What the best marketers know, do and say
2nd Edition by , Richard Hall
Marketing has never been so important because business has never been so competitive.Brilliant Marketingshows you how you can devise and execute winning marketing strategies. With practical advice from start to finish, this updated new edition gives you the lowdown on what works and shows you how to carry out the most alluring marketing campaigns around, so you can attract, engage and retain customers.
KELINCI FLAMBOYAN
2nd Edition by , Richard Hall
Marketing has never been so important because business has never been so competitive.Brilliant Marketingshows you how you can devise and execute winning marketing strategies. With practical advice from start to finish, this updated new edition gives you the lowdown on what works and shows you how to carry out the most alluring marketing campaigns around, so you can attract, engage and retain customers.
KELINCI FLAMBOYAN
Ada cerita ilustrasi mengenai kelinci
flamboyan, yang mana cerita menerapkan makna tentang dunia marketing yang inti
dari cerita adalah kerja sama antara kelinci dan macan.
Dengan
adanya kerja sama tersebut, masing-masing mendapatkan keuntungan. Yaitu kelinci
tidak perlu menghindari terkaman binatang buas dan macan tidak perlu berburu,
karena telah disediakan oleh kelinci. Hal ini dijelaskan karena banyak orang
yang ingin menjual suatu produk seorang diri dan tidak mau berkerja sama dengan
orang lain. Seperti halnya yang terjadi pada marketing dalam bisnis multi level
marketing (MLM) dan jasa asuransi, sama-sama memiliki satu kelemahan yang sama,
yaitu mereka menganggap bahwa produk mereka lebih bagus dan merasa mempu
menjual tanpa bantuan siapapun. Mereka tidak sadar bahwa sebetulnya ada begitu
banyak kerjasama yang bisa dilakukan tanpa harus seseorang menjadi nasabah atau
agen dari perusahaan tersebut. Penulis membahas tentang pengelolaan keuangan. Dan betapa indahnya jika
bekerja sama dengan agen asuransi. Fakta membuktikan bahwa ada banyak orang
yang lebih nyaman dan percaya mendapatkan penjelasan tentang asuransi dari
seorang penulis yang independen daripada dari seorang agen asuransi. Hal ini
dikarenakan penjelasan dari pihak asuransi kurang bekerja sama.
Hal
yang sama juga terjadi pada multi level marketing, mereka menganggap bahwa
system pemasaran MLM adalah sebuah jimat yang hanya boleh dijalankan dan tidak
boleh diotak-atik. Padahal saat ini internet berkembang dengan pesatnya.
Alangkah baiknya jika system MLM digabungkan dengan internet sehingga bisa menjalankan
MLM tanpa harus kehilangan waktu dan
energi.
Pembahasan
diatas dapat menjadi cerminan bahwa dunia ini begitu kompleks dan beragam,
dipenuhi dengan begitu banyak pihak yang
memilki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Akan selalu terbuka kesempatan
untuk berkolaborasi dengan pihak lain demi keuntungan bersama.Kita sebagai
marketer adalah memikirkan apa yang menjadi keunggulan dibidangnya, dimana
bidang tersebut bisa kita padukan dalam sebuah kerja sama yang saling
menguntungkan. Jika hal itu dapat dilakukan, bisa dipastikan kita akan mencapai
penjualan yang jauh lebih memuaskan namun dengan upaya yang jauh lebih ringan.
THE
POWER OF FACEBOOK
Saat
ini hampir semua orang mengunakan intenet, memiliki dan membuka akun facebook (FB)
setiap hari. Dan facebook sendiri merupakan sesuatu yang fenomenal dimana
perkembangannya sangat pesat, penggunanya dari anak-anak hingga lanjut usia.
Hal ini sangat menguntungkan karena dengan mempunyai banyak teman di facebook,
kita juga dapat menawarkan produk yang kita jual kepada mereka. Untuk lebih
menarik perhatian mereka, kita bisa memberikan harga teman alias harga yang
sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan.
Pelaksanan
bisnis dengan facebook yaitu dengan memanfaatkan sarana yang tersedia seperti
dengan menggunakan media gambar kepada teman , membuat catatan khusus, undangan
group dan banyak hal lainnya.
Meskipun
facebook dapat digunakan sebagai sarana marketing, tetapi kita tetap harus
ingat fungsi terbuat Facebook itu sendiri sebagai social networking, sehingga
ada beberapa kaidah yang harus kita jaga. Bahasa yang santun dalam penggunaan
dan penanaman kepercayaan juga bersifat tidak memaksa. Jika hal tersebut tidak
dilakukan hanya akan merugikan diri sendiri, karena akun kita bisa diblokir.
Mulai
sekarang lihatlah facebook dari kacamata yang lebih brilliant dan manfaatkan
facebook dengan bijaksana untuk mendukung upaya marketing yang sedang
dilakukan.
VIRAL MARKETING
Email
merupakan sarana social secara electronic yang multifungsi, dengan email kita
dapat mengirim gambar atau foto, cerita dan data-data yang kita ingin kirimkan
atau yang teman kita kirimkan. Dalam email sering terjadi dimana sang penbuat
email hanya melakukan pengiriman sekali saja, pada awalnya, tetapi email
tersebut berjalan dengan sendirinya dari satu mailbox ke mailbox lainnya.
Proses
tersebarnya email tanpa campur tangan pembuatnya tersebut dikenal dengan
istilah viral marketing. Dimana kita dapat menjual sesuatu dengan membuat
sebuah article yang bermakna dan menarik perhatian.
Jika
kita ingin menjual produk berupa suplemen makanan kesehatan, maka buatlah artikel yang
berkaitan dengan dunia kesehatan. Artikel yang kita buat harus sesuai dengan
produk yang akan kita jual, sehingga membuat pembaca berminat
MENCARI RELASI
Dalam
rutinitas harian kita banyak bertemu dengan banyak orang dan jika kita ingin
membuka suatu komunikasi, hal pertama
kali yang dilakukan adalah dengan senyuman baru anda menyapa tetapi, bagaimana jadinya
jika tidak ada senyuman dalam perbincangan, hal yang mungkin terjadi adalah
komunikasi hanya akan berlangsung sebentar saja.
Mengapa
diluar sana banyak orang yang enggan tersenyum
pada orang lain, hal ini dikarenakan banyak orang yang takut dianggap
sok dekat atau mempunyai motif jahat dengan pura-pura baik. Dalam bab ini
dibahas kiat-kiat untuk memulai suatu pertemanan dengan orang yang belum pernah
kita kenal
1.
senyum dan menyapa lebih dulu dan tanyakan sesuatu yang pasti bisa dijawab.
2.
memiliki kartu nama
3.
berbicaralah mengenai kehidupan sehari-hari seperti kita sedang menguliti
bawang
Jika
kita dan teman baru tersebut sama-sama merasakan kecocokan ketika
berbincang-bincang pada kesempatan perdana tersebut maka biasanya kita bisa
melanjutkan untukberbincang-bincang pada kesempatan yang berbeda dengan status
benar-benar sudah menjadi teman atau relasi.
Semakin
kita kenal lebih dalam maka pada akhirnya pasti kita akan melakukan pertukaran
informasi dan peluang termasuk membicarakan produk yang menjadi bisnis kita
INGAT
..INGAT...
Pada
saat kita membeli suatu benda yang harga cukup mahal, biasanya kita selalu
dilayani oleh satu sales. Tapi apakah kita ingat siapa nama sales tersebut.
Kebanyakan orang tidak pernah mengingat siapa yang melayani kita ketika waktu
membeli mobil, motor atau barang- barang yang lain. Mengapa hal ini dapat
terjadi? Bukankah waktu transaksi masuk
tahap negosiasi, sering kali kita berhubungan sangat intensif dengan mereka?
Jika hal ini terjadi, itu bukanlah kesalah
kita, melainkan kesalahan mereka. Kita adalah konsumen, sudah seharusnya
merekalah yang harus berusaha melakukan banyak hal supaya kita dapat meningat
mereka.
Dalam
marketing agar hal tersebut tidak terjadi maka kita harus selalu mengingat
eksistensi kita pada mereka. Kita harus
memelihara komunikasi dan hubungan dengan teman-teman kita. Hal ini guna agar
konsumen setelah membeli produk yang kita tawarkan selalu ingat dengan kita,
dan jika sewaktu-waktu konsumen membutuhkan bantuan orang pertama yang ingat
adalah kita.
Tenaga
penjual yang brilliant harus melakukan terobosan. Kita harus tetap membangun
dan memelihara hubungan pertemanan dengan siapapun baik dengan klien besar
maupun kecil, baik sebelum transaksi terjadi atau setelah transaki .
Kita
harus selalu melakukan segala upaya untuk memberitahukan kepada teman-teman
kita, siapapun itu bahwa kita masih hidup, masih eksis, dan masih menjalin
hubungan pertemanan, baik melalui telepon, sms, update status pada akun
facebook ataupun melalui via email.
SOFT
SELLING
Soft
selling atau yang disebut penjualan yang tidak memaksa. Siapapun ingin mencari
teman bukan mencari penjual. Jadi jangan pernah menjadikan seseorang sebagai
target pemasaran anda sehingga anda bersedia melakukan apa saja sampai terjadi
transaksi.
Ketika
kita menjadikan seseorang target pemasaran maka dengan sendirinya orang
tersebut akan membangun sebuah tembok untuk komunikasi lebih lanjut dengan
kita. Dinding pemisah yang sangat tinggi akan diciptakan oleh orang tersebut sehingga
orang tersebut akan berusaha selalu menghindar dari kita.
Sebagai
tenaga marketing yang brilliant kita harus melakukan penjualan secara lembut
alias soft selling. Seperti kita berusaha menjelaskan dengan baik dan
bersahabat kepada calon klien kita sehingga mereka merasa nyaman untuk bertanya
banyak hal karena merasa tidak ada paksaan atau ikatan harus terjadi transaksi.
Semangat
dan kerja keras kita harus diterapkan pada tempat yang benar yaitu kita harus
selalu semangat dan bekerja keras untuk menawarkan produk kita pada orang yang
berbeda, dan setiap kali ada penolakan segeralah bertindak untuk menawarkan
produk kita kepada orang yang lain lagi.
Soft
selling terbukti tetap bisa menciptakan transaksi secara efektif dan juga
menciptakan suasana pertemanan yang sangat hangat dan langgeng.
MEDIA IKLAN
Iklan
adalah jawaban bagaimana caranya supaya bukan kita yang mencari klien tetapi
klienlah yang mencari kita untuk mendapatkan informasi produk dan melakukan
transaksi. Untuk media sendiri bisa melalui iklan radio, televisi, plakat,
brosur maupun media internet.
Media
iklan bisa dibilang berhasil ketika orang sudah bersedia menghubungi kita untuk
menanyakan produk yang kita pasarkan. setelah itu mulailah memikirkan berbagai
kreatifitas dalam iklan sehingga minat konsumen bertambah, seperti saat ini
media ini sangat berkembang pesat dengan berbagai macam kreasi iklan yang
menarik.
Memang
jika dihitung biaya iklan terbilang mahal tetapi, jika kita kalkulasikan lagi
biaya iklan di kali kan dengan jumlah audience yang menonton, hal itu terbilang
tidak terlalu mahal dan tanpa harus menanggung malu karena mendapatkan
penolakan dari banyak orang.
Saat
ini media iklan melalui internet sudah berkembang dengan begitu cepat dan murah.
Kita harus sigap dalam memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk mendukung
apa yang sedang kita kerjakan termasuk upaya penjualan yang kita lakukan setiap
hari.
MELAYANI
Salah
satu kelemahan yang sering dipelihara oleh begitu banyak tenaga pemasaran adalah
tidak bersedia melayani konsumennya setelah transaksi berhasil dilakukan.
Inti
dari bab ini adalah tentang bagaimana kita harus melayani klien kita, nasabah,
konsumen kita setelah melakukan pembelian. Pelayanan tersebut bisa dilakukan
dengan banyak hal, apapun produk yang kita jual, kita harus berusaah untuk bisa
melayani konsumen dengan sepenuh hati.
Tenaga
pemasaran yang brilliant adalah apapun keluhan konsumen kita harus terima lebih
dahulu dan dibahas dengan kepala dingin. Meletakkan permasalahan diatas meja.
Dengan demikian kita bisa melihat dari atas dan bisa menemukan jalan keluarnya
yang menguntungkan semua pihak.
Jangan
pernah meremhkan keluhan yang disampaikan oleh seorang konsumen. Jika konsumen
mengeluh tentang suatu produk maka mereka akan lebih mudah menceritakannya
kepada sekian banyak orang stsu temen-temannya tentang keburukan produk. Hal
ini akan merugikan perusahaan itu sendiri.
Pelayanan
yang baik juga membuat citra atau image perusahaan baik, maju dan berkembang.
Perusahaan yang brilliant dapat meyakinkan para calon pembeli dengan qualitas
produk yang ditawarkan.
SMART
COMMUNICATION
Dalam
dunia marketing yang harus kita terapkan adalah berkomunikasi dengan klien,
saat ini ada banyak tenaga penjual yang hanya memfokuskan diri untuk menguasai
produk yang dijualnya tanpa mau mengetahui apa yang sesungguhnya dihargai oleh
calon kliennya.
Berkomunikasi
yang baik yaitu dengan kita mengetahui apa yang dihargai oleh orang lain.
Karena biasanya kita mudah berkomunikasi dengan orang baru ketika memiliki
kesamaan dalam hal apa yang dihargai dalam hidup ini.
Perbedaaan
penggunaan bahasa bisa menhasilkan hubungan pertemanan yang berbeda. Tidak ada
salahnya kita selalu mencoba untuk mencari tahu berbagai macam bahasa terutama
berkaitan dengan kata-kata yang bisa membuat seseorang merasa terhormat
Menciptakan
suasana yang menarik dan hangat dalam setiap pembicaraan yang kita lakukan.
Kita juga harus bijaksana, sesuatu yang hangat belum tentu menarik, demikian
juga sesuatu yang menarik belum tentu hangat. Kita harus pintar-pintar memilih
tema pembicaraan.
Jika
sudah lebih dulu mengawali sebuah komunikasi dengan sangat indah maka biasanya
pada tahap selanjutnya justru bisa berdiskusi mengenai produk yang dipasarkan.
Ingat pada saat itu terjadi jangan menjadikan kawan bicara kita sebagai
satu-satunya target penjualan. Biarkan semuanya mengalir sehingga suatu saat
justru dialah yang meninginkan sebuah transaksi dilaksanakan.
TEMBAK
GAJAH
Dalam
pemasaran sebuah produk harus disesuaikan dengan target pasar atau segmen pasar yang dituju. Menembak gajah
bisa diartikan dalam hal besar kecilnya transaksi. Atau lebih jelasnya adalah
berkonsentrasi untuk menciptakan sebuah transaksi dengan klien besar atau
transaksi dengan nominal besar.
Hal
ini dilakukan guna memperkecil resiko dan tingkat keberhasilan. Oleh karena itu
penting untuk dipikirkan memilih apakah mau menjual produk kepada besar atau
kecil. Jika produk yag dijual tidak membutuhkan pelayanan lanjutan maka kita
bisa memilih untuk membidik segmen kelas. Contoh, jika menjual produk
investasi, fokuskan untuk menawarkan produk tersebut hanya pada orang yang
menutut perkiraan sudah memiliki property lebih dari satu.
Ini
adalah sebuah tips brilliant namun masih sedikit yang memakai ini untuk
pemasaran. Karena masih banyak pemikiran bahwa dengan berbagi komisi akan
memperkecil penghasilan. Berbagi komisi yaitu dengan mencari partner kerja
dengan system berbagi komisi jika transaksi berhasil.
Hal
ini banyak dilakukan untuk perusahaan bersifat multi level marketing,asuransi
dan perusahaan jasa lainnya. Dimana
untuk pembagian komisi berbeda, tergantung dari besar kecilnya transaksi. Makin
besar transaksi, makin besar juga komisi yang didapatkan.
Dalam
pemasaran berbagi komisi dapat membuat jaringan bertambah sehingga menambah
dapat menambah jumlah klien. Hal ini bisa yang membuat bisnis berkembang,
tetapi kelemahan dari system ini adalah jika jaringan kurang kreatif dalam
berpromosi dapat meruntung jaringan itu sendiri.
Oleh
karena itu sebagai owner harus selalu memberikan spirit, dukungan dan kerjasama
yang baik untuk mempererat dan meningkatkan jaringan itu sendiri. Dan
memberikan komisi yang layak bagi jaringan dan member sesuai dengan upaya
promosi yang dilakukannya.
Jadi
sekarang, jika kita ingin menjual suatu produk, tidak ada salahnya kita
berpikir berapa persen dari komisi kita yang siap untuk kita bagikan kepada
mitra kita.
LOMADA
SELLING
Pada
umumnya pemikiran orang barat adalah menganjurkan untuk focus dalam hal apapun
juga. Seperti daripada kita menjual banyak barang akan lebih baik jika kita
menjual satu barang kepada banyak orang. Hal ini tidak salah dan memang
terbukti berhasil membawa seseorang kepada kesuksesan.
Ingat
bahwa kesuksesan seorang penjual adalah ketika bisa mmenuhi apa yang konsumen
butuhkan. Focus untuk melakukan penjualan hanya pada satu produk yang kita
kuasai. Tetapi yang jauh lebih baik jika kita tidak menutup peluang lain yang
mungkin dibutuhkan oleh orang lain.
Prinsip
dari lomada selling ini adalah apapun barang yang dibutuhkan akan diusahakan.
Hal ini sangat bermanfaat karena jika ada konsumen yang merasa apa yang
dibutuhkan dapat didapatkan dari apa yang kita jual, maka otomatis konsumen
tersebut akan mempromosikan dari mulut ke mulut. Ketika mereka tertarik maka
kita bisa merekomendasikan kepada teman-temannya. Kita pun bisa menjadi semakin
dipercaya klien. Kelak jika suatu saat mereka membutuhkan informasi mengenai
hal baru, kita akan menjadi orang pertama yang akan dihubungi.
SITUS
PRIBADI
Cara
terbaik untuk memperkenalkan diri dan kualitas kita melalui media internet,
yaitu dengan membuat alamat situs pribadi atau website pribadi yang akan
mengungkapkan siapa diri kita dan kualitas kita.
Website
pribadi kita tersebut bisa berupa blog. Dengan memanfaatkan blog maka kita bisa
menulis apapun juga seperti article dan kemudian dipostingkan kedalam blog.
Artikel bisa berupa pertanyaan yang sering kali diajukan kepada kita atau
pandangan serta pemikiran kita terhadap sebuah ide yang berkaitan dengan produk
yang kita pasarkan.
Dengan
begitu diharapkan, seseorang yang membuka situs kita akan mendapatkan informasi
yang sangat memuaskan tentang produk yang kita pasarkan dan juga tentang
seberapa cakapnya kita melakukan proses transaksi. Dan tuliskan alamat blog pada kartu nama, sehingga selain
alamat website perusahaan, pemegang kartu nama kita juga bisa mengunjungi
alamat blog kita.
Sebagai
tenaga pemasaran yang professional maka ketika berada pada ruang publik tentu
kita harus menjaga image yang menempel pada diri kita. Seperti facebook saat
ini bisa dikatakan sebagai salah satu ruang public, jadi alangkah baiknya jika
kita tetap berlaku wajar dan sopan ketika menuliskan sesuatu pada dinding facebook.
Manfaatkanlah
semua sarana yang ada secara bijaksana dan jangan pernah berhenti belajar
sebelum kita berhenti bernafas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar