Part I The Philosophi
Dariwaktu ke waktu
ekspetasi pelanggan terhadap sebuah produk atau layanan terus mengalami
pergeseran.perkembangan teknologi informasi yang dibarengi dengan derasnya rus
informasi membuat pelanggan menjadi semakin pintar dan akselerasi perubahan
perilaku pelangganpun menjadi jauh lebih cepat. Seperti revolusi digital
mengubah prilaku pelanggan secara drastis,layanan selural yang semakin luas
menjadikan konsumen menjadi semakin mobile,kesedian informasi yang semakin
terbuka mebuat produsen harus jujur kepada pelanggannya,dengan internet
konsumen berubah dari ekslusif menjadi inklusif. Konsumen semakin pintar dan
pemasar harus bisa jadi seperti komsumen. Marketing adalah dunia yang sangat
menarikLayaknya seni,mareketingpun memiliki unsur keindahan .dan hal yang
paling indah dari mareting adalah ketika berhasil mempengaruhi seseorang agar
tertarik dengan produk atau layanan yang kita tawarkan. Proses bagaimana kita
mengambil hati konsumen dan membawa mereka mengikuti alur pikiran kita,dengan
tujuan akhir membeli apa yang kita tawarkan merupakan proses keindahan.
Marketing dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh
menjadi keinginan manusia. Penggabungan ilmu pengetahuan denganseni membuat marketing
menjadi sangat menarik. Dinamisnya dunia markting mebuat teori-teori marketing
pun terus mengalami perubahan sesuai dengan dinamika pasar. Teori tersebut
disebut 4P (Marketing mix),yang menjadi dasar dari ilmu
marketing,marketing,product,place,promotion dan place. Dalam perkembanganya
,dikenal juga 7P diman 3p selanjutnya adalah people(orang)phyisical
evidence(bukti fisik),process(proses). Apa pasal yang membuat dunia marketing
menjadi sangat dinamis? Jawabnya adalah karena prilaku konsumen yang dinamis.sesuai
definisinya,perilaku konsumen (customer behavior) merupakan proses dan
aktivitas yang dilakukan seseorang yang berhubungan dengan
pencarian,pemilahan,pembelian,penggunaan,serta pengevaluasian sebuah produk
atau layanan demi memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen itu sendiri.
Menurut James F.Engel – Roger D.Blackwell-Paul W.Miniard
dalam buku costumer behavior,terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen yaitu lingkunagan,perbedan dan pengaruh individu,sserta pisikologis.
Penjabaranya adalah
·
Pengaruh lingkungan
Terdiri dari
budaya,kelas sosial,keluarga dan situasi.berdampat pada pengambilan keputusan
konsumsi mereka.
·
Perbedaan dan pengaruh individu
Terdiri dari
motivasi dan keteribatan,pengetahuan,sikap,kepribadian,gaya hidup dan demografi.
·
Proses psikologis
Terdiri dari
pengelolahan informasi,pembelajaran,perubahan sikap,dan prilaku.
Selanjutnya
revolusi digital,sejak tahun 1980-an sampai sekarang,teknologi semakin
mengalami perkembangan yang semakin luar biasa yaitu internet. Begitu kuatnya
pengaruh revolusi digital banyak orang yang
menyejarkan dengan revolusi industri yang terjadi pada peride 1750-1850
dimana terjadinya perubahan secara besar-besaran dibidang
pertanian,manufakur,pertambangan,transfortasi,dan teknologi yang berdampak pada
kondisi sosial, ekonomi dan budaya. Revolusi industri terjadi di britania
raya,dan menyebar keseluruh wilayah eropa barat, Amerika utara,jepang dan
akhirnya seluruh dunia.
Dari segi
jumlah,pengguna ineternet di Indonesia memang sudah cukup besar. Berdasarkan
data Markplus Insight yang dirilis pada november 2012 jumlah pengguna di
Indonesia berjumlah 61,08 juta pengguna,atau dengan kata lain 25,7% dari
populasi penduduk. Internet membuat perilaku konsumen jadi berubah dan menjadi
lebih pintar.
Tabel perbandingan
perubahan perilaku pelanggan
Perilaku pelanggan
|
Dulu
|
Sekarang
|
Pencarian
|
-
Informasi produk terbatas
-
Iklan dan material promosi
menjadi satu-satunya sumber informasi
-
- Informasi bersifat positif
|
-
-Informasi produk tidak terbatas
-
goegle menjadi sumber pencari
informasi
-
- kadang informasi bersifat negatif
|
Pemilahan
|
-
Dilakukan secara lansung
-
Harus dilihat disentuh terlebih dahulu
-
Butuh waktu lebih panjang
|
-
Secara online
-
Cukup dengan katalog dan brosur
-
Lebih cepat
|
Pembelian
|
-
Penjual dan pembeli harus bertemu
-
Pembayaran secara tunai
|
-
Penjual dan pembeli tidah harus bertemu
-
Pembayaran bisa di transfer atau melalui kartu kredit
|
Penggunan
|
-
Informasi produk kurang sehingga pelanggan lebih loyal
|
-
Informasi melimpah sehingga pelanggan bisa membandingkan
|
Pengevaluasian
|
-
Dilakukan secara langsung,tatap muka
-
Jumlah audiens terbatas
|
-
Bisa dilakukan online
-
Jumlah audiens tidak terbatas
|
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa teknogi sangat berpengaruh. Di zaman seperti
ini konsumen sudah lebih pintar dengan menggunakan alat komunikasi yang berupa
handphone. Dengan handphone konsumen dapat mengetahui lebih cepat tentang
barang atau jasa apapun yangmereka inginkan. Konsumen bersifat inklusif
,artinya mereka lebih terbuka dalam banyak hal , mulai dari informasi,pergaulan
dan berbagai hal lainya.sifat inklusif ini bisa kita lihat dengan menjamurnya
komunitas. Orang-orang yang memiliki kesamaan membentuk suatu komunitas.
Didalam komunikasi mereka bisa berbagi informasi. Tiu semua membuat tantangan
bagi pemasar semakin berat.pasalnya setiap terjadi perubahan perilaku bagi
konsumen menjadi perhatian bagi pemasar. Karena pada hakikatnya tugas pemasar
mempertemukan kebutuhan konsumen dengan
produk atau layanan yang ditawarkan.
Perubahan bukan
untuk dihindari tapi dihadapi,perubahan perilaku konsumen mengakibatkan
terjadinya perubahan lanskap bisnis.perubahan lanskap bisnis ini menuntut
perusahan untuk mengubah skema atau model bisnis dan tak jarang malah
melahirkan bisnis-bisnis baru. Butuh terobosan dan strategi baru yang tak biasa
untuk menghadapi perubahan yang terjadi.
Di era teknologi
informasi ini,dunia seolah datar dan menjadi satu kesatuan. Batas-batas negara
hanhya berpengaruh pada urusan adminitrastif, sementara dalam konteks
persaingan bisnis, dunia seolah terdiri dari satu negara. Kompetisi bisa datang
dari mana saja, perusahan indonesia tidak hanya bersaing dengan sesama
perusahan seIndonesia saja ,tapi juga bersaing dengan perusahan dari negara
lain. Demikian juga dengan konsumen.
Sekarang konsumen
dari indonesia bisa dengan mudah dapat membeli produk yang ditawakan di sebuah
toko di Amerika tanpa harus pergi ke Amerika. Barang sama,harga sama,hanya
perlu menambah sedikit biaya untuk ongkos kirim saja. Teknologi memang membuat
jarak menjadi tidak relevan. Karena itu, banyak provider yang menawarkan
layanan yang membantu kosumen mengurangi jarak.
Teknologi merupakan
alat pendorong perubahan, nature dari teknologi digital adalah kecepatan
(speed). Dan itulah yang membuat banyak industri konveksi menjadi tidak
relevan. Di era digital, beban biaya bagi konsumen memang dapat ditekan. Biaya
cetak,kertas dan ongkos distributor bisa ditekan.
Kemudian semua itu
akan menuju era Konvegensi, industri telekomunikasi,khususnya telekomunikasi
selular pernah menjadi primadona. Pertumbuhan jumlah pelanggan yang sangat besr
membuat banyak pemain tertari di bisnis ini.tak kurang 10 operator ikut
meramaikan persaingan , baik yang menggunakan jaringan CDMA dan GSM. Jumlah
pesaing yang begitu banyak menyebabkan persaingan yang sangat tajam di antara
para operator. Persainagn yang ketat itu mengakibatkan perang harga. Churn Rate
(tingkat perputaran pelanggan) juga menjadi sangat tinggi. Di Indonesia di
sebut-sebut tingkat Churn Rate yang paling tinggi di dunia yaitu mencapai 9%
dalam sebulan. Sementara di India 4% per bulan,Malasyia 3,7%, filipina 3,1%,
Thailand 2,9%, Cina 2,7%,dan Bangladesh 2,1%. Sekarang ini kondisinya semakin
memburuk. Industri selular sekarang ini mengalami penurunan pendapatan karena
adanya pesan singkat yang tidak menggunakn pulsa. Disinilah butuh kejelian dari
para pelaku bisnis. Saya melihat setidaknya ada dua tren utama yang terjadi di
industri telekomunikasi, yaitu tingkat persaingan dan era konvergensi.ini
ditandai dengan maraknya penggunaan internet,khususnya sosial media. Secara
umum konvergensi adalah kemampuan atau proses integrasi berbagai teknologi yang
meliputi perangkat
keras/terminal(hardware),perngkat lunak (software),isi(content),jaringan
(network)dan layanan(service).karena itu bicara mengenai konvergensi tak lepas
dari sosial media dan internet sebagai penunjangnya. Era konvergensi ini
mengakibatkan perubahan gaya hidup masyarakat,perubahan strategi bisnis,dan perubahan regulasi yang
mengtgantungkan pengguna.
Sekarang ini banyak
perusahan menjadi horizontal.”if you are still govering your organization with
a vertical hierarcy,its time to say goodbye to stucture of the industrial
revolustion,and go horizontal. The information age has its own way of doing
things”. Itu adalah ungkapan Frank Ostoff dalam buku The Horizontal
Organization. Menurut Frank, organisasi horizontal adalah model yang lebih
sesuai dengan kondisi saat ini. Dia mengatakan, perusahan menemukan struktur
ini lebih efektif . dia menekankan perlunya untuk memulai dengan pemahaman
tentang kompetisi inti organisasi dan mengembangkan struktur horizontal dari
sana.
Perusahan telkom
dan perubahan lanskap bisnis yang terjadi di karenakan proses adaptasi dalam
menyikapi berbagi perubahan. Telkom sadar tidak boleh hanya mengandalkan orang
sebagai target pasar harus ada perubahan target pasar agar tetap bertahan.
Dengan mengembangkan 4 jenis layanan yaitu :
1.
Produk atau layanan smart mobility
Dalam hal ini yang nantinya akan menjadi pelanggan adalah pengguna
telepon adalah para pengguna handphone. Nantinya dapat diharapkan nomer
handphone bisa menjadi alamat tetap pelanggan sehingga pergantian handle bahkan
sampai pindah operatorpun bisa
menggunakan nomer yang sama.
2.
Produk atau layanan smart home
Dalam hal ini yang nantinya jadi pelanggan adalah ibu rumah tangga.
Semua penghuni bisa diberikan smart home package lewat trelepon rumah dalam
bentuk IPTV atau PAY_TV bisa di jangkau lewat fiber optic atau fixed-wireless.
Dengan demikian alamat rumah dan chip menjadi sangat penting.
3.
Produk dan layanan smart solution
Pelanggan untuk produk ini adalah kjantor-kantor. Kebutuhan kantor
biasanya memerukan paket yang lebih canggih untuk para penghuninya urusan
kantor juga membutuhkan kecepatan yang tinggi dan storage yang lebih besar.
4.
Produk dan layanan smart machine
Khusus layanan yang satu ini,pelanggan bukanlah orang melainkan mesin.
Nanatinya peralatan rumah tangga sering disebut white good akan terhubung
dengan internet.
Kompetisi di era
digital sudah tak mengenal batas wilayah dan industri. Karena itu buka mata
lebar-lebar untuk memantau setiap pergerakan yang terjadi di pasar. Terobosan
dalam strategi sangat dibutuhkan, karena cara-cara lama sudah tidak relevan
dengan perkembangan yang ada. Butuh strategi dan terobosan baru yang belum
pernah ada sebelum
Untuk mencapai
suatu tujuan,terkadang kita harus melakukan cara-cara yang tidak lazim, bahkan
bersifat kontradiktif terhadap yang biasanya dilakukan. Segmentasi terbalik
adalah dengan tidak mesegmentasikan. Menurut filosofi paradoks adalah
berlawanan tapi saling melengkapi,sedangkan yin dan yang adalah situasi
berlawanan namun menggambarkan kesimbangan.
“ I must be cruel
only to be kind “,demikian dialog dalam serial drama kolosal karya William
Shakespeare Halmet. Jika di lihat sekilas,pernyataan tersebut sangat bertolak
belakang.mungkinkah sesorang menjadi baik karena melakukan kejahatan?
Definis paradoks
menurut Webster mendefinisikan paradoks sebagai suatu pernyataan yang
kelihatanya kontradiktif,sulit untuk dipercaya,kelihatanya mengada-ada,tetapi
bisa jadi benar dalam kejadian sehari-hari. Ada paradoks yang memiliki jawaban.
Tapi ada juga paradoks yang taj terpecahkan atau hanya terpechkan dengan
perdebatan. Adapun filosofi Yin dan Yang zaman cina kuno banyak melahirkan
kisah legenda dan misteri yang hingga saat ini masih terus memberi pengaruh
yang kuat terhadap peradaban dunia. Secara turun temurun kisah atau misteri
tersebut menyebar ke berbagai belahan dunia. Simbol para penganut Taoisme kini
telah menjadi simbol utama dan telah dikenal diseluruh dunia. Yin dan Yang
digambarkan dengan sebuah lingkaran yang terdiri dari dua warna,hitam yang
mewakili yin dan putih yang mewakili yang.tak heran jika simbol ini sering di
jadikan sebagai simbol kesimbanagan. Sekarang memang era paradoks. Jangan
pernahterpaku pada satu teori,karena memang zaman telah berubah. Tingkat
persaingan yang sudah masuk tahap hyper competition membuat kita harus lebih
jeli dan kreatif dalam mengembangkan strategi pemasaran agar dapat terus mencapai
pertumbuhan sesuai yang diharapkan.
Part
II
The
Principles
Beberapa filosofi dan pemikiran yang menginspirasikan
lahirnya Paradoks Marketing. Value Equation yaitu benefit sebuah produk menjadi
pertimbangan konsumen dalam membeli. Paradoks marketing menjai strategi untuk
melahirkan produk berkonsep more for less dan less for more. Polarity
management yaitu mengambil yang tebaik dari dua yang kutub yang berlawanan.
Blue ocean stategy yaitu menjadikan persaingan menjadi tidak relevan. Buyer as
seller yaitu menjadikan konsumen
sekaligus sebagai penjualn melalui komunitas. Berfikir mega yaitu
mengawali dari akhir mengajak agar berfikir secara mega bukan makro,apalagi
mikro.
Secara singkat paradoks marketing adalah sebuah konsep
marketing yang memanfaatkan konsep polaritas 4 P, yang sangat
berlawanan,sehingga menciptakan pendekatan yang tidak biasa(unsual)untuk
menciptakan hasil yang luar biasa. terdapat emat pilar yang dapat digunakan
sebagai pengungkit atau leverage untuk menciptakan paradoks marketing. Untuk
setiap pilar,terdapatdua kutub (polar) yang bisa menciptakan kombinasi unik
dalam penentuan startegi dan implementasi paradoks marketing. Emapt pilar,
berserta dua kutub-nya adalah
Place,Private-public,Product,Enterprice-consumer,Price: Wholesale-Retail,Promotion
:Social-Personal.
Ciptakan paradoks,andalkan empat pengungkit .Sebagai
landasan strategi atau the foundation terdapat tiga elemen, yaitu segmentation,
operating model, dan positioning. Sedangkan aspek tactical terbagi dua yaitu
supporting tactical dan main tactical. Supporting tactical terdiri dari tiga
pilar yaitu product,price dan promotion.dan dalam main tactical yaitu ada
elemen price.setiap elemen mengandung unsur paradoks. Elemen pertama Strategy
foundation adalah segmentasi. Elemen ini memberi panduan terhadap pencarian dan
penentuan segmen. Elemen kedua adalah
targeting,target market adalah sesuatu yang cepat berubah sehingga saya
menyebutkan moving target. Selanjutnya ,setelah kita menentukan target maka
kita bisa mengatur positioning kita relatif terhadap pesaing.kemudian main
tactic the top maksudnya adalah kita harus mempunyai taktik utama yang bisa
menjadi kunci menuju sukses. Selanjutnya Supporting tactic/The Pillars yaitu
produk yang di pasarkan harus bisa menarik konsumen. Pilar place suatu
perusahan yang bersifat private saat produk atau layan yang ditawarkan hanya
bisa diakses oleh sebagian kecil masyarakat. Mem –public-kan private,startegi
ini bertujuan untuk membuat produk yang lazimnya bersifat terbatas untuk kalangan
tertentu saja menjadi dapat dikses oleh sebanyak mungkin orang.
Selanjutnya 4 step Paradoks Marketing Toolkit yaitu :
1.
Positioning your current situation
2.
Recognize leverage possibillity
3.
Do paradoks strategies
4.
Extend sustainably
1.
Positioning your current situation
Di langkah ini ,yang harus dilakukan adalah melihat secara internal dan
memetakan strategi pemasaran yang sedang di terapkan. Langkah ini penting
sebelum memijakan ke paradoks marketing. Jika posisi saat ini tidak bisa di
tentukan di jelaskan secara pasti mustahil suatu perusahan dapat mulai
mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan menciptakan paradoks.
2.
Recognize leverage possibility
Setelah langkah ini telah dipetakan dengan pasti,langkah selanjuitnya
adalah melakukan identifikasi kemungkinan memanfaatkan leverage. Langkah ke dua
langkah yang paling sulit.dibutuhkan kemampuan untuk secara jujur melihat
kekuatan dan kelemahan yang di miliki perusahan saat ini . selanjutnya
kemampuan merubah diri ,dan sejauh mana kemampuan di kemabangkan untuk mencaoai
tujuan yang diharapkan.
Langkah ke tiga kemungkinan menciptakan solusi yang berstandarisasi juga
menjadi penentu disini.
3.
Do paradoks strategies
Setelah melalui tahapan di tahapan ke dua, tentu akan mengetahui
strategi marketing apa yang akan diambil. Ada beberpa inisiatif yang bisa
diterapkan oleh suatu perusahan dalam rangka menciptakan paradoks yang
diinginkan. Inisiatif adalah tindakan generik yang tentunya dapat dikemabangkan
lebih dalam sesuai dengan kondisi spesifikasi.
4.
Extend sustainably
Tahap terakhir dari toolkit adalah berbicara mengenai perspektif jangka
panjang perusahan. Yaitu memastikan bahwa strategi ini bisa sukses secara
berkelanjutan .
Perilaku konsumen
yang terus berubah dan lanskap bisnis yang dinamis senantiasa menjaanjikan
tantangan-tangan baru bagi para marketer. Di tengah situasi yang serba tak
menentu ini marketer tidak henti-hentinya mencoba menemukan pola bisnis baru
yang bisa menawarkan keseimbangan antara berbagai faktor yang seakan
bertentangan. Paradoks marketing adalah sebuah konsep marketing yang
memanfaatkan polaritas unsur 4p,yang saling berlawanan, sehingga menciptakan
pendekatan yang tidak biasa (Usualy) untuk menciptakan hasil yang luar
biasa.Paradoks digagas oleh Arief Yahya Direktur utama PT.Telkom Indonesia dan
dikemabngkan selama bertahun-tahun semenjak masih menjadi Direktur Enterprise
dan Wholesale perusahan telekomunikasi terbesar di indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar