Neuro-Linguistic-Marketing
Menurut Stanton,pemasaran adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memenuhi kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
.
Menurut Kotler,pemasaran adalah proses sosial
yang didalamnya individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan atau
inginkan dengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk dan jasa yang
bernilai kepada pihak lain.
.
Marketing menurut Amrican Marketing Association(AMA) as ”the
activity,set of institutions,and processes for
creating,communicating,delivering,and exchanging offerings that have value for
customers,clients,partner,and society of large”
Menurut Chartered Institute of Marketing ,adalah
proses manajemen yang dapat
mengidentifikasi ,mengantisipasi dan memuaskan permintaan pasar untuk
memperoleh keuntungan.
.
Menurut penulis,
pemasaran adalah bagaimana menemukan cara berkomunikasi dengan pasar sehingga
produk dan jasa yang ditawarkan oleh para penjual akan lebih efektif dan
efisien.
.
Konsep dasar pemasaran
1.
Produksi,yaitu
bagaimana menekan biaya produksi yang serendah mungkin untuk memperoleh
keuntungan yang besar.
2.
Produk dan
jasa,yaitu menekankan produk yang superior ,dengan kualitas dam manfaatnya
dengan pertimbangan diterima atau tidaknya produk tersebut oleh pasar .
.
3.
Penjualan,yaitu
menekankan bagaimana agar produk tersebut dapat dijual kepada target market.
4.
Pemasaran,yaitu
menempatkan pelanggan sebagai jantung dari sebuah usaha.Organisasi usaha akan
mencoba mengerti apa yang dibutuhkan pasar dengan cara melakukan riset-riset pasar.
.
Indera yang dipakai dalam menemukan dan menjaga
pelanggan.
Agar kita dapat menemukan kebutuhan pasar
maka kita perlu memanfaatkan kemampuan indera kita secara maksimal sehingga
kita akan peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh pasar .
Dalam menangkap informasi dengan
mengandalkan penglihatan,kita dapat menemukannya di media surat
kabar,Koran,majalah,selebaran,keadaan sesungguhnya di pasar dan internet.Untuk
mendengar informasi bisa melalui media radio,televisi dan dari percakapan orang
sehari-hari.Dan untuk merasakan apa yang terjadi sehari-harinya sangatlah
penting untuk berintaraksi secara langsung di lapangan untuk dapat mencari
peluang yang bisa ditawarkan ; .
.
1.
Push costumer,adalah menciptakan ,mengemas produk dan jasa yang
berdasarkan riset internal.Semua informasi yang didapatkan hanya berdasarkan
idealisme perusahaan
.
.
2.
Pull costumer,adalah mencari,mengetahui dan memahami apa pikiran
dari para pelanggan .Hal ini harus
didapatkan dengan survey,data dan informasi yang didapatkan bisa dari berbagai
sumber ,baik above tha line maupun below the line
Neuro marketing
Penulis menyusun sebuah konsep
marketing dengan memaksimalkan kelima indera .Adapun pendekatan penulisan
dilakukan dengan beberapa unsur :
1.
VACOG
(Representational System), setiap informasi
yang diterima manusia melalui kelima indera
visual,auditorial,kinestetik,olfactory dan gustatory,yang kemudian dilanjutkan
kedalam sebuah proses filterisasi,sehingga akan menjadi sebuah acuan,keyakinan
dan nilai bahkan identitas diri seseorang dalam mengambil sebuah tindakan atau
keputusan.
2.
Communication tools, bentuk komunikasi yang dilakukan setiap
harinya dilakukan dengan tiga cara yaitu
kata-kata,intonasi maupun bahasa tubuh.
3.
Pacing and
leading/match and mirroring, memahami apa yang
diinginkan pasar merupakan metode yang sangat baik dalam mengenal,menciptakan
produk yang akan dilepas ke pasar .
.
4.
Reframing, masukan dan kritik adalah sebuah peluang untuk
mengembangkan perusahaan sehingga kita harus mengelola kritik dan masukan dari
pasar dengan pengelolaan yang baik pula.
5.
Anchoring,sosialisasi suatu produk terhadap masyarakat akan teredukasi
untuk memakai produk tersebut .
7 langkah strategi pemasaran
Penulis membagi strategi pemasaran menjadi 7
bagian :
1.
Bagaimana melakukan
kampanye pemasaran yang tepat sasaran
2.
Mengetahui berapa
biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan hasil yang akan diperoleh
3.
Menyusun kekuatan
dan keunikan dari produk dan jasa yang akan dipasarkan.
4.
Cara menyusun
komunikasi yang tepat.
5.
Mencari pelanggan
baru.
6.
Mempertahankan dan
meningkatkan kesetiaan pelanggan
7.
Evaluasi.
Membangun kampanye pemasaran
Selain strategi
pemasaran tersebut di atas juga penerapan dari system 5W + 1 H,
1. who,yaitu siapa target yang ingin dituju misalnya,
a.
umur
b.
Gender
c.
Agama dan suku
d.
Profesi
e.
Penghasilan
f.
Status
g.
Hobi
h.
Pendidikan
2.where,bebrapa hal yang dapat digali
mengenai keberadaan konsumen :
i. Lokasi tempat tinggal
j. Lokasi tempat tinggal
k. Majalah atau Koran yang dibaca
l. Sekolah anak
m. Tempat menhabiskan waktu
n. Hotel yang disukai
o. Mall yang dikunjungi
p. Kemana liburan yang diinginkan
q. Tempat belanja sehari-hari
3.What,yaitu apa
yang dipikirkan oleh seseorang dengankriteria 2W sebelumnya.apabila
kita tahu apa yang dipikirkan oleh seseorang
maka kita sebagai penjual akan mengerti
apa yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga
produk dan jasa akan tepat sasaran.
4.Why,mengapa mereka
akan memilih kita sebagai produk dan
jasa yang akan
dipakai,sangat ditentukan oleh keberhasilan
kita menentukan segmen perusahaan.
5.How,yaitu
bagaimana menentukan strategi pemasaran yang unik akan memeposisikan.
perusahaan dalam
memasarkan produk dan jasanya
Biaya yang dibutuhkan dalam jangka panjang
Biaya yang di butuhkan dalam jangka
panjang adalah biaya yang digunakan untuk sosialisasi sebuah produk dan jasa
kepada masyarakat untuk menanamkan image positif terhadap batang dan jasa
tersebut.Langkah-langkah yang digunakan bisa berupa periklanan atau mebuat
outlet-outlet di tempat yang strategis.Dengan berkembangnya dunia ekonomi
global saat ini strategi tersebut sudah banyak berkembang dan lebih variatif
.
.
Unique selling proposition
1. Menentukan keunikan dalam penjualan
a. PRICE,strategi diterapkan untuk mengefisiensi semua biaya yang
muncul dari kegiatan operasional.Hai ini sangat bergantung pada seberapa
rampingnya kita menjalankan usaha tersebut
.
b. QUALITY,sebuah filosofi dari jepang bernama KAIZEN,akan
sangat memebantu dalam strategi pemasaran ini.Constant and never ending improvement”sebuah slogan akan perbaikan
secara konsisiten akan produk dan jasa yang dihasilkan dan dilempar ke pasar. Ada 3 langkah yang perlu diambil dalam
hal ini :
1.
Menentukan alur
kerja/flow chart
2.
Menentukan job
description/tugas dan tanggung jawab masing-masing orang dalam perusahaan.
3.
Mengatur struktur
organisasi yang sederhana yang akan memebuat langkah berjalannya perusahaan
menjadi cepat dan tangkas.
c. QUANTITY,produksi dalam jumlah massal akan mengurangi
banyak biaya.Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk dalam jumlah
banyak,sangat terkait pada penanganan kualitas,harga maupun arus kas yang
baik,sehingga produksi akan produk dan jasa yang dihasilkan tidak akan menjadi
boomerang bagi perusahaan itu sendiri
.
d. RANGE OF PRODUCK,yaitu keanekaragaman produk yang juga merupakan
srtategi pemasaran yang akan mendongkrak jumlah belanja pelanggan,selama
keanekaragaman tersebut sudah diperhitungkan dengan matang.
e. GUARANTEE,beberapa trik dalam menerapkan strategi ini akan
membuat strrategi pemasaran menjadi semakin menarik dalam memasarkan produk dan
jasa yang akan ditawarkan.Beberapa garansi yang dikemas misalnya,
1. Garansi halal untuk makanan yang dipasarkan
2. Garansi ketepatan waktu untuk pengantaran produk
dan jasa
3. Garansi harga termurah.
4. Garansi keaslian produk
5. Garansi daya tahan sebuah produk
6. Garansi kepuasan sebuah pelayanan.
f. IMAGE, penerapan strategi ini digunakan untuk pasar yang
mementingkan visual(sesuatyu yang
dapat dilihat).Beberapa perusahaan yang mementingkan hal itu antara lain
perusahaan fashion, handphone dll .
g. TRUST, untuk strategi pemasaran ini perlu waktu untuk
menerapkannya.Walau ada beberapa hal yang memperkuat strategi ini ,Integritas
salah satunya.Apa yang ditawarkan dengan yang sebenarnya,harus dipastikan 100%
dapat dipenuhi.Beberapa contoh langkah untuk menimbulkan kepercayaan konsumen
antara lain :
.
1.
Membangun hubungan
personal secara konsisiten
2.
Menawarkan apa
adanya produk dan jasa anda,dan melayani dengan sepenuh hati
3.
Membuat produk dan
jasa anda mudah didapatkan
4.
Menangani komplain
dengan cepat dan baik
5.
Terus menerus mengembangkan
kualitas dari produk maupun pelayanannya
6.
Membekali
pelatihan-pelatihan bagi staff yang melayani pelanggan,sehingga konsistensi dan
professional tetap terjaga
7.
Memberikan beberapa
kejutan-kejutan diluar pelayanan yang dijanjikan perusahaan/”going extra miles”.
h. CONFINIENCE, langkah- langkah yang diambil oleh sebuah
prusahaan juga harus berorientasi pada
kenyamanan pelangganengan menyesuaikan produk dan jasa yang akan dipasarkan
.
i. PLACE,mengedepankan penentuan lokasi dalam pemasaran
kadang dapat menjadi efektif,sekaligus tidak,karena biasanya lokasi yang
terbaik mamakan biaya yang sangat tinggi.Sehingga perusahaan kerap kali
berfikir untuk menekan biaya lainnya,terutama gaji karyawan.Lokasi sangat
tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi
yang benar.jadi penentuan lokasi tersebut efektif atau tidak tergantung
beberapa pertimbangan sebagai berikut,
1.
Segmen pasar yang
dituju
2.
Jenis perusahaan
3.
Apakah lokasinya
mudah terlihat secara umum
4.
Apakah tempat
parkirnya memadai dengan biaya yang masuk akal dengan biaya operasional
5.
Apakah lokasi
tersebut mengijinkan untuk usaha yang dijalankan
6.
Apakah lokasi
tersebut mudah diakses oleh kendaraan umum
j. GIMMIC,yaitu pemberian hadiah kepada pelanggan untuk
merangsang kenaikan penjualan.Untuk beberapa jenis usaha,hadiah tidak begitu
diinginkan oleh pasar,namun disisi lain ada juga yang sangat menginginkan
hadiah tersebut.
2.Mengetahui kompetitor sepadan
Setelah langkah
pertama dibangun dalam mengetahui strategi mana yang akan menjadi senjata ampuh
bagi perusahaan,langkah berikutnya anda mencari tahu data mengenai competitor
yang sepadan dengan usaha anda.perbandingan yang diambil adalah “apple to apple”yaitu perusahaan yang memiliki
kapasitas yang sama dengan perusahaan anda.
.
3.Cari tahu apakah mereka ada dalam strategi
yang sudah dirumuskan
Anda
harus melakukan bench marking antara perusahaan satu dengan perusahaan
lainnya.Ada beberapa cara yang dilakukannya yaitu ,
,
· Menjadi konsumen dari kompetitor anda
· Melakukan survey lapangan secara berkala
· Mengikuti strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor
anda di media above the line maupun below the line
· Mendengar keluhan konsumen anda
Apabila anda sudah mendata strategi pemasaran
mereka dari hal tersebut diatas ,maka tugas berikutnya adalah menandai strategi
mereka di masing-masing kolom USP yang
telah dibuat .
.
4.Rumuskan 5 strategi
di setiap kolom USP yang sudah anda buat
Perlu waktu,wawasan dan informasi yang konsisten
untuk terus berfikir secara kreatif untuk merumuskan sebanyak 5 hal di
masing-masing kolom.Komunikasikan kelebihan-kelebihan yang telah anda rumuskan
secara bertahap.
.
5.Komunikasikan kepada
pasar hanya pada kolom yang sudah dikuasai oleh
perusahaan
Buatlah komunikasi yang tepat pada dasar,akan
kelebihan dari perusahaan anda secara umumnya dan produk dan jasa secara
khusus.Setiap perusahaan pasti mempunyai kekurangan dan kita harus berhati-hati
dalam menyampaikan kekurangan tersebut.
MERUMUSKAN IKLAN YANG
JITU
Dalam menyusun iklan ini,tahapan-tahapan yang benar
akan menentukan kesuksesan iklan yang akan dirumuskan.Ada baiknya kita ulas
sedikit tahapan-tahapan sebelumnya ,dimulai dari langkah pertama dalam
membangun kampanye marketing,perlu diketahui sipa pasar kita,dimana konsentrasi
terbesar mereka berada,mengapa mereka memilih kita dan apa saja yang dipikirkan
oleh masing-masing mereka.Dengan pertimbangan tersebut iklan akan mudah
dikomunikasikan kepada mereka.
Dalam perumusan iklan juga dikenal konsep AIDA
yaitu :
1. Attention
Yaitu menarik perhatian dengan cara yang tepat dan
cepat.Beberapa cara yang dilakukan antara lain,
,
§ Menggunakan warna yang kontras
atau mencolok mata
§ Memilih gambar yang mengundang
komentar
§ Menyusun kata-kata /judul yang
dapat berkomunikasi dengan pasar
§ Memberikan tanda-tanda yang
tidak umum
§ Mengerti tempat-tempat yang
dapat dengan mudah dilihat atau didengar oleh pasar
2.
Interest
Yaitu apa saja yang memebuat ketertarikan pasar
untuk memperhatikan iklan anda lebih lanjut antara lain misalnya : ,
§ Gambar dan iklan menarik tidak
selalu menjual ,karena itu pemenang pembuat iklan belum tentu penjual terbanyak
§ Advertising yang bersifat
editorial dan mendidik mendapatkan hasil tertinggi dibandingkan iklan yang
sebenarnya
§ Huruf dalam penyusunan iklan
biasanya lebih disukai yang sederhana dan tidak terlalu kompleks
§ Gunakan foto Anda ,orang-orang
suka tertarik pada foto.
§ Jangan menggunakan huruf besar
semua karena pembaca biasanya suka membaca judul di atas dan di bawah
§ Lampirkan kupon
kembalian,terbukti dengan kupon anda akan mendapatkan respon yang tinggi karena
mereka akan mengguntingnya sehingga mereka akan mengingat untuk menghubungi
anda kembali
3.
Desire
Yaitu merumuskan kata-kata yang mengundang hasrat
agar mereka dapat memastikan dirinya untuk mencari tahu apa yang ingin
ditawarkan dengan :
§
Manfaat
§
Nomor
telepon
§
Tawaran
menggiurkan
§
Solusi
lebih baik dibandingkan pencegahan
§
Tulis
seperti yang anda katakan
§
Semakin
banyak yang dapat anda ceritakan,semakin banyak yang dapat anda jual
§
Garansi
§
Berikan
sesuatu secara cuma-cuma atau hadiah
§
Lakukan
tes secara berkala
4.
Action
Yaitu tindakan yang harus dilakukan saat mereka
terbawa atas perhatian ,ketertarikan dan penawaran dari iklan ,maka selanjutnya
adalah mencantumkan dimana produk atau jasa yang ditawarkan dapat dibeli.Hal
berikut ini merupakan panduan agar mereka dapat dengan segera mengambil
tindakan.
§
Nomor
telepon yang dapat dihubungi
§
Nomor
telepon yang mudah diingat
§
Alamat
tempat pembelian
§
Peta
petunjuk jalan menuju lokasi pembelian
Pertumbuhan pelanggan
baru
Berikutnya
adalah mengklasifikasikan bentuk komunikasi dan edukasi iklan anda yang tepat
sasaran ,apakah anda memutuskan memakai media above the line atau below the
line.Semua media yang akan dilakukan ditentukan dari langkah-langkah
sebelumnya.Baik media visual atau audio
visual yang akan dipakai harus dilakukan secara konsisten untuk menjangkar
pasar
.
Periklanan dibagi menjadi beberapa area :
1.
Menurut anggarannya
§ Iklan gratis,yaitu iklan yang
dalam pemasngannya tidak memerlukan biaya.Contoh : iklan baris yang ada di
internet
§ Iklan berbayar,yaitu iklan yang
memerlukan biaya dalm pemasangannya.Contoh : iklan TV,koran,radio dll
2.
Menurut sifatnya
§ Iklan komersial,yaitu iklan
yang menwarkan barang dan jasa
§ Iklan non komersial,biasa
disebut juga iklan sosial atau iklan layanan masyarakat
3.
Menurut medianya
§ Iklan cetak,yaitu iklan yang
penyebarannya melalui media cetak.Contoh poster,spanduk dll
§ Iklan electronic,yaitu iklan
yang penyebarannya melalui media elektronic.Contoh : TV,Radio dll
Ada
2 faktor yang memepengaruhi dan menentukan tercapainya informasi dalam iklan
yaitu :
1. Faktor
internal
Dalam faktor ini sangat ditentukan oleh kualitas
dari iklan tersebut,iklan yang berkualitas membuat informasi dalam sebuah iklan
diterima oleh target iklan diterima dengan baik dan begitu juga sebaliknya jiga
kualitas iklan jelek maka informasi yang disampaikan tidak bisa diterima dengan
baik.Faktor penentu iklan sendiri terdiri dari beberapa hal yaitu Judul
iklan,Visualisasi,Isi iklan dan Audio.Namun tidak semua iklan tersusun atas hal
tersbut tergantung dari jenis iklannya.
2. Faktor
eksternal
§ Waktu,yaitu penyampaian iklan
harus sesuai dengan waktu yang tepat sesuai dengan trend pasar dan momen yang tepat.
§ Tempat,yaitu penempaan iklan
pada tempat yang strategis sehingga akan memaksimalkan penyampaian informasi
dari iklan tersebut.
§ Tingkat persaingan,yaitu
bagaimana kita menyiasati agar kiat bisa memnangkan persaingan dalam segi
periklanan.
§ Tingkat kejenuhan pasar,untuk
mengatasi kejenuhan pasar terhadap iklan yang disampaikan maka dibutuhkan
kreatifitas yang tinggi dalam bentuk dan cara penyampaiannya.
Dalam buku ini penulis merangkum tips- tips
pemasaran yang disebut dengan business
booster dan sudah dijalankan oleh para pengusaha dari berbagai macam industri :
1. Referensi
Yaitu strategi pemasaran dari
mulut ke mulut.Biasanya strategi ini sangat efektif untuk menarik pelanggan
hingga mencapai 80%.
2. Radio
Media ini sangat potensial
bila diterapkan di daerah yang padat penduduk dan rawan terjadi kemacetan karena orang yang
mengalami kemacetan akan menghilangkan rasa penat dengan mendengarkan
radio.Tidak heran jika investasi pemasangan iklan termahal justru saat jam
berangkat dan pulang kerja .
3. Televisi
Investasi iklan di media ini
memerlukan biaya yang sangat mahal sehingga untuk perusahaan yang belum
mempunyai kapasitas yang besar disarankan untuk lebih cermat dalam memutuskan
pemasangan iklannya.Jika salah mengambil keputusan maka perusahaan justru akan
mengalami kerugian yang besar dan utnag yang menumpuk .
4. Yellow pages
Untuk bebrapa pelanggan yans
masih menggunakan cara-cara lama dan belum familiar dengan internet maka media
inisangat efektif dalam berkomunikasi dengan mereka.Dan pangsa pasar ini sangat
cocok untuk mereka yang punya keinginan kuat untuk bertransaksi .
5. Aliansi
Lakukan aliansi dengan
perusahaan lain yang saling berkaitan dengan usaha anda.Strategi ini memepunyai
keuntungan ganda jika sudah dirancang sejak awal .
6. Majalah
Majalah mempunyai kategori dan
segmentasi yang berbeda sehingga jika ingin memasang iklan harus terlebih
dahulu mencocokkan segementasi pasar dengan jenis majalahnya.Hal ini dilakukan
agar target pasar tepat sasaran dan lebih efektif.
7. Brosur
Strategi ini merupakan alat
pendukung strategi pemasaran lainnya.Biasanya
brosur berisi tentang informasi singkat mengenai apa yang ingi ditawarkan oleh
perusahaan kepada pasar yang dituju.
8. Tuan rumah dalam
penyelenggaraan acara
Yaitu
mengadakan acara dengan perusahaan pendukung
produk dan jasa atau bahkan bekerjasama dengan pemasok,pelanggan yang
bersama-sama memasarkan produk dan jasa .
9. Telemarketing
Strategi ini kurang diminati
pengusaha di negara maju namun sangat potensial bila di terapkan di negara
berkembang
.
10. Salesman
Metode pemasaran yang sudah
dikenal lama ini merupakan strategi pemasaran yang mendatangi pelanggan .
11. Kartu nama
Tujuan pembuatan kartu nama
adalah agar mereka mengenal kita dan mengetahui jenis usaha yang sedang kita
jalankan sehingga secara tidak langsung kita sudah mempromosikan barang dan
jasa yang ditawarkan.
12. Katalog belanja
Berbeda halnya dengan brosur
,katalog ini berisi tentang informasi produk yang jauh lebih lengkap.Katalog
ini ditujukan untuk prospek yang jauh lebih tertarik tentang apa yang
ditawarkan perusahaan kepada mereka .
13. Merchandise
Berfungsi sebagai pendukung
dari pemasaran,strategi ini juga merlu pertimbangan tertentu karena bila salah
pemberian merchandise justru akan mengurangi nilai yang diharapkan sebagai alat
komunikasi dan edukasi perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya.
14. Sponsorship
Sponsor ini dilakukan pada
event event yang potensial dan juga berhubungan dengan produk dan jasa yang
kita jual.
15. Public relation
Tujuan utama dari public
relation ini adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok
saat saling berhubungan,melalui dialog dengan semua golongan,dimana
persepsi,sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan
(Davis,2003)
16. Barter
Yaitu melakukan penukaran
sebuah produk antar dua pihak yang
saling membutuhkan .
17. Koran
Menurut The nelson company nilai
belanja koran mencatatkan pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan media
televisi,majalah dan tabloid.Hal ini dikarenakan para produsen beranggapan
bahwa koran merupakan media yang lebih unggul yang mampu memaparkan detail
mengenai kejelasan manfaat produk mereka .
18. Membuka teritori baru
Tujuan dari strategi ini
adalah melakukan ekspansi bisnis untuk memperluas daerah pemasarannya .
19. Merumuskan keunikan bisnis
Dengan menonjolkan produk dan
jasa yang ditawarkan maka akan membuat tertarik pasar untuk mengetahui lebih
detail produk tersebut.
20. Before dan after
Yaitu dengan menunjukkan
perbedaan sebelum dan sesudah konsumen memakai produk anda.
21. Menginformasikan manfaat
produk dan jasa yang ditawarkan
Banyak perusahaan yang
menurunkan harga mereka dengan kualitas barang yang sama atau bahkan yang
sedikit diturunkan.Namun strategi ini dinilai kurang bijak dan justru akan
menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri .Dengan cara memeberikan manfaat
lebih dari produk tersebut justru akan lebih dihargai pasar .
22. News letter
Digunakan oleh para salesman
sebagai media pendukung saat berinteraksi dengan pasar secara langsung.
23. Packaging
Kemasan
dalam pemasaran juga akan menjadi faktor penentu dalam mendorong produk dan
jasa anda dapat diterima oleh pasar.Sesuaikan kemasan anda dengan pasar yang
dituju
.
24. Menerima pembayaran dengan
kartu kredit
Untuk jenis usaha retail
strategi ini sangat brpengaruh terhadap pemasaran karena orang biasanya membeli
berdasarkan emosi bukan karena niat ingin membeli sehingga banyak orang yang
sering kali tidak membawa uang cash .
25. Lokasi
Pemilihan lokasi harus mempertimbangkan
keefektifan dalam memasarkan produk dan jasa kita.Kesalahan pemilihan lokasi
akan menjadi fatal dan menelan kerugian yang tidak sedikit.
26. Menyusun naskah penjualan
Sebelum perusahaan
mempekerjakan tenaga penjual,buatlah naskah penjualan yang sesuai dengan konsep
perusahaan yang kemudian lakukan pelatihan kepada tenaga penjual .
27. Melakukan survei kepuasan
pelanggan
Survei ini dilakukan secara
berkala yang kemudian hsilnya akan dianalisa dan menjadi bahan masukan bagi
perushaan untuk mengembangkan produk dan jasa yang dijual .
28. Mnerima tukar tambah
Lakukan tukar tambah dengan
konsumen yang ingin mengganti barang lamanya dengan barang baru sehingga kita
dapat membantu konsumen yang akhirnya akan menjadikan konsumen tersebut loyal
kepada kita.Strategi ini biasanya diterapkan perusahaan elektronik dan tidak
berlaku unutk makanan,pakaian dan jasa .
29. Merekrut lebih banyak tenaga penjual
Dengan lokasi yang tepat dalam
menjaring pasar untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan,penambahan tenaga
penjual akan menajdi sangat efektif dalam meningkatkan kecepatan pelayanan dalam pelanggan .
30. Mencoba sebelum membeli
Untuk produk dan jasa yang
baru di tawarkan kepada pasar, strategi ini akan sangat bermanfaat karena
secara tidak langsung akan memperkenalkan tentang nili yang ada dalam produk
dan jasa tersebut.Jika pada saat awal mencoba pelanggan merasa puas maka akan
menumbulkan efek kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa tersebut
.
31. Membuat website khusus
pemasaran
Pisahkan website operasional
dengan website pemasaran.Hal ini dibuat untuk menghindari lamanya pengunduhan.
32. Merekrut agen atau distributor
Strategi ini dilakukan dalam
rangka menyalurkan barang dan jasa dengan kompensasi yang sesuai dengan
anggaran pemasaran dari perusahaan.Dalam hal ini di perlukan pertimbangan-pertimbangan
seperti kepercayaan,kesamaan visi,negosiasi, pembagian wilayah dan pertimbangan
lainnya.
.
33. Selalu memberi lebih dari pada
yang sudah dijanjikan
Hindari menjanjikan penawaran
yang tidak mengkin dipenuhi oleh perusahaan karena pada akhirnya akan
mengecewakan pelanggan.Lebih baik kita menawarkan yang sesuai dengan kemampuan
perusahaan namun berusaha untuk memberi lebih kepada konsumen. .
34. Menyusun jadwal dalam menghubungi
pelanggan
Bagi perusahaan kecil mungkin
bisa dilakukan dengan mengunjungi para pelanggan secara berkala atau bagi
perusahaan besar bisa mengadakan even yang mengumpulkan pelanggan dengan hadiah
yang menarik.
35. Kualitas terbaik adalah
pemasaran terbaik bagi pelanggan setia
Berdasarkan survei apabila
pelanggan merasa puas dengan produk tersebut maka akan menceritakan kepada 7
orang tapi bila merasa tidak puas justru
akan menceritakan kepada 20 orang .Dari hal tersebut dapat kita lihat betapa
pentingnya kualitas yang dapat memuaskan pelanggan dan betapa besar resikonya
jika kualitas produk tidak memuaskan pelanggan.
.
36. Memberikan informasi terbaru
mengenai produk dan jasa
Strategi ini dapat dibantu
dengan SMS blast,E-mail,Newsletter,maupun
tindak lanjut dari tenaga penjualmelaui telesales.Buatlah
kalender kerja untuk dapat memeberikan informasi mengenai produk dan jasa
terbaru.
37. Tawarkan kontrak kerjasama
untuk jangka waktu tertentu untuk manfaat yang lebih banyak
38. Buat kartu VIP atau member
Pembuatan kartu ini akan
membantu konsumen untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan dan juga kelebihan
untuk memakai produk dan jasa yang ditawarkan. .
39.
Memberikan katalog belanja
kepada karyawan
Buatlah katalog belanja tahunan ,bulanan atau bahkan
mungguan sehingga pelanggan akan menyisihkan dananya untuk membeli produk
kita.Tampilkan produk atau jasa unggulan pada halaman pertama untuk
menarik
pelanggan.
40.
Menaikkan tingkat kredit
kepada pelanggan setia
Strategi ini ditujukan untuk pelanggan setia yang sudah
lama menggunakan produk dan jasa kita dan jarang sekali terlambat dalam
membayar kewajibannya.
.
41.
Mengirimkan kartu
ucapan,karangan bunga peresmian atau turut berduka cita
Hal ini akan membuat pelanggan akan terkesan kepada anda
dan akan menimbulkan kesan baik bagi perusahaan.
42.
Makan malam dengan keluaraga
pelanggan
Bagi orang yang menyukai wisata kuliner hal ini akan
menjadi hobi baru dan anda akan menyukainya.
43.
Mengadakan makan bersama
Ini akan menjadi sinergi yang tinggi bilamana pertemuan
makan tersebut menjadi kerjasama di berbagai bidang.Tukar menukar informasi
mengenai pelanggan yang buruk sehingga antar pelanggan yang satu dengan yang
lain tidak akan pengalaman yang sama terulang.
44.
Buat daftar yang ingin
ditawarkan pada naskah penjualan
Dengan membuat daftar ini maka tenaga penjual akan
melakukan penawaran yang lebih menarik sehingga pelanggan bisa membeli lebih
banyak dari yang dia inginkan .
45.
Merubah lay out toko anda
menjadi lebih baik lagi
Penataan yang lebih baik akan membuat usaha anda lebih
efektif dan tidak sulit untuk mencari barang saat pelanggan menginginkan suatu
barang.
.
46.
Mengurangi pelanggan yang
kurang kooperatif dan cenderung merugikan
Berdasarkan survei terhadap para pengusaha ternyata lebih
banyak pelanggan yang sedang-sedang saja dibandingkan dengan pelanggan yang
menguntungkan.Oleh karena itulah perlu dipetakan kembali pelanggan kita
sehingga pelayanan yang diberikan untuk masing-masing kategori dapat menjdi
optimal dan menguntungkan kedua belah pihak.
47.
Tawaran beli 2 dapat 3
Dengan mengorbankan sebagian keuntungan untuk penjualan
yang lebuh banyak tentu hal ini akan menjadi lebih efektif .
48.
Jadilah teman dari
pelanggan anda
Posisikan diri anda sejelas-jelasnya kapan berteman kapan
berdagang.Bila hal ini dapat dijalankan maka akan menguntungkan kedua belah
pihak.
49.
Penjualan tertutup bagi
pelanggan setia
Bila ada stock barang yang sudah lama, tawarkan kepada
pelanggan yang setia dengan tertutup dan diskon yang besar-besaran.Hal ini
dimaksudkan sebagai penghargaan kepada mereka yang sudah setia manjadi
pelanggan di perusahaan anda.
50.
Bayar orang-orang untuk
mencoba barang anda
Emosional pasar tertuju pada keramaian.Buatlah keramaian
pada hari-hari yang ramai.Anda dapat mengundang orang-orang dari referensi anda
untuk mencoba barang dan jasa yang anda tawarkan pada hari yang
bersangkutan. .
Setiap tips tersebut dapat saja berdiri sendiri atau
berhubungan satu dengan lainnya tergantung dari kondisi dan jenis usaha anda
.
.
EVALUASI
Dengan
andanya evaluasi ,strategi mana yang menghasilkan dan yang tidak
menghasilkan.Ada pelajaran dari masing-masing strategi yang sudah
diapilkasikan.Lakukan evaluasi secara konsisten dan berkala sehingga hasil yang
baik .
akan
terus dicapai.
MEMBUAT PELANGGAN MENJADI FANATIK AKAN PRODUK/JASA ANDA
Membangkitkan kesadaran pasar
Syarat
untuk hal ini adalah anda sudah menentukan segmentasi pasar secara jelas
sehingga kita bisa lebih fokus terhadap apa tang sedang berlaku dipasaran
dengan mengaplikasikan strategi pemasaran kita.Untuk membangkitkan rasa
penasaran pelanggan perlu menerapkan beberapa stretegi yang dikombinasikan
untuk mendapatkan hasil maksimal.Cara yang dilakukan antara lain dengan
beriklan di berbagai media dan juga untuk di perusahaan itu sendiri bisa
dikakukan inovasi-inovasi pemasaran.
Membuat pasar tertarik untuk mengetahui
produk/jasa anda
Setelah
membuat penasaran maka selanjutnya adalah menjadikannya lebih tertarik dengan
produk dan jasa anda .Seseorang dikatakan memiliki ketertarikan apabila anda
mendapatkan informasi mengenai prospek yana berkunjung keoada toko anda .
Ada
bebrapa masukan untuk membuat pasar lebih tertarik untuk bertransaksi dengan
anda :
1.
Menyusun naskah untuk
tenaga penjual
2.
Memberikan training secar
berkala kepada tenaga penjual
3.
Garansi tertulis terhadap
produk dan jasa yang ditawarkan
4.
Menyapa nam oelanggan
secara konsisten
5.
Menyempurnakan tenaga
pejual langsung
6.
Selalu tersenyum
7.
Tulis testimoni yang anda
dapatkan dari pelanggan setia kita pada halaman pertama setiap iklan kita
8.
Menyiapkan nomor telepon
yang cukup untuk dapat menampung semua telepon yang masuk.
9.
Memudahkan mereka untuk
mencari barang dan jasa yang dipasarkan
10.
Menindak lanjuti penjualan
Mempermudah mereka mencoba produk/jasa anda
Mencoba
merupakan tangga krusial dimana perpindahan dari seseorang yang baru menjadi
prospek menjadi pelanggan.Salah satu contoh cara yang efektif adalah memberikan
produk secara cuma-Cuma atau hanya memeberikan senyum kepada pasar anda,sewakru
berinteraksi dengan mereka menyapanya dengan ramah,berpenamoilan menarik dan
rapih akan memperbesar kemungkinan perpindahan tangga ini.
Menciptakan
sebuah kebutuhan
Keberhasilan
seseorang bukan hanya dinilai sebatas dari hanya menjual produk dan jasa yang
dia tawarkan .Keberhasilan kita adalah memebuat produk dan jasa yang dipasarkan
,menjadi kebutuhan dasar sehingga mereka akan menganggarkan sebagian pendapatan
mereka untuk membeli apa yang anda tawarkan.Sehingga menjadi sebuah hal dasar
dalam mengembangkan kualitas produk dan jasa kita berikutnya.
Membangun kepercayaan
Sebuah
kepercayaan pelanggan memerlukan proses yang tidak sebentar karena pelanggan
membutuhkan kepuasan secara konstan terhadap apa yang kita jual.Seorang
pelanggan bisa dikatakan percaya kepada kita apabila mereka sudah tidak perlu
berfikir ulang untuk membeli apapun yang anda tawarkan.
Untuk
mencapai tingkat kepercayaan kita harus lebih fokus terhadap pelanggan yang
potensial daripada berfokus untuk mencari pelanggan baru.
Meningkatkan kesetiaan pelanggan
Investasikan
uang anda untuk membuat program pelayanan pelanggan(customer loyality program).Teknologi ini akan memantau data secara
periodik sehingga pengambilan keputusan anda untuk menjaga pelanggan setia ini
dapat menjaga,membawa mereka menjadi bagian pemasaran perusahaan.Konsisten dan
membuat berbagai kemudahan menjadi sebuah kunci dalam melayani pelanggan pada
yahapan ini.Jalankan secara konsisten apa yang sudah berlaku pada tangga-tangga
sebelumnya sehingga pelanggan setia tidak akan berpindah perusahaan lain.
Pelanggan fanatik yang menjual produk/jasa anda
Fanatik
adalah sebuah keadaan ideal tertinggi yang dapat diraih oleh perusahaan bila
konsistensi perjalanan sebuah program pelanggan berjalan dengan baik.Walau
terlihat agak kurang baik ,terkadang kita membutuhkan dan tanpa kita ketahui
,pelanggan fanatik tersebut ada di perusahaan kita.
Kesimpulan
Dalam
sebuah perusahaan,pemasaran merupakan parameter keberhasilan sebuah perusahaan
terbut.Untuk mencapai hal tersebut maka banyak aspek yang menjadi faktor
penentu untuk mencapai kesuksesan dalam mamasarkan barang dan jasa yang di
tawarkan.Ada banyak strategi dari pemasaran yang bisa dilakukan namun harus
memperhatikan kondisi dan segmentasi pasar yang dituju.
Keberhasilan
pemasaran bukan hanya sekedar menjual produk atau jasa yang ditawarkan
melainkan kita juga harus menjdikan produk dan jasa tersebut menjadi sebuah
kebutuhan dasar para pelanggan.Untuk mencapai tingkatan tertinggi dalam
pemasaran yaitu kesetiaan yang fanatik
pelanggan maka perusahaan harus selalu menjaga dan meningkatkan tingkat
kepuasaan dari pelanggan itu secara konsisten.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar