Jangan merasa rugi menerbitkan dan menyebar kupon diskon.
Selain tak mahal, ia efektif memperluas pangsa pasar.Salah satu alat pemasaran yang kerap diabaikan orang dalam
mengembangkan pasar adalah kupon diskon.
Padahal, kupon semacam itu pengaruhnya
besar bila digunakan dengan baik. Al lautenslager, seorang pakar pemasaran
gerilya (guerilla marketing) dan pendiri market for profit, perusahaan
kunsultasi pemaaran berkantor pusat di Chicago, meyakini hal ini. Sebagaimana
ia menuliskannya dalam kolomnya di www.entrepreneur.com,
ia mengatakan tidak perlu diragukan lagi bahwa kupon merupkaan alat pemasaran
yang selain efektif, juga murah dan cepat terukur.
Mengapa kupon diskon efektif?
Menurut lautenslager, ia efektif karena siapa saja senang
menghemat uangnya. Manakala pelanggan menganggap kupon diskon sebagai slah satu
cara mengirt atau dlaam kasus tertentu mendapatkan sesuatu secara gratis,
disisi lain perusahaan menempatkannya sebagai alat pemasaran yang murah. Sebab
pelanggan yang berkunjung ke took anda untuk menggunakan kupon didapatkannya,
umumnya membelanjakan lagi uangnya di took itu lebih banyak dari yang mereka
rencanakan. Lebih lanjut, kupon tepat digunakan untuk menciptakan kejutan
singkat terutama terhadap perputaran barang yang sudah cenderung mapan. Dan ia
akan lebih efektif lagi jika difokuskan pada produk atau jasa yang simple.
Dibandingkan dengan upaya marketing lainnya, kupon tak
terlalu membebani usaha. Percaya atau tidak, kupon yang ditukarkan kembali oleh
pelanggan tak lebih dari 3 %. Namun jangan dulu sinis. Sebba bukan berarti itu
menandakan manfaat kupon ternyata rendah. Adanya kupon akan meningkatkan
kredibilitas dan kesadaran (awareness) pelanggan terhadap perusahaan anda,
produk dan jasa dan juga merek anda.
Kupon umum digunakan dalam usaha kebutuhan sehari-hari,
namun diluar itupun banyak sudah yang menrbitkan kupon mereka, secara online
maupun di surat kabar. Banyak usahawan yang sudah meluncurkan kupon diskon atau
kupon gratis, semisal untuk potong rambut gratis, sepatu menonton film,
mengganti oli, cucui pakainan dan sebgainya.
Dalam dunia pemasaran langsung, kupon merupakan alat paling
nyata untuk menghasilkan respons dari para pelanggan potensial yang jadi
bidikan anda. Kupon menjadi insentif langsung untuk dating ke took anda. Dan
seklai mereka dating, anda mempunyai kesempatan besar untuk menjula lebih
banyak produk dan membina hubungan lebih lanjut dengan pelanggan tersebut.
Satu lagi kelebihan kupon adalah ia gampang terukur. Dengan
mengetahui siapa saja yang benar-benar menukarkan kembali kupon anda, dimana
mereka mendapatkannya, dpaat mempertajam anda untuk merumsukan promosi anda.
Untuk itu dengan membuat kode tertentu untuk tempat tertentu pada kupon, akan
membantu anda menelusuri jejak kupon tersebut.
Dimana mempelajarinya ?
Menurut lautenslager, tidak perlu jauh-jauh. Ia ada
disekitar kita. Dikotak surat anda bahkan mungkin telah tertumpuk kupon-kupon
semacam itu. Perhatikan lagi. Mana yang paling menarik perhatian anda? Dan
mengapa ia begitu menarik? Apa yang menyebabkan amata anda segegra tertuju
kepadanya? Apa kelebihannya disbanding yang lain?
Sumber : cara konkrit bikin duit, 1 september 2006,
hal.59.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar