun
- tidak mudah patah semangat
- mau belajar
- berusaha menciptakan sesuatu yang baru (inovatif)
- sopan
langkah ke tiga :bangunlah
kredibilitas dan popularitas Anda
kredibilitas dan popularitas di tentukan
dari kualitas tulisan dan kepercayaan, identitas yang anda tampilkan, dan bagai
mana cara anda melakukan anggota milis lainnya. Selain itu siapkan kolom untuk
menginformasikan diri Anda secara lengkap. Agar anggota milis yang lain merasa
dekat dengan anda berikan sebanyak mungkin berbagai layanan gratis berupa
e-book, gambar, atau edit foto gratis. Sehingga, pengunjung mendapatkan banyak
hal dari Anda
Langkah ke empat : Format pesan melalui e-mail
§
pilihlah
kata-kata yang familier
§
gunakan
alinea yang pendek
§
gunakan
font standar seperti times new roman, arial,verdana.
§
Gunakan
warna standar yakni hitam.
ü Struktur tulisan E-mail
Dalam promosi bersifat online, judul
menjadi penarik pembaca e-mail agar tergoda membuka pesan anda. Judul haruslah
dapat menimbulkan rasa ingin tahu, ketertarikan, dan sebagainya.Pada bagian
badan kalimat,tentang kelebihan produk yang di tawarkan, jenis-jenisnya, dan
lain-lain. Penawaran jasa bisa tentang penjelasan mekanisme untuk mendapatkan
jasa tersebut, manfaat, dan keunggulan dari layanan yang diberikan. Adapun pada
bagian akhir dapat berupa kesimpulan dari tulian yang anda sampaikan.
Mempersiapkan tulisan untuk di kirim
massal
Ketika sebuah tulisan akan dikirim via
e-mail ada baiknya Anda membuat konsep di MS word atau notepad.
ü Trik dasar :
memilih judul yang menggoda,
trik membuat judul yang menjual, trategi
jitu pertama adalah dengan menawarkan sebuah manfaat atau sebaliknya, sebuah
masalah. Misalnya saja, ”tips meningkatkan kemampuan komputer”, ”apakah Anda
membutuhkan Benih yang Buruk?”.
Memahami hambatan dan cara mengatasinya
Titik awal : masalah tepat, penjualan oke
Pada prinsipnya, tugas marketing online
adalah mengemas dan menawarkan solusi dan bukannya memasarkan sebuah kecanggihan.
Sebagai contoh, ingin membuat dan menembus
penerbit besar?
Bagi rekan-rekan yang mempunyai impian
menulis buku dengan tujuan menyebarkan pemikiran, untuk self-selling atau
menjadi sumber penghasilan, dan ingin di terbitkan penerbit ternama, maka kami
siap membantu Anda.
Bagi Anda yang berminat, dapat menghubungi
kami melalui nomor 0859342779
Hormat saya/
Hendra sipayung
Tulisan di atas juga salah satu surat
penawaran yang sangat menjual.
Pentingnya penelitian awal
Untuk mengetahui nilai jual yang
sesungguhnya dari suatu produk, ia harus melakukan penelitian tentang persoalan yang sedang di hadapi oleh
target kkonsumen. Serta bagaimana produk yang ingin Anda tawarkan bisa
memberikan solusi.
Gunakan stuktur konvensional
Langkah selanjutnya, Anda bisa
memanfaatkan pengetahuan tentang nilai produk untuk menjaring calon konsumen
Anda. Maka, mulailah dari judul yang bersifat solutif atau mengangkat masalah.
”apakah Anda
kesulitan mencari bibit ?”
AWAL: STRUKTUR DASAR PESAN YANG MENJUAL
Aristoteles memberi mereka sebuah rumus
untuk melakukannya. Ini rumusnya :
1.
Exordium.
Buat pernyatan mengejutkan atau tuturkan cerita, guna menarik perhatian
2.
Narratio.
Ajukan problem yang di hadapi pembaca atau pendengar
3.
Confirmation.
Tawarkan solusi bagi problem tersebut
4.
Perorio.
Nyatakan manfaatmenjalani solusi tersebut
Hal ini pasti terdengar mirip dengan rumus
pengiklanan klasik AIDA: Attention (perhatian), Interest (minat), Desire
(hasrat), dan Action (tindakan).
TIPS DAN TRIK YANG BISA ANDA TERAPKAN
1. Trik Pertama : Strategi Promosi Jangka Panjang Untuk Hasil Spektakuler
þ Tahapan pertama
Tujuannya hanya sekedar untuk
memperkenalkan. Maka, saya mencoba mengirimkan informasi seminar tersebut
setiap minggunya. Proses ini berlangsung kurang lebih dua bulan. Pada tahap
ini, saya cukup menyampaikan perincian acara, pembincara, dan manfaat yang akan
didapatkan.
Trik pemasaran jangka panjang
1)
Pertama,
upayakan agar pesan yang Anda sampaikan tidak berulang. Lakukan modifikasi
setiap kali mengirimkan pesan. Atur pengiriman secara berkala, misalnya satu
dalam dua hari.
2)
Kedua,
buat lah pesan yang menghibur dan menarik.
3)
Ketiga,
tampilkan diri Anda secara gentle. Setiap kali mengirimkan pesan, saya selalu
menampilkan alamat kantor saya, dan contact person orang-orang yang bisa di
hubungi.
2. Trik Kedua : Ingat Teori Asosiasi
Ada banyak kata yang memiliki asosiasi positif
atau menciptakan sensasi tertentu bagi pembacanya. Namun untuk e-mail yang
menjual sensasi, yang inggin di ciptakan tidak hanya rasa senang, tapi juga
rasa takut.
Ciptakan rasa senang
Dengan menggunakan kata-kata yang
berkaitan dengan keberhasilan. Otak di pastikan mengirimkan sensasi positif
karena keberhasilan lekat dengan kekayaan, penghargaan, dicintai, kekuasaan
yang di pastikan memberikan kesenangan.
Rasa takut
Pesan yang menebarkan rasa takut juga bisa
di gunakan untuk mendorong pembeli. Khususnya untuk mempromosikan obat-obatan
atau suplemen kesehatan.
”saat ini banyak penyakit tersebar dimana-mana. Jadi gunakanlah produk ini
sebagai antiseptik.”
Intinya adalah Biasakan menggunakan kata
atau kalimat yang berbicara pada perasaan seseorang. Tentu Anda perlu
memberikan penjelasan secara logis dan masuk akal tentang produk Anda.
3. Trik Ketiga : Mari Kita Main Misteri
Sesuatu yang terdengar misterius, mistik,
luar biasa, tapi serba rahasia cenderung membuat orang penasaran. Bagaimana
menjalankan trik ini?
a)
Membuat
tulisan mengenai betapa hebat dan bermanfaatnya produk
b)
Menyebutkan
bahwa produk ini adalah sebuah produk yang misterius
c)
Pembaca
akan semakin penasaran apabila anda menciptakan image bahwa produk ini seolah-olah
langka dan penuh misterius.
d)
”Tidak
banyak orang mengetahui dan menyadarinya”
e)
Bagaimana
prouk itu bisa memberikan manfaat? Tidak ada yang tahu
4.
Trik Keempat : Sisipkan Perintah Pembelian
Pesan pada bagian ini cukup sederhana. Bagaimana agar anda memerintahkan klien
untuk membeli secara halus.Mungkin anda bisa saja membuat tulisan penjualan
yang menarik. Namun, pada saat menjelaskan dimana membelinya, Anda dengan datar
menuliskan contact person saja.Hendra 0856902218 di jakarta
Adapun kata-kata yang sering di selipkan
antara lain :
Dapatkan segera produk. Silahkan langsung
menghubungi kami di nomor xxxx
5.
Trik Kelima : Mari Mendongeng
Sebaiknya Anda tidak langsung bercerita
mengenai produk Anda. Namun, Anda bisa menceritakan kisah untuk memberikan
gambaran masalah yang di hadapi dan dapat di cegah dengan prouk anda.
6.
TRIK KEENAM : MENGGUNAKAN TESTIMONI
Suara konsumen adalah mantra ajaib bagi
penjualan Anda. Jila pengguna produk atau jasa Anda menyampaikan pesan positif
terhadap produk Anda, maka ini akan jauh lebih efektif menarik pelanggan baru.
Simpan data base pelanggan Anda
Bagi seorang online maker adalah sebuah
kesalahan jika tidak menyimpan data base pelanggan. Sebab, suatu saat Anda
bakal membutuhkannya untuk meminta mereka melakukan testimoni.
Mintalah mereka melakukan testimoni
Jika hubungan anda dengan pelanggan sudah
semakin dekat. Mintalah dia untuk memberikan review terhadap produk dan jasa
Anda. Tentunya dengan pandangan yang positif.
Membayar klien
Bisa juga Anda memberikan tawaran menari
bagi konsumen Anda dengan menjadikan mereka sebagai marketer ”dadakan”. Caranya
selain meminta mereka melakukan testimoni, yang dipastikan akan dilakukan
secara sukarela jika produk Anda memuaskan, Anda juga bisa menawarkan insentif.
Insetif bagi konsumen itu diberikan jika ada orang yang mereka referensikan
akirnya menggunakan jasa Anda.
7. Trik Ketujuh : Memanfaatkan Efek Keterkenalan
Dalam sebuah buku pemasaran, bahwa
kebanyakan konsumen adlah pengikut (follower). Artinya ketika secara
psikologis, seseorang follower mendengar ada barang yang ramai di cari,
restoran yang henti dikunjungi, baju yang lagi tren, mereka iut-ikutan mencari.
Kadang, bukan karena kebutuhan, melainkan karena rasa ingin tahu.
Jasa atau produk ini sudah digunakan
luas
Untuk menggunakan teknik ini, gunakan kata-kata
yang menunukan popularitas, seperti best seller, tempat hampir habis, sudah di
gunakan lebih dari 100 orang, kami kesulitan memenuhi permintaan yang
membludak, dan sebagainya.
Persyaratan trik ini
Trik ini efektif
digunakan jika sebelumnya para anggota millis sudah mengetahui produk Anda.
Atau, dapat juga dengan menimbulkan sebuah rasa penasaran ingin tahu. Seperti
apa sebenarnya produk atau barang yang di tawarkan.
8. Trik Kedelapan : Buatlah Blog Atau Website Sebagai Pelengkap
Sebaiknya anda tidak hanya mengandalkan
e-mail sebagai amunisi dalam penjualan.
Menyediakan informasi lebih lengkap
Pada blog dan website, tampilan lebih
menarik. Penawaran produk bisa di lengkapi dengan gambar-gambar yang menarik,
informasi yang lebih lengkap, dan dapat menciptakan image profesional dari
pemiliknya.
Mempromosikan blog dan website Anda
a)
Pertama,
Anda harus sering-sering meng up-date blog Anda, khususnya dengan
tulisan-tulisan yang berkualitas.
b)
Kedua,
seringlah mengunjungi blog dan website orang lain.
c)
Ketiga,
jika mau berkorban biaya, Anda bisa berpromosi di iklan baris.
d)
Keempat,
triknya adalah memanfaatkan promosi offline. Ceritakan kepada teman-teman atau
kolega Anda tentang blog milik anda.
Cara lainnya yang lebih gila adalah dengan
membuat stiker yang bisa Anda tempelkan di tempat-tempat umum. Tentunya Anda
pun harus mengeluarkan biaya lebih untuk mencetak stiker dan bahan promosi
lainnya.
Penutup
Pesan yang ingin di sampaikan dalam buku
ini dan berlaku sampai kapan pun adalah barang atau jasa yang Anda tawarkan
akan laku jika mampu memberikan solusi. Maka, apa yang Anda promosikan bukanlah
tentang fitur sebuah produk, melainkan solusi yang bisa di tawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar