Senin, 24 Maret 2014

Kupon Discount : Sudah Murah Meriah Tepat Sasaran

Jangan merasa rugi menerbitkan dan menyebar kupon diskon. Selain tak mahal, ia efektif memperluas pangsa pasar.Salah satu alat pemasaran yang kerap diabaikan orang dalam mengembangkan pasar adalah kupon diskon. 

Padahal, kupon semacam itu pengaruhnya besar bila digunakan dengan baik. Al lautenslager, seorang pakar pemasaran gerilya (guerilla marketing) dan pendiri market for profit, perusahaan kunsultasi pemaaran berkantor pusat di Chicago, meyakini hal ini. Sebagaimana ia menuliskannya dalam kolomnya di www.entrepreneur.com, ia mengatakan tidak perlu diragukan lagi bahwa kupon merupkaan alat pemasaran yang selain efektif, juga murah dan cepat terukur.

Mengapa kupon diskon efektif?
Menurut lautenslager, ia efektif karena siapa saja senang menghemat uangnya. Manakala pelanggan menganggap kupon diskon sebagai slah satu cara mengirt atau dlaam kasus tertentu mendapatkan sesuatu secara gratis, disisi lain perusahaan menempatkannya sebagai alat pemasaran yang murah. Sebab pelanggan yang berkunjung ke took anda untuk menggunakan kupon didapatkannya, umumnya membelanjakan lagi uangnya di took itu lebih banyak dari yang mereka rencanakan. Lebih lanjut, kupon tepat digunakan untuk menciptakan kejutan singkat terutama terhadap perputaran barang yang sudah cenderung mapan. Dan ia akan lebih efektif lagi jika difokuskan pada produk atau jasa yang simple.

Dibandingkan dengan upaya marketing lainnya, kupon tak terlalu membebani usaha. Percaya atau tidak, kupon yang ditukarkan kembali oleh pelanggan tak lebih dari 3 %. Namun jangan dulu sinis. Sebba bukan berarti itu menandakan manfaat kupon ternyata rendah. Adanya kupon akan meningkatkan kredibilitas dan kesadaran (awareness) pelanggan terhadap perusahaan anda, produk dan jasa dan juga merek anda.
Kupon umum digunakan dalam usaha kebutuhan sehari-hari, namun diluar itupun banyak sudah yang menrbitkan kupon mereka, secara online maupun di surat kabar. Banyak usahawan yang sudah meluncurkan kupon diskon atau kupon gratis, semisal untuk potong rambut gratis, sepatu menonton film, mengganti oli, cucui pakainan dan sebgainya.

Dalam dunia pemasaran langsung, kupon merupakan alat paling nyata untuk menghasilkan respons dari para pelanggan potensial yang jadi bidikan anda. Kupon menjadi insentif langsung untuk dating ke took anda. Dan seklai mereka dating, anda mempunyai kesempatan besar untuk menjula lebih banyak produk dan membina hubungan lebih lanjut dengan pelanggan tersebut.

Satu lagi kelebihan kupon adalah ia gampang terukur. Dengan mengetahui siapa saja yang benar-benar menukarkan kembali kupon anda, dimana mereka mendapatkannya, dpaat mempertajam anda untuk merumsukan promosi anda. Untuk itu dengan membuat kode tertentu untuk tempat tertentu pada kupon, akan membantu anda menelusuri jejak kupon tersebut.

Dimana mempelajarinya ?
Menurut lautenslager, tidak perlu jauh-jauh. Ia ada disekitar kita. Dikotak surat anda bahkan mungkin telah tertumpuk kupon-kupon semacam itu. Perhatikan lagi. Mana yang paling menarik perhatian anda? Dan mengapa ia begitu menarik? Apa yang menyebabkan amata anda segegra tertuju kepadanya? Apa kelebihannya disbanding yang lain?

Sumber : cara konkrit bikin duit, 1 september 2006, hal.59.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...